Bacaan Niat Puasa Rabiul Awal, Amalan Sunah yang Datangkan Pahala

Stories | Kamis, 29 September 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Puasa sunah yang bisa dilakukan pada bulan Rabiul Awal adalah puasa ayyamul bidh dan puasa Senin Kamis.

Dream – Bulan Rabiul Awal menjadi salah satu bulan istimewa dalam Islam. Ada beberapa peristiwa penting di bulan ini, seperti lahirnya Nabi Muhammad saw, wafatnya Nabi Muhammad saw, hijrahnya Nabi Muhammad saw, dan masih banyak lagi.

Mengingat bahwa bulan Rabiul Awal adalah bulan yang istimewa, maka umat Islam pun selalu mengisinya dengan berbagai amalan yang dianjurkan. Sahabat Dream bisa melaksanakan sholat, banyak membaca zikir, bersedekah, dan bisa juga melaksanakan puasa Rabiul Awal.

Beberapa puasa Rabiul Awal yang bisa kamu kerjakan adalah puasa ayyamul bidh Rabiul Awal dan puasa Senin Kamis Rabiul Awal. Meskipun tidak diwajibkan, namun ibadah ini mampu mendatangkan pahala bagi mereka yang menjalankannya. Oleh karena itu, penting sekali bagi sahabat Dream untuk mengetahui bacaan niat puasa Rabiul Awal agar puasa yang dijalankan menjadi sah di mata Allah SWT.

Nah, berikut adalah beberapa puasa yang bisa dijalankan umat Islam pada bulan Rabiul Awal disertai dengan niat puasa Rabiul Awal sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Bacaan Niat Puasa Rabiul Awal, Amalan Sunah yang Datangkan Pahala
Niat Puasa Rabiul Awal (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Keistimewaan Bulan Rabiul Awal

 Keistimewaan Bulan Rabiul Awal© Shutterstock.com

Sebelum membahas tentang puasa apa saja yang bisa dilaksanakan pada bulan Rabiul Awal, sahabat Dream perlu mengetahui terlebih dahulu keistimewaan pada bulan mulia ini. Dengan mengetahuinya, maka sahabat Dream bisa lebih termotivasi untuk melakukan berbagai amalan. Berikut adalah beberapa keistimewaan bulan Rabiul Awal seperti dikutip dari umma.id:

Bulan Lahirnya Pemimpin Rahmatan lil Alamin

Bulan Rabiul Awal adalah bulan di mana lahirnya pemimpin seluruh umat Muslim yang menjadi rahmatan lil ‘alamin. Pemimpin yang dimaksud tersebut adalah Nabi Muhammad saw. Sebagaimana firman Allah SWT melalui surat Al-Anbiya ayat 107 berikut:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiya: 107).

Memiliki Banyak Berkah

Bulan Rabiul Awal adalah bulan yang banyak dengan keberkahan. Oleh karena itu, di bulan ini banyak dari umat Islam yang berkumpul dengan umat Islam lainnya di masjid atau tempat lainnya yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad saw.

Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Allah SWT berjanji kepada umat Islam untuk memberikan rahmat kepada umat-Nya. Terutama pada mereka yang memeringati Maulid Nabi dan berbuat kebaikan. Bahkan ada jaminan surga juga yang diberikan Allah SWT. Seperti yang dijelaskan oleh Imam Syafi’i berikut ini:

Barangsiapa yang mengumpulkan saudara-suadara untuk memeringati Maulid Nabi, kemudian menyediakan makanan, tempat dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang yang sholeh. Dan dia juga akan dimasukkan ke dalam surga na’im.”

3 dari 3 halaman

Puasa Sunah di Bulan Rabiul Awal

 Puasa Sunah di Bulan Rabiul Awal© Shutterstock.com

Salah satu amalan yang bisa sahabat Dream jalankan saat bulan Rabiul Awal adalah ibadah puasa sunah. Ada beberapa puasa yang bisa kamu lakukan, yakni puasa ayyamul bidh Rabiul Awal dan puasa Senin Kamis. Tentunya sahabat Dream juga perlu mengetahui bacaan niat puasa bulan Rabiul Awal tersebut agar bisa menjalankannya dengan sempurna. Berikut adalah penjelesannya untuk kamu:

Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal

Puasa ayyamul bidh sendiri dilakukan selama tiga hari setiap bulan, tak terkecuali pada bulan Rabiul Awal. Untuk tahun 2022, puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9, 10 dan 11 Oktober 2022. Puasa ayyamul bidh pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah).” (HR. Tirmidzi).

Nah, bagi sahabat Dream yang hendak melaksanakan puasa ayyamul bidh ini, maka berikut adalah bacaan niat puasa yang bisa kamu hafalkan dengan mudah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: “ Saya niat berpuasa besok pada Ayyamul Bidh sunnah karena Allah Ta'ala."

Puasa Senin Kamis Rabiul Awal

Sahabat Dream tentu sudah familiar dengan puasa Senin Kamis bukan? Ya, puasa ini menjadi salah satu puasa sunah yang kerap dilaksanakan oleh umat Islam. Puasa ini bisa kamu lakukan kapan saja selama tidak di waktu yang diharamkan untuk berpuasa. Di bulan Rabiul Awal sendiri, puasa Senin Kamis turut dianjurkan agar dilaksanakan oleh umat Islam.

Sahabat Dream bisa memulainya pada tanggal 29 September 2022. Kemudian bisa dilanjutkan lagi pada tanggal 3, 6, 10, 13, 17, 20, dan 24 Oktober 2022. Berikut adalah bacaan niat puasa Senin Kamis di bulan Rabiul Awal yang bisa kamu hafalkan:

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: “ Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: “ Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Join Dream.co.id