21 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius Ditemukan di Jakarta, Ada Juga Pasien Dewasa

News | Kamis, 12 Mei 2022 13:00

Reporter : Nabila Hanum

Selain anak-anak, ditemukan satu pasien dewasa

Dream - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, jumlah orang yang terjangkit hepatitis akut misterius mengalami penambahan. Saat ini, sudah ada 21 kasus hepatitis akut di Jakarta.

Bahkan, satu dari 21 kasus diduga terinfeksi hepatitis misterius adalah pasien dewasa. Padahal, sejak kemunculannya, hepatitis akut paling banyak diderita anak-anak.

" Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi," kata Riza, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 12 Mei 2022.

21 Kasus Diduga Hepatitis Akut Misterius Ditemukan di Jakarta, Ada Juga Pasien Dewasa
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Humas Pemprov DKI Jakarta)
2 dari 3 halaman

Riza mengingatkan warga Jakarta agar tidak abai dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Serta menjaga kebersihan makanan dan minuman sehari-hari.

Ia juga meminta orang-tua menjauhkan anak-anak sementara anak-anak dari tempat umum. Hal ini mengingat pasien yang rentan mengalami hepatitis akut adalah anak-anak.

" Ditunda dulu bermain di tempat-tempat umum, seperti kolam renang bersama, kegiatan anak-anak kan suka bermain di tempat-tempat indoor segala macam," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Bentuk Tim Khusus

Riza menjelaskan bahwa pihaknya membentuk tim khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut.

" Terkait satgas, juga sudah menjadi protokol tetap (protap) di pemprov pembentukan tim apakah itu satgas atau tim, apapun itu sudah menjadi ketentuan. Tidak semua harus diperintahkan pimpinan gubernur, wagub, sekda," ujar Riza.

Join Dream.co.id