Bacaan Doa Sholat Maghrib yang Baik Diamalkan setelah Sholat, Membuat Jiwa Lebih Tenang

Your Story | Sabtu, 2 Juli 2022 18:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Maghrib menjadi waktu yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Dream – Sholat maghrib adalah salah satu dari sholat fardhu yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Di mana sholat maghrib ini dikerjakan sebanyak tiga rakaat dengan waktu yang sangat terbatas dibandingkan dengan sholat fardhu lainnya.

Kurang sempurna rasanya jika setelah melaksanakan sholat maghrib, sahabat Dream tidak membaca doa. Apalagi di saat maghrib menjadi waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Sehingga sayang sekali jika momen tersebut dilewatkan begitu saja. Karena tentunya ada ganjaran yang bisa sahabat Dream dapatkan jika membaca doa sholat maghrib. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis Tirmidzi berikut:

Suatu ketika Rasulullah SAW ditanya, “ kapan sebuah doa lebih didengar oleh Allah?” Beliau menjawab, “ sepertiga malam terakhir dan sesudah sholat lima waktu.” (HR. At Tirmidzi)

Jadi, usahakan selepas mengerjakan sholat maghrib untuk tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Tetapi dilanjutkan dengan membaca doa sholat maghrib yang bisa membuatmu merasa lebih tenang.

Nah, berikut adalah bacaan doa sholat maghrib yang bisa kamu amalkan setelah sholat sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Bacaan Doa Sholat Maghrib yang Baik Diamalkan setelah Sholat, Membuat Jiwa Lebih Tenang
Bacaan Doa Sholat Maghrib (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sholat Maghrib

 Bacaan Doa Sholat Maghrib© Shutterstock.com

Berikut adalah bacaan doa sholat maghrib yang bisa sahabat Dream amalkan selepas mengerjakan sholat:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِاَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

A’uudzu bollaahi minasy-syaithaanir-rajiim. Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil ‘alamin hamda yuwafi wayukafi mazidahu.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara seluruh alam. Segala puji (bagi Allah) yang telah memenuhi semua nikmat-Nya dan mencukupkan tambahannya.”

Atau sahabat Dream juga bisa membaca doa sholat maghrib berikut:

يَا رَبِّ لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيمِ سُلْطَانِكَ

Yaa rabbanaa lakal-hamdu kamaa yambaghii li jalaali wajhikal-kariimi wa ‘azazhiimi sulthaanik.

Artinya:Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana pujian itu patut terhadap keagungan dan kemuliaan-Mu serta keluhuran kerajaan-Mu.”

Membaca Ayat Kursi

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca ayat kursi yang ada dalam surat Al-Baqarah ayat 255 berikut:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzi yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati warladh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa huwal aliyyul adziim. (QS. Al-Baqarah: 255).

Artinya:Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Membaca Istighfar 3 Kali

Bacaan doa sholat maghrib yang terakhir adalah membaca istighfar sebanyak tiga kali. Berikut adalah bacaannya:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ 

Astaghfirullah Hal'adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaiih.

Artinya:Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agun yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Berdoa setelah Sholat Fardhu

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, ada baiknya jika sahabat Dream meluangkan waktu sejenak untuk tetap berada di tempat sholat dan membaca doa terlebih dahulu. Hal ini karena ada banyak sekali keutamaan yang bisa kamu dapatkan jika membaca doa setelah sholat fardhu, termasuk membaca doa sholat maghrib. Berikut adalah beberapa keutamaannya seperti dikutip dari merdeka.com:

1. Keutamaan dari berdoa di sisi Allah SWT lebih dari segala keutamaan.

2. Berdoa setelah sholat fardhu adalah senjata bagi orang-orang mukmin. Di mana doa sendiri adalah ibadah. Dengan berdoa, maka umat Islam tengah memfokuskan hatinya hanya kepada Allah SWT semata secara yakin dan ikhlas.

3. Berdoa adalah bagian dari aktivitas berdzikir kepada Allah SWT. Di mana berdoa adalah obat bagi jiwa, menghilangkan kesulitan, dan menjauhkan manusia dari adanya dosa. Melalui sebuah doa, maka manusia bisa mendapatkan ampunan Allah SWT dan membuat hatinya menjadi lebih tenang.

4. Dengan berdoa, maka hal ini berarti telah mengingat Allah SWT. Dengan begitu, orang yang tidak pernah lupa untuk berdoa adalah orang yang selalu ingat dengan Allah SWT. Begitu juga Allah SWT juga akan selalu mengingat umat-Nya yang selalu memanjatkan doa.

Join Dream.co.id