Ayat Al-Quran tentang Sedekah dan Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan

Your Story | Selasa, 5 April 2022 20:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sedekah haruslah dilakukan dengan penuh keikhlasan dan mengharap ridho Allah SWT.

Dream – Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sahabat Dream bisa bersedekah kapan saja dan di mana saja. Namun ada waktu terbaik untuk melakukan sedekah, yakni di bulan suci Ramadan. Tentunya saat kita dalam kondisi yang mempunyai tenaga, pikiran, dan harta yang lapang.

Dianjurkannya bersedekah, hal ini karena dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain juga di dalamnya. Sehingga sudah sepatutnya untuk memberikan hak tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Perintah bersedekah di bulan Ramadan juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi berikut ini:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya: Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

Selain itu, perintah bersedekah pun juga dijelaskan dalam ayat Al-Quran dengan berbagai keutamaannya. Berikut adalah ayat Al-Quran tentang sedekah dan keutamaan melakukan sedekah di bulan Ramadan yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Ayat Al-Quran tentang Sedekah dan Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan
Ayat Al-Quran Tentang Sedekah Dan Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadan (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Ayat Al-Quran tentang Sedekah

 Ayat Al-Quran tentang Sedekah© Shutterstock.com

Sedekah adalah bentuk amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Menyadari bahwa di sekeliling kita ada orang-orang yang sangat membutuhkan dan tentu saja sebagai sesama manusia hendaknya saling menolong. Melalui sedekah inilah upaya yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan kepedulian kita serta mampu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang pentingnya pentingnya bersedekah seperti dikutip dari dalamislam.com:

وَاَنْفِقُوْافِيْسَبِيْلِاللّٰهِوَلَاتُلْقُوْابِاَيْدِيْكُمْاِلَىالتَّهْلُكَةِۛوَاَحْسِنُوْاۛاِنَّاللّٰهَيُحِبُّالْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah: 195).

Ayat Al-Quran di atas menjelaskan tentang perintah untuk membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Dalam artian, agar kita terhindar dari menzalimi orang lain atau menyiksa diri sendiri karena harta yang kita belanjakan tersebut. Hendaknya kita mengeluarkan harta secukupnya saja dan kelebihan harta yang ada sebaiknya disedekahkan kepada orang lain yang membutuhkan.

يَمْحَقُاللّٰهُالرِّبٰواوَيُرْبِىالصَّدَقٰتِۗوَاللّٰهُلَايُحِبُّكُلَّكَفَّارٍاَثِيْمٍ

Artinya: Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.” (QS. Al-Baqarah: 276).

Dalam ayat Al-Quran di atas, Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam agar menyuburkan sedekah dan menghilangkan riba. Di mana riba ini adalah perbuatan yang mendatangkan penderitaan pada orang lain. Oleh karena itu, riba sangatlah dibenci Allah SWT dan diharamkan. Sedangkan bersedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT.

قُلْلِّعِبَادِيَالَّذِيْنَاٰمَنُوْايُقِيْمُواالصَّلٰوةَوَيُنْفِقُوْامِمَّارَزَقْنٰهُمْسِرًّاوَّعَلَانِيَةًمِّنْقَبْلِاَنْيَّأْتِيَيَوْمٌلَّابَيْعٌفِيْهِوَلَاخِلٰلٌ

Artinya: Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, “ Hendaklah mereka melaksanakan salat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan.” (QS. Ibrahim: 31).

Ayat Al-Quran di atas menjelaskan perintah untuk menafkahkan rezeki yang baik melalui sedekah. Di mana sedekah yang baik adalah sedekah yang konsisten untuk melakukannya meskipun dalam jumlah yang tidak banyak. Karena perbuatan inilah yang sangat disukai oleh Allah SWT dan tentunya adalah pahala besar yang diberikan oleh Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan© Shutterstock.com 

Setelah mengetahui beberapa ayat Al-Quran tentang sedekah, alangkah lebih baik jika sedekah tersebut sahabat Dream lakukan di bulan suci Ramadan. Karena ada berbagai keutamaan yang bisa didapatkan. Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadan seperti dikutip dari kapanlagi.com:

Sedekah yang Paling Utama

Sedekah di bulan Ramadan adalah sedekah yang paling utama. Tentunya sedekah tersebut haruslah dilakukan dengan penuh keikhlasan dan hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Apalagi bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Jadi, momen ini jangan disia-siakan begitu saja untuk bersedekah.

Bahkan dijelaskan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah saw tampak semakin dermawan di bulan Ramadan:

Rasulullah saw adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan.”

Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan berikutnya melakukan sedekah di bulan Ramadan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini karena segala amalan dan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan, Allah SWT menjanjikan adanya pahala yang sangat besar, salah satunya ketika bersedekah.

Memberikan Ketenangan dan Kebahagiaan

Bersedekah di bulan Ramadan bisa memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Perlu diketahui bahwa bersedekah tidaklah membuat orang merasa kekurangan atau jatuh miskin. Justru dengan bersedekah, Allah SWT akan memberikan pahala dan rezeki yang melimpah. Bahkan sedekah juga mendatangkan ketenangan dan kebahagiaan.

Mendapat Perlindungan di Hari Akhir

Dalam bersedekah hendaknya dilakukan secara tulus dan ikhlas. Karena dengan begitu, nantinya Allah SWT akan memberikan perlindungan di hari akhir kepada orang yang bersedekah tersebut. Seperti dijelaskan dalam hadis berikut ini:

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).

Jaminan Surga dan Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan juga akan mendapatkan jaminan surga dan dijauhkan dari api neraka. Seperti dijelaskan dalam hadis berikut ini:

Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani).

Itulah penjelasan mengenai ayat Al-Quran tentang sedekah dan beberapa keutamaan yang didapatkan jika bersedekah di bulan Ramadan. Tentunya sedekah tersebut haruslah dilakukan dengan penuh keikhlasan yang semata-mata hanya menginginkan ridho Allah SWT.

Join Dream.co.id