Bacaan Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih, Ibadah Agar Diampuni Dosa Masa Lampau

Your Story | Selasa, 22 Maret 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Di bulan Ramadan ini menjadi momen yang sangat tepat untuk memanjatkan doa, salah satunya membaca doa kamilin.

Dream – Sholat tarawih yang diakhiri dengan doa kamilin menjadi salah satu ibadah serta ciri khas saat masyarakat mengisi bulan Ramadan. Dengan jumlah rakaat 11 atau 23, orang tua dan anak-anak memiliki kenangan yang tak terlupakan saat mengikuti sholat tarawih berjemaah. 

Sebagai bulan penuh rahmat dan pahala, sholat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk sering selama Ramadan. Sholat sunah ini dikerjakan pada malam hari setelah sholat Isya dan biasanya dilakukan di masjid secara berjamaah. Sunahnya sholat tarawih dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

مَنْقَامَرَمَضَانَإيمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُمَاتَقَدَّمَمِنْذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Dalam anjuran mengerjakan sholat tarawih akan semakin sempurna jika sahabat Dream juga memanjatkan doa kepada Allah SWT setelah menyelesaikan sholat. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, doa mencerminkan sebuah ekspresi ketundukan, kepasrahan, dan kerendahan hati di hadapan-Nya. Usai menyelesaikan sholat tarawih, ada sebuah doa khusus yang bisa sahabat Dream panjatkan yang dinamakan dengan doa kamilin.

Berikut adalah bacaan doa kamilin setelah sholat tarawih yang bisa kamu amalkan setelah menyelesaikan sholat tarawih sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id.

Bacaan Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih, Ibadah Agar Diampuni Dosa Masa Lampau
Bacaa Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 7 halaman

Bacaan Doa Kamilin

 Bacaan Doa Kamilin© Shutterstock.com

Setelah menyelesaikan sholat tarawih, alangkah lebih baik jika dilanjutkan dengan membaca doa. Doa di saat sholat tarawih tersebut biasanya dinamakan dengan doa kamilin. Isi dari doa kamilin ini pun tergolong cukup lengkap, di mana meliputi aspek duniawi dan ukhrawi, kenikmatan, dan kesulitan, memohon keberkahan malam yang mulia, diterimanya amal, dan sebagainya. Oleh karena itulah, doa ini sangat baik untuk diamlkan.

Berikut adalah bacaan doa kamilin yang bisa sahabat Dream amalkan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allâhummaj‘alnâ bil îmâni kâmilîn. Wa lil farâidli muaddîn. Wa lish-shlâti hâfidhîn. Wa liz-zakâti fâ‘ilîn. Wa lima ‘indaka thâlibîn. Wa li ‘afwika râjîn. Wa bil-hudâ mutamassikîn. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlîn. Wa fid-dunyâ zâhdîn. Wa fil ‘âkhirati râghibîn. Wa bil-qadlâ’I râdlîn. Wa lin na‘mâ’I syâkirîn. Wa ‘alal balâ’i shâbirîn. Wa tahta liwâ’i muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sâ’irîna wa alal haudli wâridîn. Wa ilal jannati dâkhilîn. Wa minan nâri nâjîn. Wa 'alâ sariirl karâmati qâ'idîn. Wa bi hûrun 'in mutazawwijîn. Wa min sundusin wa istabraqîn wadîbâjin mutalabbisîn. Wa min tha‘âmil jannati âkilîn. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syâribîn. Bi akwâbin wa abârîqa wa ka‘sin min ma‘în. Ma‘al ladzîna an‘amta ‘alaihim minan nabiyyîna wash shiddîqîna wasy syuhadâ’i wash shâlihîna wa hasuna ulâ’ika rafîqan. Dâlikal fadl-lu minallâhi wa kafâ billâhi ‘alîman. Allâhummaj‘alnâ fî hâdzihil lailatisy syahrisy syarîfail mubârakah minas su‘adâ’il maqbûlîn. Wa lâ taj‘alnâ minal asyqiyâ’il mardûdîn. Wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa âlihi wa shahbihi ajma‘în. Birahmatika yâ arhamar râhimîn wal hamdulillâhi rabbil ‘âlamîn.

3 dari 7 halaman

Arti Doa Kamilin

Artinya:

“ Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

4 dari 7 halaman

Dream - Ramadhan adalah bulan di mana amalan dilipatgandakan dan dosa-dosa diampuni. Karena itu, bagi mereka yang ingin mendapat ampunan dan pahala dari Allah SWT, ambillah kesempatan di bulan Ramadhan ini. Allah SWT akan membuka pintu rahmat dan menutup pintu neraka.

