Bacaan Dzikir Penghapus Dosa Zina dan Cara Bertaubat dengan Taubatan Nasuha

Stories | Senin, 15 Agustus 2022 19:01

Reporter : Arini Saadah

Meskipun telah melakukan perbuatan zina, selalu ada cara dalam Islam untuk diampuni oleh Allah SWT.

Dream - Dzikir penghapus dosa zina penting diamalkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Zina merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Bahkan termasuk salah satu dosa besar dengan ancaman hukuman yang berat di akhirat.

Sejatinya manusia hidup adalah untuk menghamba kepada Sang Pencipta. Manusia diciptakan untuk beribadah, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Pada kenyataannya, manusia merupakan tempat salah dan dosa. Manusia tidak bisa bersih dari kesalahan di dunia. Setinggi apapun derajat manusia, tidak akan pernah lepas dari yang namanya dosa.

Meskipun telah melakukan perbuatan zina, selalu ada cara dalam Islam untuk kembali ke jalan yang benar. Di antaranya adalah dengan melaksanakan sholat taubat dan memperbanyak dzikir mohon ampun. Bacaan dzikir penghapus dosa zina penting diamalkan sebagai wujud permohonan ampun kepada-Nya.

Mengingat hukum zina adalah terlarang, maka sebaiknya Muslim yang melakukannya untuk segera bertaubat. Berikut kumpulan dzikir penghapus dosa zina yang perlu diamalkan.

Bacaan Dzikir Penghapus Dosa Zina dan Cara Bertaubat dengan Taubatan Nasuha
Ilustrasi Membaca Dzikir Penghapus Dosa Zina. (Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan)
2 dari 7 halaman

Cara Bertaubat dengan Taubatan Nasuha

Sebelum membahas dzikir penghapus dosa zina, terdapat beberapa cara bertaubat yang dapat dilakukan.

1. Evaluasi Diri

Umat muslim perlu melakukan penghayatan dan merenungkan dosa-dosa yang dilakukannya selama ini di hadapan Allah. Evaluasi diri dilakukan secara mendalam, sehingga bisa menyadari kebenaran dan kesalahan diri, dan hidayah Allah kepada manusia akan mulai turun dan terungkap karena manusia dalam kondisi yang insyaf.

2. Mengakui Kesalahan

Cara bertaubat dari dosa zina adalah dengan mengakui kesalahan itu. Kemudian ia meminta ampun kepada Allah. Mengakui kesalahan berarti mengakui atas hasil dari evaluasi diri atau apa yang disampaikan oleh orang lain kepada kita atas perbuatan buruk.

3. Memperbaiki Kesalahan

Setelah mengaku kesalahan yang telah dilakukan, cara bertaubat selanjutnya adalah dengan memperbaiki kesalahan atau kekeliruan dalam dirinya. Inilah yang membuktikan apakah ia bertaubat dengan sungguh-sungguh ataukah tidak.

Jika niat bertaubat secara taubatan nasuha, maka dengan upaya yang penuh ia tidak akan melakukan perbuatan zina lagi.

3 dari 7 halaman

4. Mohon Ampun Kepada Allah

Cara memohon ampunan kepada Allah bisa dilakukan dengan sholat taubat dan memperbanyak istighfar. Allah Maha Pengampun dan Penyayang, maka memohon ampunlah kamu semua kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

5. Bertaubat dengan Kondisi Beriman

Orang yang benar-benar beriman akan senantiasa menjaga dirinya dengan bertaubat dan tidak akan mengulang dosa yang telah dilakukannya.

6. Bertaubat atas Zina yang Dilakukan

Bertaubat untuk tidak mengulangi lagi kesalahan dosa yang dilakukan. Taubatan nasuha adalah taubat yang bersungguh-sungguh dan melakukan kesalahan bukan karena disengaja melainkan karena khilaf atau ketidaktahuan.

4 dari 7 halaman

7. Meninggalkan Zina dan Pemicunya

Dzikir penghapus dosa zina didukung dengan meninggalkan dosa zina dan semua pemicunya. Seperti menghindar jauh dari pasangan zinanya, kecuali setelah menikah.

8. Bertekad Tidak Mengulangi Zina

Bertaubat dari zina dilakukan dengan tekad kuat untuk tidak mengulanginya lagi. Menanamkan kepercayaan kepada diri sendiri bahwa dosa ini berbahaya, karena bisa menghalangimu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, cepat atau lambat.

9. Memperbanyak Ibadah kepada Allah

Cara bertaubat selanjutnya adalah dengan memperbanyak ibadah dan terus mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan begitu, semoga bisa membantumuuntuk menggugurkan dosa-dosa zina, karena ketaatan bisa menghapus dosa maksiat.

5 dari 7 halaman

Dzikir Penghapus Dosa Zina

Apabila ingin bersungguh-sungguh dalam bertaubat dari dosa zina, maka sebaiknya Sahabat Dream mengamalkan kumpulan dzikir penghapus dosa zina berikut ini:

Dzikir Penghapus Dosa Zina 1

Dzikir penghapus doza zina yang pertama dikutip dari Surat Al-A'raf ayat 23. Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan Nabi Adam dan Siti Hawa.

Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa. Wa illam taghfir lanaa wa tarhamnaa, lanakuunanna minal khaasiriina

Artinya:

“ Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri sendiri. Jika Kau tidak mengampuni dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk hamba-Mu yang merugi."

Dzikir Penghapus Dosa Zina 2

Dzikir penghapus dosa zina yang kedua dikutip dari Surat Al-Anbiya ayat 87 berikut ini;

Laa ilaaha illaa anta. Subhaanaka innii kuntu minaz zhaalimiina

Artinya:

“ Tiada tuhan selain Allah. Maha Suci Allah sesungguhnya aku tergolong orang-orang yang zalim."

6 dari 7 halaman

Dzikir Penghapus Dosa Zina 3

Dzikir penghapus dosa zina selanjutnya ini hendaknya dibaca sebanyak 100 kali dengan hati yang tulus:

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi

Artinya:

“ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Dzikir Penghapus Dosa Zina 4

Dzikir penghapus dosa zina selanjutnya dilakukan dengan memperbanyak bacaan tasbih:

Subhanallah wa bihamdihi

Artinya:

“ Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

7 dari 7 halaman

Dzikir Penghapus Dosa Zina 5

Dzikir penghapus dosa zina yang kelima adalah dengan membaca doa sayyidul istighfar seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta

Artinya:

“ Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Demikian itulah kumpulan dzikir penghapus dosa zina dan cara bertaubat dari zina. Keutamaan bertaubat bagi pelaku zina adalah dicintai, diampuni dosanya dan dimasukkan ke surga oleh Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk selalu bertaubat kepada-Nya.

Join Dream.co.id