25 Kata-Kata Sunda Bijak Penuh Makna, Jadi Suntikan Semangat Jalani Kehidupan

Your Story | Selasa, 28 Juni 2022 17:00

Reporter : Arini Saadah

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kata-kata Sunda bijak.

Dream - Indonesia terdiri dari beragam suku dan bahasa, salah satunya adalah Sunda. Banyak kata-kata bijak dalam Bahasa Sunda yang dijadikan pedoman untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kata-kata Sunda bijak perlu diketahui sebagai referensi untuk mencari suntikan semangat saat hidup terasa sangat keras. Kata-kata Sunda bijak bisa menjadi penghibur hati yang sedih karena suatu sebab, seperti kegagalan, patah hati, dan kehidupan yang kejam.

Sunda dikenal sebagai bahasa yang memiliki logat khas, yakni nada bergelombang. Banyak orang Sunda yang melafalkan huruf F menjadi P. Menurut penjelasan ilmiah, huruf F memang tidak dikenal dalam aksara Sunda (Kaganga) pada zaman dahulu.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kata-kata Sunda bijak. Mari kita simak kata-kata Sunda bijak berikut ini, yang bisa kamu jadikan penyemangat untuk diri sendiri maupun orang lain.

25 Kata-Kata Sunda Bijak Penuh Makna, Jadi Suntikan Semangat Jalani Kehidupan
Ilustrasi (Foto: Unsplash.com/Aziz Acharki)
2 dari 4 halaman

Kata-kata Sunda Bijak tentang Kehidupan

Kata-kata Sunda bijak tak kalah menarik perhatian. Sebab di dalamnya banyak tersirat makna yang mendalam tentang kehidupan. Berikut kumpulan kata-kata Sunda bijak yang bisa Sahabat Dream jadikan penyemangat dan renungan diri sendiri:

  1. " Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih)
  2. " Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang." (Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak mempunyai makanan sama sekali)
  3. " Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor." (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)
  4. " Dinten ieu mangrupikeun kasempetan pikeun ngawangun énjing anu anjeun pikahoyong." (Hari ini adalah kesempatanmu untuk membangun hari esok yang kamu inginkan)
  5. " Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)
  6. " Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja)
  7. " Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit)
  8. " Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng." (Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai daripada hal-hal yang abadi)
  9. " Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)
  10. " Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh." (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia)
3 dari 4 halaman

Kata-kata Sunda Bijak Penuh Makna

 Ilustrasi© Unsplash.com

Kata-kata Sunda bijak memiliki makna yang mendalam apabila diketahui maknanya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini Dream menyajikan kata-kata Sunda bijak lengkap dengan artinya agar kamu bisa belajar dari maknanya.

  1. " Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali." (Segala sesuatu memiliki keindahan, tetapi tidak semua orang bisa melihat)
  2. " Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!" (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup)
  3. " Gusti moal sare." (Tuhan tidak pernah tidur)
  4. " Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok." (Harus punya tekad dan semangat yang pantang mundur)
  5. " Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)
  6. " Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih." (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut)
  7. " Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana." (Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat seberapa kuat kalian bisa menahannya)
  8. " Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu)
  9. " Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing." (Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam)
  10. " Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah." (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah)
4 dari 4 halaman

Kata-Kata Sunda Bijak Jadi Suntikan Semangat

Seringkali kita merasa stres dengan masalah yang datang silih berganti. Kebosanan juga bisa menyebabkan stres yang mengganggu kesehatan mental. Maka dari itu kita perlu mencari motivasi hidup untuk membangkitkan kembali semangat yang hampir padam.

Membaca kata-kata bijak bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bahasa Indonesia dan Inggris, banyak kata-kata bijak dari bahasa daerah, salah satunya Bahasa Sunda.

Diketahui bahasa Sunda digunakan hampir di seluruh provinsi Jawa Barat. Dengan dialek dan intonasi yang khas, Bahasa Sunda memiliki daya tarik yang luar biasa. Kata-kata Sunda bijak juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi pembaca.

  1. " Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana." (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)
  2. " Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi." (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga)
  3. " Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya)
  4. " Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu).
  5. " Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan).

Itulah kumpulan kata-kata Sunda bijak yang bisa kamu baca dan renungkan maknanya. Dengan membaca kata-kata Sunda bijak, kita bisa mengambil pelajaran yang ada di dalamnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Join Dream.co.id