Apa Arti Kata Selulosa? Berikut Pengertian Beserta Manfaatnya

Stories | Jumat, 14 Oktober 2022 09:26

Reporter : Arini Saadah

Arti kata selulosa sering dipakai dalam kosakata bidang biologi.

Dream – Seperti telah kita tehaui, Bahasa Indonesia memiliki banyak sekali kosakata. Baik yang termuat di dalam KBBI maupun yang tidak tercantum di dalamnya.

Bahasa Indonesia sendiri juga memiliki kosakata hasil serapan dari bahasa lainnya, baik dari bahasa daerah maupun bahasa asing.

Inilah mengapa banyak kosakata yang kadang masih asing terdengar, terutama bagi orang awam. Sebab banyak sekali kosakata di dalam setiap bidang kehidupan, seperti bidang kesehatan, pertanian, industri, dan bidang-bidang lainnya.

Salah satu kosakata yang mungkin masih terdengar asing di kalangan awam ialah selulosa. Arti kata selulosa banyak dicari oleh para siswa maupun akademisi yang bergerak di bidangnya.

Lantas apa sebenarnya arti kata selulosa? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini lengkap dengan pengertian dan manfaatnya.

Apa Arti Kata Selulosa? Berikut Pengertian Beserta Manfaatnya
Ilustrasi. (Foto: Pexels.com)
2 dari 6 halaman

Arti Kata Selulosa

Arti kata selulosa bisa ditelusuri melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia, baik online maupun offline. Kali ini Dream akan mengutip arti kata selulosa berdasarkan KBBI daring.

Arti kata selulosa ialah bio polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel. Kata ini berasal dari bidang biologi. Bagi Sahabat Dream yang sedang atau telah mempelajari biologi, mungkin sudah tidak asing dengan arti kata selulosa.

Polisakarida merupakan polimer yang tersusun dari ratusan hingga ribuan satuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik. Polisakarida adalah karbohidrat, sehingga tersusun hanya dari atom karbon, hidrogen dan oksigen.

Arti kata selulosa lainnya ialah senyawa organik dengan rumus (C6H10O5)n, yaitu sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus hingga lebih dari sepuluh ribu ikatan β(1→4) unit D-glukosa.

Selulosa berperan sebagai komponen struktural utama dinding sel yang terdapat pada tanaman hijau. Biasanya selulosa berbentuk seperti ganggang dan Oomycetes. Bahkan, beberapa bakteri juga mengeluarkan selulosa untuk membentuk biofilm.

3 dari 6 halaman

Senyawa Organik Paling Banyak di Bumi

 Ilustrasi© Pexels.com

Perlu diketahui, selulosa merupakan senyawa organic yang paling banyak di bumi. Sekitar 33 persen dari semua materi tanaman terdiri dari selulosa.

Hampir 90 persen isi kapas adalah selulosa. Sementara kandungan pada kayu sekitar 40 hingga 50 persen.

Akan tetapi yang paling banyak ialah kombinasi antara lignin dan polisakarida lain seperti hemiselulosa dalam dinding sel tumbuhan berkayu, baik pada kayu lunak dan keras, jerami atau bambu. Selulosa juga dihasilkan oleh bakteri Acetobacter xylinum secara ekstraseluler.

Perlu dipahami juga bahwa selulosa tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Selulosa hanya bisa dicerna oleh hewan yang memiliki enzim selulase.

4 dari 6 halaman

Arti Kata Selulosa Menurut Para Ahli

Kata selulosa pertama kali dipopulerkan oleh Anselme Payen pada 1838. Ia menjelaskan selulosa adalah serat padat yang tahan dan tersisa setelah pemurnian jaringan tanaman dengan asam dan amonia.

Payen sendiri mengamati bahwa bahan yang telah dimurnikan mengandung satu jenis senyawa kimia yang seragam, yakni karbohidrat. Seba residu glukosa ini mirip dengan pati. Ia juga menegaskan selulosa merupakan isomer dari bahan penyusun pati.

Inilah mengapa selulosa juga disebut sebagai molekul biologis organic yang paling banyak ditemukan di bumi. Sebab selulosa hampir terdapat pada semua dinding sel tumbuhan. Selulosa adalah polisakarida struktural di tanaman karena merupakan bagian dari jaringan penyokong.

5 dari 6 halaman

Manfaat Selulosa yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui pengertian dan arti kata selulosa di atas, selanjutnya kamu juga perlu memahami manfaat darinya. Sebenarnya apa sih manfaat dari selulosa?

Rupanya selulosa kerap digunakan dalam bidang farmasi seperti, etil selulosa, metal selulosa, karboksimetil selulosa, dan dalam bentuk lainnya yang digunakan dalam sediaan oral, topikal, dan injeksi.

Karboksimetil selulosa adalah bahan utama dari seprafilm, yang digunakan untuk mencegah adesi setelah pembedahan.

Selolusa yang terdapat pada serat rami atau Boehmeria nivea dapat diolah sebagai kain fashion berkualitas tinggi dan bahan pembuatan selulosa berkualitas tinggi.

Selulosa α berkualitas tinggi ialah salah satu unsur pokok pembuatan bahan peledak dan atau propelan (propellant) yaitu isian dorong untuk meledakkan peluru. Sementara kayu dan serat rami dapat diolah menjadi pulp (bubur kertas) berkualitas tinggi sebagai bahan baku.

Demikian itulah penjelasan tentang arti kata selulosa beserta pengertian dan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sahabat Dream!

6 dari 6 halaman

Penggunaan Selulosa dalam Industri

Selain mengetahui penjelasan arti kata selulosa, kamu akan semakin memahaminya dengan mengenal penggunaannya.

Perlu diketahui, selulosa yang digunakan untuk membuat kertas ini masih sangat berguna untuk membuat reaksi esterifikasi dengan berbagai asam anorganik dan organik.

Reaksi kimia tersebut digunakan dalam industri. Produk penting hasil dari reaksi kimia itu salah satunya adalah selulosa asetat, yang dibentuk dengan interaksi asam asetat dan selulosa. Selulosa asetat adalah zat kimia yang banyak digunakan untuk pembuatan serat sintetis seperti serat asetat.

Penggunaan selulosa yang lainnya adalah untuk membuat trinitroselulosa. Zat ini terbentuk ketika nitrasi selulosa dengan campuran asam sulfat pekat dan nitrat. Zat kimia yang satu ini banyak digunakan dalam pembuatan bubuk tanpa asap (guncotton). Sementara itu, ada juga selulosa dinitrate yang digunakan untuk pembuatan beberapa jenis plastik dan gelas organik.

Join Dream.co.id