Bacaan Doa Mandi sebelum Puasa Ramadan dan Tata Caranya, Disunahkan dalam Islam

Your Story | Kamis, 28 April 2022 10:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Mandi sunah sebelum Ramadan adalah bentuk mempersiapkan diri agar kondisi badan bersih dan suci dalam menyambut bulan Ramadan.

Dream – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan limpahan berkah dan pahala dari Allah SWT. Di momen inilah setiap umat Islam memiliki kesempatan yang besar untuk panen pahala sebanyak-banyaknya. Karena di bulan Ramadan ada berbagai amalan yang dianjurkan Allah SWT agar dikerjakan dan hal tersebut memiliki ganjaran yang besar.

Tak mengherankan jika umat Islam selalu menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur. Bulan suci yang hanya bisa dirasakan satu tahun sekali ini akan sayang sekali jika tidak diisi dengan hal-hal baik yang disukai Allah SWT.

Nah, biasanya menjelang bulan Ramadan ada amalan sunah yang dilakukan umat Islam, yakni mandi sebelum puasa Ramadan. Meskipun tidak wajib, namun tak sedikit dari umat Islam yang selalu menjalankan anjuran tersebut dan tidak lupa juga membaca doa mandi sebelum puasa Ramadan.

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang sunah mandi sebelum puasa dan bacaan doa mandi sebelum puasa Ramadan, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Bacaan Doa Mandi sebelum Puasa Ramadan dan Tata Caranya, Disunahkan dalam Islam
Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadan (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Sunah Mandi sebelum Puasa Ramadan

 Sunah Mandi sebelum Puasa Ramadan© Shutterstock.com

Sahabat Dream tentu sudah tahu dengan kebiasaan umat Islam yang melaksanakan mandi sebelum puasa Ramadan. Bahkan sering kali orang tua mengingatkan agar tidak lupa mandi dan keramas sebelum menjalankan puasa Ramadan. Ya, hal ini adalah bagian dari anjuran pada bulan Ramadan untuk melakukan mandi sunah setiap malam bulan suci tersebut.

Mengingat bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang suci. Sehingga sudah seharusnya setiap umat Islam mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan kondisi badan yang bersih dan suci.

Anjuran melakukan mandi sebelum puasa Ramadan dengan berdasar pada kitab Hasyiyah al-Bajuri oleh Syekh Ibrahim al-Bajuri yang dikutip dari nu.or.id berikut ini:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك 

Artinya: Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 

Dari kitab tersebut menjelaskan bahwa terdapat berbagai mandi sunah yang dianjurkan dalam Islam. Salah satunya adalah mandi di malam bulan Ramadan. Meskipun menurut Imam al-Adzra’I beranggapan bahwa maksud dari malam Ramadan hanya berlaku untuk orang yang ketika siangnya akan mengerjakan sholat Jumat, tapi ada pendapat yang lebih kuat lagi dan berlaku di setiap malam. Sehingga tidak hanya sebatas pada malam Jumat saja.

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Doa Mandi sebelum Puasa Ramadan

Islam mengajarkan kepada umatnya agar ketika melakukan sesuatu, maka dahului dengan membaca niat. Seperti halnya saat sahabat Dream melakukan mandi wajib, maka mandi sebelum puasa Ramadan pun juga harus membaca niat. Berikut adalah bacaan niat doa mandi sebelum puasa Ramadan yang bisa sahabat Dream hafalkan dengan mudah:

نَوَيْتُأَدَاءَاْلغُسْلِاْلمَسْنُوْنِلِيْفِيْهَذِهِاللَّيْلَةِمِنْرَمَضَانَللهتَعَالَى 

Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ. 

Artinya: “ Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

4 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi sebelum Puasa Ramadan

 Tata Cara Mandi sebelum Puasa Ramadan© Shutterstock.com

Ketika hendak melakukan mandi sunah sebelum puasa Ramadan, hal ini tidaklah sama dengan mandi yang biasanya sahabat Dream lakukan. Tetapi ada tata caranya tersendiri yang penting untuk diperhatikan. Tata cara mandi sunah sebelum puasa Ramadan adalah sama dengan tata cara mandi sebelum sholat Jumat.

Berikut adalah tata caranya yang perlu kamu ketahui:

1. Saat masuk ke kamar mandi, basuh terlebih dahulu kedua tangan sebanyak tiga kali.

2. Sahabat Dream harus memastikan bahwa kondisi badan sudah bersih dari adanya kotoran maupun najis yang melekat.

3. Kemudian siramkan air di kepala sebanyak tiga kali disertai dengan membaca niat doa mandi sebelum puasa Ramadan yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Lalu siramkan air di badan dengan mendahulukan badan dari sebelh kanan sebanyak tiga kali. Lalu bergantian badan sebelah kiri sebanyak tiga kali juga, dan barulah menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh.

5. Setelah itu, gosok tubuh pada bagian depan dan belakang sebanyak tiga kali. Sahabat Dream harus memastikan bahwa air sudah mengalir di bagian lipatan kulit dan pangkal rambut. Sehingga seluruh badan benar-benar sudah terkena air. Jika memiliki jenggot, maka jangan lupa untuk menggosoknya agar air bisa mencapai sela-sela jenggot tersebut.

Itulah penjelasan tentang anjuran melakukan mandi sebelum puasa Ramadan yang disunahkan dalam Islam. Selain itu, melakukan mandi sunah tersebut juga ada tata caranya tersendiri serta jangan lupa untuk membaca niat doa mandi sebelum puasa Ramadan.

Join Dream.co.id