Salah satu kebiasaan umum di masyarakat selama bulan Ramadhan adalah menjalankan sholat tarawih berjamaah, baik di masjid atau di surau.

Sholat tarawih termasuk sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Sholat tarawih dimulai setelah sholat Isyak dan berakhir pada waktu Subuh.

Bagi mereka yang mendirikan sholat tarawih, maka ganjaran yang cukup besar disediakan Allah SWT. Hal ini seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis.

" Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa saja yang berdiri (sholat) pada malam Ramadhan karena iman dan mengharapkan ganjaran (dari Allah SWT), maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu'."  (HR. Muslim 759)

Namun sayang, Ramadhan di tahun ini akan berbeda sama sekali dengan sebelumnya. Tahun ini, kita tidak diperbolehkan pergi ke masjid seperti biasa karena kondisinya yang tidak mengizinkan akibat merebaknya wabah virus corona.

Pemerintah dan ulama pun menganjurkan umat Islam untuk menjalankan sholat tarawih di rumah bersama keluarga masing-masing pada tahun ini.

Yang menjadi persoalan adalah bagaimana melakukan sholat tarawih di rumah? Apakah hukum meninggalkan bacaan zikir setelah dua rakaat atau empat rakaat saat sholat tarawih di rumah jika kita tidak mengetahuinya?

Untuk menjawabnya, seorang ustaz Malaysia Dr. Nur Mohammad Hadi Zahalan atau yang lebih dikenal Hadi Almaghribi mencoba untuk menjelaskannya.

Ustaz Hadi akan memberikan tips mudah tentang cara menunaikan sholat tarawih di rumah bersama keluarga di tengah pandemi virus corona.

5 dari 7 halaman

Hukum Sholat Tarawih

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Pertama kita perlu mengetahui hukum menunaikan sholat tarawih di bulan Ramadhan.

Dalam Islam, sholat tarawih hukumnya sunnah mu'akad. Artinya sholat tarawih adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Karenanya, meski tidak dilakukan di masjid, sholat tarawih di rumah bersama keluarga memiliki nilai pahala yang sama besarnya.

Sholat Tarawih Berjamaah atau Sendirian?

Menurut Ustaz Hadi, sholat tarawih boleh dilakukan secara berjamaah atau sendirian. Sholat tarawih berjamaah memang lebih afdal atau utama.

Namun jika menghadapi kesulitan untuk menunaikan sholat tarawih secara berjamaah seperti di masa pandemi virus corona seperti sekarang, maka diperbolehkan untuk menjalankannya secara sendirian.

Maka, tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menunaikan sholat tarawih di rumah meskipun dia tinggal sendirian.

6 dari 7 halaman

Sholat Tarawih 8 atau 20 Rakaat?

Sholat tarawih boleh dilaksanakan dalam jumlah 8 atau 20 rakaat diikuti dengan sholat sunnah witir sebanyak 3 rakaat. Jika dijumlahkan dengan rakaat sholat witir, maka mereka yang sholat tarawih 8 jumlahnya menjadi 11 rakaat. Sementara yang sholat tarawih 20 rakaat, jumlah totalnya menjadi 23 rakaat.

Secara umum, komunitas Muslim di Malaysia dan Indonesia menunaikan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat. Tetapi ada sebagian yang hanya menjalankan 8 rakaat. Semuanya berpulang kepada masing-masing untuk menunaikan ibadah ini sesuai dengan kemampuan dan keikhlasannya kepada Allah SWT.

Sholat Tarawih Dua Rakaat, Dua Rakaat

Ustaz Hadi mengatakan sholat tarawih dilaksanakan dengan melakukan dua rakaat dua rakaat sehingga berjumlah 8 atau 20 rakaat.

Cara menunaikan sholat tarawih seperti ini tertuang dalam hadis nabi. Rasulullah bersabda: Sholat malam itu dua rakaat, dua rakaat. (HR Bukhari 936)

7 dari 7 halaman

Niat Sholat Tarawih

Berikut bacaan niat sholat tarawih yang harus diketahui umat Islam sebelum menjalankan amalan sunnah tersebut:

Bacaan Sholat Tarawih Imam

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan imaman lillahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT" .

 

Bacaan Sholat Tarawih Makmum

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan mamuman lilahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT" .

Join Dream.co.id