5 Doa Masuk Rumah Baru Agar Senantiasa Terjaga dari Gangguan Setan

Stories | Minggu, 25 September 2022 23:23

Reporter : Arini Saadah

Agar rumah baru menjadi lebih berkah dan senantiasa dilindungi Tuhan, sebaiknya membaca doa masuk rumah baru berikut ini.

Dream - Memiliki rumah adalah impian banyak orang. Bisnis properti pun kini semakin banyak menyediakan berbagai pilihan rumah yang kekinian.

Menempati rumah baru merupakan momen yang membahagiakan bagi kebanyakan orang. Terbesit harapan bahwa rumah baru tersebut bisa bikin betah penghuninya dan membawa keberkahan.

Agar rumah baru menjadi lebih berkah dan senantiasa dilindungi Tuhan, sebaiknya membaca doa masuk rumah baru yang akan Dream bahas dalam artikel ini.

Membaca doa masuk rumah baru dan dzikir-dzikir bisa memberikan kebaikan kepada penghuninya. Doa masuk rumah baru ini bukan hanya dibaca oleh sang pemilik, tapi kerabat dan sahabat yang turut megunjungunginya.

Lantas bagaimana bacaan doa masuk rumah baru? Berikut ulasan selengkapnya.

5 Doa Masuk Rumah Baru Agar Senantiasa Terjaga dari Gangguan Setan
Ilustrasi Membaca Doa Masuk Rumah Baru. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah Baru Riwayat Abu Daud

Membaca doa masuk rumah baru bisa membuat hati seseorang menjadi lebih tentram. Hal ini lantaran merasa Allah Swt akan senantiasa menjaga dan melindungi setiap penghuni yang tinggal di dalamnya.

Saat hendak masuk maupun keluar rumah sebaiknya selalu membaca doa agar keberkahan dan keselamatan selalu meliputi keluarga. Salah satunya jika hendak memasuki rumah baru.

Doa masuk rumah baru berdasarkan hadist riwayat Abu Daud, jika Sahabat Dream menginginkan kebaikan atas rumah dan tempat tinggalnya dapat melantunkan doa berikut ini.

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud)

3 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah Baru Riwayat Imam Muslim

Selanjutnya terdapat bacaan doa masuk rumah riwayat Imam Muslim. Dijelaskan bahwa saat memasuki rumah baru dan membaca doa berikut ini, maka akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Rasulullah Saw bersabda, “ barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdoa: 'a’uudzu bikalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq', niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Berdasarkan hadis tersebut, berikut bacaan doa yang bisa kamu baca:

A’uudzu bikalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq.

Artinya:

“ Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

Doa tersebut juga bisa dibaca jika hendak menempati kontrakan atau kos baru yang akan ditempati dalam waktu lama.

4 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah Baru Riwayat Anas bin Malik

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Doa masuk rumah baru yang selanjutnya berdasarkan riwayat hadis Anas bin Malik. Doa ini dibaca dengan harapan agar semua anggota keluarga selalu dilindungi Allah Swt.

Masya Allah laa quwwata illa billah.

Artinya:

“ Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Itulah bacaan doa masuk rumah yang bisa kamu panjatkan. Selain itu, ketika menempati rumah atau tempat tinggal baru Rasulullah juga mensunnahkan kaum Muslim untuk membaca surat Al-Baqarah untuk menjaga rumah dari keburukan dan setan yang terkutuk. Rasulullah Saw bersabda bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan ayat Alquran akan menjadi seperti kuburan. Anjuran tersebut berdasarkan hadis berikut.

“ Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Baqarah”. (HR. Muslim)

5 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah agar Rezeki Melimpah

Saat memasuki rumah kita dianjurkan mengucapkan salam sebagai doa. Meskipun tidak ada orang di dalam rumah, kita tetap perlu melakukannya. Sebab, salam merupakan doa untuk keselamatan dan keberkahan. Tidak hanya bagi yang mendengar namun juga untuk yang mengucap.

Tak hanya itu, salam juga bisa menjadi sarana pembuka rezeki. Terlebih ketika salam diucapkan saat masuk rumah yang di dalamnya tidak ada orang sama sekali. Tentu kita semua ingin mendapatkan rezeki yang melimpah sekaligus berkah. Dengan rezeki, kita bisa lebih banyak berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Maka dari itu, bacalah doa masuk rumah berikut ini agar rezeki semakin melimpah atas izin Allah SWT.

Assalamu 'alaina min qibali rabbina

Artinya:

" Keselamatan bagi kami dari Tuhan kami."

6 dari 6 halaman

Doa Masuk Rumah Kosong Tak Terawat

Rumah menjadi tujuan untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Rumah menjadi tempat yang nyaman bagi pemiliknya untuk melepas penat.

Meskipun demikian, banyak rumah kosong ditinggalkan pemiliknya dengan berbagai alasan. Rumah yang ditinggalkan pemiliknya akhirnya terbengkalai dan tak terawat.

Ketika memasukinya, seringkali kita merasa merinding. Muncul rasa was-was, khawatir ada hal aneh di dalam rumah tersebut. Belum lagi jika masuk ke rumah tersebut. Kita harus meyakinkan diri agar bisa mengusir rasa takut.

Untuk menghilangkan rasa takut, selalu ingat Allah SWT dan bacalah doa masuk rumah tak terawat berikut ini:

Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahis sholihin.

Artinya:

" Keselamatan bagi kita semua dan hamba-hamba Allah yang baik prilakunya dan santun tutur katanya."

Demikian itulah bacaan doa masuk rumah.

Join Dream.co.id