9 Cara Membuka Mata Batin Sendiri dengan Doa, Waspadai Juga Bahayanya!

Stories | Jumat, 19 Agustus 2022 12:00

Reporter : Arini Saadah

Membuka mata batin bisa dilakukan dengan membaca doa di bawah ini.

Dream - Saat mendengar istilah membuka mata batin, hal pertama yang terbayang dari pikiran adalah seseorang bisa melihat dan merasakan hal-hal yang normalnya tidak bisa dilihat serta dirasakan. Sebenarnya kemampuan mata batin sudah dimiliki manusia sejak lahir.

Keyakinan masyarakat umumnya membagi kemampuan mata batin ini dalam tiga kondisi yaitu masih tertutup, setengah terbuka, atau mereka yang sudah terbuka lebar. Sedikit dari mata batin manusia yang telah terbuka secara alami. Sementara sebagian besar lainnya masih tertutup.

Di antara kita mungkin sudah pernah mendengar istilah membuka mata batin. Biasanya terdapat beberapa cara untuk membuka mata batin dan dilakukan oleh ahlinya. Namun tidak menutup kemungkinan membuka mata batin bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional.

Banyak orang meyakinin kemampuan membuka mata batin bisa membawa mendatangkan manfaat yang luar biasa. Mata batin yang terbuka bagi sebagian orang akan membantunya lebih khusyu dalam menjalankan ibadah.

Cara membuka mata batin sendiri bisa dilakukan dengan membaca surat Al Ikhlas. Bahkan bisa dilakukan tanpa melakukan tirakat puasa apapun. Selain itu cara membuka mata batin sendiri bisa dilakukan dengan doa-doa khusus yang akan dibahas dalam artikel ini.

9 Cara Membuka Mata Batin Sendiri dengan Doa, Waspadai Juga Bahayanya!
Ilustrasi. (Foto: Pexels.com)
2 dari 7 halaman

Cara Membuka Mata Batin Sendiri

Cara membuka mata batin sendiri dengan doa sangatlah penting bagi sebagian orang. Tanpa bantuan seorang profesional, seseorang sebenarnya bisa membuka mata batin sendiri dengan cara-cara berikut ini. Jika Sahabat Dream adalah salah satu orang yang ingin mencoba membuka mata batinnya, tips di bawah ini bisa kamu lakukan.

1. Cara Membuka Mata Batin Sendiri dengan Doa

Cara membuka mata batin sendiri bisa dilakukan dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Cara ini dilakukan ketika hendak memulai meditasi. Berdoa dilakukan agar proses membuka mata batin ini berjalan dengan lancar. Selain itu, jangan lupa ucapkan niat yang sungguh-sungguh dalam hati agar mata batin bisa terbuka.

Berikut bacaan doa untuk memulai membuka mata batin sendiri:

“ Bismillahi rokhmatal ghoiba wassamawati wal ardhi, allahumma juz ‘alaikal bashor”

2. Dilakukan Tengah Malam

Setelah memanjatkan doa, cara membuka mata batin sendiri ini sebaiknya pada waktu tengah malam. Sebab ketika tengah malam, suasana sangat mendukung untuk membuka mata batin. Suasana tenang, hening, dan sunyi sangat bagus untuk mendukung proses membuka mata batin sendiri.

3 dari 7 halaman

 Ilustrasi© Shutterstock.com

3. Mengenakan Pakaian Longgar

Cara membuka mata batin sendiri juga perlu dilakukan dengan mengenakan pakaian longgar agr lebih nyaman. Pakaian longgar akan mempermudah proses terbukanya mata batin. Energi dari alam semesta akan masuk ke tubuh dengan sangat mudah.

4. Bersila di Lantai atau Matras

Posisi meditasi juga sangat menentukan terbukanya mata batin. Posisi duduk bersila dengan punggung tegak lurus membuat konsentrasi tubuh meningkat. Ketika meditasi tidak boleh menyandarkan tubuh ke dinding atau apapun.

Kedua tangan diletakaan di atas paha dengan posisi telapak tangan terbuka ke atas sambil mempertemukan jari telunjuk dan ibu jari.

5. Mengatur Nafas

Cara membuka mata batin sendiri juga dilakukan dengan mengatur nafas. Tarikan nafas sedalam-dalamnya kemudian menahan beberapa saat, lalu dihembuskan lewat mulut. Ulangi proses ini hingga 3 kali berturut-turut.

Setiap kali menarik nafas, ambillah seluruh energi positif dari alam. Ketika membuang nafas, niatkan membuang seluruh energi negatif yang ada dalam diri.

