Doa Agar Lulus SBMPTN, Baca Tiap Hari dan Ikuti Tips Mengerjakannya!

Your Story | Rabu, 22 Juni 2022 20:01

Reporter : Arini Saadah

Selain berusaha dengan belajar dan bekerja keras, kaum Muslim juga dianjurkan untuk ikhtiar batin yaitu cara berdoa.

Dream – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi salah satu cara agar bisa kuliah di universitas impian. Banyak siswa lulusan SMA sederajat yang mengikuti seleksi tersebut.

Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan mulai berkas administrasi hingga kesiapan mengerjakan soal-soal tes. Selain berusaha dengan belajar dan bekerja keras, kaum Muslim juga dianjurkan untuk ikhtiar batin dengan cara berdoa. Doa memohon kepada Allah Swt agar bisa lulus SBMPTN perlu dipanjatkan setiap hari dengan kesungguhan.

Doa agar lulus SBMPTN ini bisa dibaca setiap selesai sholat fardhu. Sebab salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah sesudah sholat wajib.

Lantas bagaimana bacaan doa agar lulus SBMPTN? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini agar kamu bisa mengamalkannya.

Doa Agar Lulus SBMPTN, Baca Tiap Hari dan Ikuti Tips Mengerjakannya!
Ilustrasi Belajar Untuk SBMPTN. (Foto: Pexels.com)
2 dari 5 halaman

Doa Agar Lulus SBMPTN

Doa agar lulus SBMPTN di antaranya dibaca ketika mengerjakan soal-soal tes supaya diberi kemudahan dan kelancaran. Menurut Imam Nawawi dalam Kitab Raudhatut Thalibin, berikut bacaan doa agar lulus SBMPTN:

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya: “ Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit."

Selain itu, menurut hadis yang diriwayatkan Ibnu Hibban dari Anas bin Malik, Rasulullah Saw bersabda tentang doa agar lulus ujian:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: " Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

3 dari 5 halaman

Doa Agar Lulus SBMPTN dari Alquran

Doa agar lulus SBMPTN juga bisa dikutip dari Alquran, di antaranya dalam Surat Thaha ayat 25-28:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy-rohlii shodrii, wayassirlii amrii, wahlul 'uqdatam millisaanii, yafqohuu qoulii

Artinya: " Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Selain itu, dalam Surat Al-Kahfi ayat 10 juga bisa dijadikan sebagai doa agar lulus SBMPTN. Berikut bunyi lafadz ayat tersebut:

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini."

4 dari 5 halaman

Masih ada satu lagi doa agar lulus SBMPTN yang bisa Sahabat Dream panjatkan. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allāhummarzuqniyal fahma, wal ‘ilma, walhikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

Artinya: “ Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih."

Itulah kumpulan doa agar lulus SBMPTN yang dapat kamu panjatkan setiap hari. Selain membaca doa, pemahaman akan ilmu dan pengetahuan juga bisa dipengaruhi dari banyak faktor, seperti kondisi lingkungan belajar, asupan gizi yang dikonsumsi, kemampuan menangkap materi, ketersediaan bacaan yang memadai, pendamping belajar yang mumpuni, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Tips Agar Lulus SBMPTN

Nah, telah disinggung sebelumnya, doa agar lulus SBMPTN memang penting untuk dipanjatkansetiap hari. Namun selain itu Sahabat Dream juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang lain, salah satunya mengikuti tips jitu agar lulus ujian SBMPTN. agar dapat menyelesaikan soal SBMPTN dengan tepat waktu dan tidak terburu-buru, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Skimming Soal

Skimming soal adalah memilih soal-soal ujian yang mudah terlebih dahulu. Baca keseluruhan soal yang diberikan, dan kerjakan yang mudah dahulu baru kemudian yang sulit.

2. Sediakan Batas Waktu Mengerjakan

Waktu mengerjakan soal SBMPTN memang singkat. Maka dari itu Sahabat Dream perlu memberikan batas waktu untuk mengerjakannya.

Kerjakan setiap soal sekitar 1 menit. Jika menemukan soal yang tidak kamu kuasai, maka tinggalkan saja dan carilah yang lebih mudah. Sebab mengerjakan soal yang tidak dikuasai hanya akan membuang-buang waktu.

3. Jangan Terkecoh

Banyak soal yang mengecoh dan kelihatan mudah. Maka dari itu perhatikan pola soal yang hendak kamu kerjakan. Jangan sampai terkecoh, karena bisa merugikan diri sendiri.

4. Beri Jeda Waktu Pengerjaan

Merasa stres dan tertekan karena dikejar waktu adalah hal yang wajar saat mengerjakan tes SBMPTN. Berilah jeda waktu pengerjaan, kemudian kembalilah menyelesaikan soalnya.

5. Gunakan Intuisi yang Telah Kamu Latih

Menemukan jawaban juga bisa menggunakan intuisi. Namun intuisi juga perlu dilatih selama bertahun-tahun.

Maka dari itu kamu juga perlu memaksa intuisi untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Sebab mengambil keputusan berdasarkan intuisi bukanlah ngawur atau menerima fakta bahwa kamu menyerah.

Join Dream.co.id