Di Pasar Unik Berusia 700 Tahun Ini Wanita Bisa Belanja Suami Sesuai Spek dan Kemampuan

Stories | Sabtu, 13 Agustus 2022 14:01

Reporter : Sugiono

Dilaporkan pengantin pria berusia muda dan berprofesi sebagai insinyur, dokter, atau pegawai negeri yang paling dicari.

Dream - Selama ini kita mengenal banyak jenis pasar, mulai dari pasar buah, pasar sapi hingga pasar ikan. Namun pernahkah kalian mendengar pasar pengantin pria?

Pasar tidak lazim yang menjual pengantin pria itu memang ada di dunia nyata. Pasar di India tersebut bahkan sudah ada sejak lebih dari 700 tahun yang lalu.

Negara bagian Bihar telah menjadi tuan rumah pasar pengantin pria yang unik, di mana wanita dan keluarga mereka datang untuk 'berbelanja' suami.

Di Pasar Unik Berusia 700 Tahun Ini Wanita Bisa Belanja Suami Sesuai Spek dan Kemampuan
Pasar Unik Berusia 700 Tahun Ini Wanita Bisa Belanja Suami
2 dari 5 halaman

Setiap tahun, ribuan pria berkumpul di bawah pohon Pipal di area pasar lokal distrik Madhubani, negara bagian Bihar. Tujuan mereka hanya satu yaitu menunggu untuk dipilih oleh calon pengantin wanita.

Disebut Saurath Mela atau Sabhagachhi, pasar pengantin pria yang berlangsung selama 9 hari ini diprakarsai oleh Raja Hari Singh dari dinasti Karnat lebih dari tujuh abad yang lalu.

Seperti yang terjadi saat ini, tujuannya adalah untuk memudahkan kaum wanita di zaman itu dalam menemukan suami yang tepat.

3 dari 5 halaman

Setiap pengantin pria diberi harga berdasarkan kemampuan mereka, termasuk kualifikasi pendidikan dan latar belakang keluarga mereka.

 Ritual persiapan pembukaan pasar pengantin pria di Bihar, India.© Facebook Business Universe

Bayangkan pergi ke pasar untuk belanja pasangan hidup Anda. Kedengarannya gila, terutama di zaman sekarang ini. Tapi begitulah cara beberapa wanita Maithili di Bihar memilih suami mereka.

Ditemani oleh keluarga mereka, para wanita ini menelusuri tiap pria yang dijual di pasar tersebut. Mereka akan meminta bukti seperti akta kelahiran dan ijazah sekolah.

Jika menemukan seseorang yang cocok atau disukai, dan mereka mampu membelinya, maka terjadilah pembicaraan mengenai harganya.

4 dari 5 halaman

Al Jazeera baru-baru ini mendokumentasikan pasar pengantin pria tradisional di Bihar itu. Dilaporkan pengantin pria berusia muda dan berprofesi sebagai insinyur, dokter, atau pegawai negeri yang paling dicari.

Meminta mahar kepada penganti wanita dianggap ilegal di India, dan salah satu tujuan utama pasar pengantin pria adalah untuk menghilangkan mahar.

Namun ternyata praktik ini masih banyak dijalankan para pengantin pria yang memenuhi syarat untuk menuntut mahar yang cukup besar dari keluarga pengantin wanita.

5 dari 5 halaman

Sebenarnya, pengantin wanita sendiri hampir tidak memiliki kuasa dalam memilih pengantin pria. Keluarga mereka yang memiliki keputusan terakhir.

Meskipun pasar pengantin pria di Bihar tidak sepopuler beberapa dekade yang lalu – terutama akibat aplikasi kencan online – ternyata masih menarik ribuan jomblowan.

Sebagian jomblowan ini rela melakukan perjalanan ratusan kilometer jauhnya dengan harapan bisa dipilih jadi suami dan mendapatkan uang dari mahar.

Menariknya, India juga memiliki pasar pengantin wanita. Di Haudati, pengantin wanita tersedia dengan berbagai harga, tergantung pada kualifikasi dan keterampilan mereka dalam mengurus rumah.

Sumber: OddityCentral

Join Dream.co.id