4 dari 7 halaman

6. Memejamkan Mata

Jangan lupa untuk memejamkan mata ketika melakukan cara membuka mata batin sendiri. Pejamkan mata ketika proses mengambil nafas dan membuang nafas. Lalu bernafaslah seperti biasa dan rasakan aliran energi pada tubuh.

7. Memusatkan Konsentrasi Cakra Ajna

Cara membuka mata batin sendiri dilakukan dengan memusatkan konsentrasi pada mata ajna. Mata ini disebut sebagai mata ketiga yang terletak antara dua alis mata.

Sambil membayangkan cahaya putih tepat di depan mata ketiga, maka secara perlahan cahaya itu bisa mengaktifkan cakra yang belum aktif di dalam tubuh.

Setelah itu rasakan bahwa mata ketiga itu menyerap energi yang luar biasa. Kemudian rasakan tarikan energinya yang begitu kuat. Tarikan ini mampu membuat kamu masuk ke dalam dimensi lain. Jangan takut dan khawatir karena di saat itulah kamu bisa mengendalikan diri sendiri.

5 dari 7 halaman

8. Baca Amalan Wirid

Cara membuka mata batin sendiri dengan doa dilakukan dengan membaca amalan-amalan wirid seperti surat Al Ikhlas sebanyak-banyaknya, sholawat 100 kali, istighfar 100 kali dan Al Fatihah 100 kali setiap selesai sholat malam.

9. Mengucap Syukur

Ketika mampu memasuki dimensi lain dan kamu merasa cukup melakukan proses membuka mata batin tersebut, maka kamu bisa mengakhirinya dengan perlahan membuka mata. Jangan lupa mengakhiri meditasi tersebut dengan membaca doa dan mengucap syukur kepada Allah SWT.

Bacalah doa ini untuk ketika mengakhiri meditas membuka mata batin:

Bismillahirahmanirahim, alhamdulillahirabbil ‘alamin wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wasallam, Ya khairal mas’uliin, Ya mujiiba da’watil mudtorriin, Ya ilahal ‘alamin bika anzalta hajati wa anta a’lamu biha faqdiha. Allahumma anta laha wa likulli hajatin faqdiha bifadli, Bismillahirahmanirahim ma yaftahillah linnasi mirrahmatin falaa mumsika laha.

6 dari 7 halaman

Bahaya Membuka Mata Batin Sembarangan

Pembukaan mata batin harus dilakukan atau didampingi oleh profesional. Jika dibuka sembarangan, maka waspadai bahaya yang mengintai berikut ini:

1. Gangguan Mental

Membuka mata batin harus dilakukan dengan kesiapan fisik, mental dan iman. Jika ketiga hal tersebut tidak mumpuni, maka bisa berisiko menyebabkan gangguan mental alias gila karena tidak kuat.

Sebab saat mata batin terbuka, seseorang akan lebih sensitif. Jika tidak benar-benar kuat, kondisi mata batin terbuka akan sangat menyiksa.

2. Ketakutan Setiap Saat

Mata batin yang terbuka artinya tirai penutup antara tempat kita dengan tempat ghaib seperti tidak ada sekat.

Makhluk ghaib yang tidak pernah terihat sebelumnya akan muncul saat mata batin terbuka. Hal ini menyebabkan ketakutan luar biasa bagi orang yang tidak siap mental dan imannya. Ketakutan ini lama-lama bisa menyebabkan kegilaan.

7 dari 7 halaman

3. Lebih Mudah Diganggu Makhluk Halus

Orang dengan mata batin terbuka biasanya juga akan mudah diganggu makhluk halus. Konon katanya, setan dan jin mengetahui mana saja orang yang dibukakan mata batinnya. Mereka juga tertarik untuk mendekati orang tersebut hingga mengikuti ke mana pun pergi.

4. Mudah Dirasuki Makhluk Halus

Kekuatan fisik, mental dan iman sangat berpengaruh pada seseorang yang dibukakan mata batinnya. Apabila ketiganya belum cukup kuat, maka seseorang akan lebih mudah dirasuki makhluk halus.

Banyak kasus orang yang dibukakan mata batinnya rawan sekali mengalami kesurupan. Terutama saat melewti atau berada di tempat-tempat yang angker. Ini adalah efek samping yang tidak main-main. Sehingga kamu pelru berhati-hati jika ingin membuka mata batinmu.

5. Tak Bisa Ditutup Lagi

Jika sudah terbuka, mata batin jarang bisa ditutup lagi. Jikapun bisa, akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kembali seperti semula.

Inilah mengapa membuka mata batin hanya boleh dilakukan jika benar-benar dibutuhkan. Apabila hanya sekedar penasaran, maka sebaiknya tidak dilakukan.

Join Dream.co.id