17 Kata Mutiara Kemerdekaan untuk Sambut HUT RI, Tumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air

Stories | Selasa, 2 Agustus 2022 06:35

Reporter : Arini Saadah

Kata mutiara kemerdekaan untuk tumbuhkan cinta Tanah Air.

Dream – Kemerdekaan adalah pencapaian besar bagi suatu bangsa, termasuk Indonesia. Perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan cikal bakal gerakan rakyat untuk merebut kemerdekaan ini telah dirintis sejak puluhan tahun lamanya sebelum kemerdekaan.

Kemerdekaan pun dapat dimaknai dengan beragam sudut pandang. Bagi suatu negara, kemerdekaan merupakan meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara bagi seorang individu, kemerdekaan dapat dimaknai dengan adanya hak kendali atas hidup yang aman dan sejahtera.

Kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan proklamasi 17 Agustus 1945 ini menandakan awal mula ibu pertiwi mulai terbebas dari belenggu penjajahan. Sebab setelah itu, masih banyak perjuangan yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan. Terbukti dengan upaya penyerangan dari bangsa penjajah yang berkeinginan menguasai kembali wilayah Indonesia.

Kini, kita hidup di jaman yang sudah berkembang. Perjuangan kali ini bukan untuk mengusir penjajah, melainkan berjuang mendapatkan keadilan, kesejahteraan, dan keamanan. Hal ini senada denga pernyataan Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno bahwa, “ perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu lebih berat karena melawan bangsa sendiri.”

Agar lebih mendalam saat memaknai HUT Proklamasi, berikut Dream rangkum dari berbagai sumber tentang kata mutiara kemerdekaan untuk tumbuhkan cinta Tanah Air.

17 Kata Mutiara Kemerdekaan untuk Sambut HUT RI, Tumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air
Ilustrasi Bendera Merah Putih. (Foto: Pixabay/Andreas Danang Aprillianto)
2 dari 4 halaman

Kata Mutiara Kemerdekaan yang Menyentuh Hati

Berikut kata mutiara kemerdekaan yang menyentuh hati dan perasaan, bisa digunakan untuk inspirasi menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

  1. “ Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas.”
  2. “ Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan."
  3. “ Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”
  4. “ Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok dan selamanya. Perjuangan rakyat masih harus terus berlanjut. Kemerdekaan tanpa kerja keras untuk mengisinya hanyalah kosong belaka.
  5. “ Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Rakyat terbebas dari kemiskinan dan mendapat perlakuan sama di depan hukum. Dirgahayu Indonesiaku!"
3 dari 4 halaman

Kata Mutiara Kemerdekaan untuk Indonesia Tercinta

Kata mutiara kemerdekaan bukan hanya sekedar kata-kata, namun berisi makna mendalam tentang memaknai hari kemerdekaan. Berikut kumpulan kata mutiara kemerdekaan untuk Indonesia tercinta:

  1. “ Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Indonesiaku.”
  2. “ Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”
  3. “ Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.”
  4. “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
  5. “ Merdeka atau mati, Saudaraku! Mari kita bangkit bersama untuk membangun negeri tercinta."
4 dari 4 halaman

Kata Mutiara Kemerdekaan untuk Pengingat Diri

Berikut kumpulan kata Mutiara kemerdekaan untuk mengingatkan diri sendiri betapa besarnya perjuangan para pahlawan terdahulu. Sehingga kita harus meneruskannya dalam mengisi kemerdekaan ini.

  1. " Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit kalangan atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu mengubah nasib negerinya sendiri."
  2. " Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun ke lautan dalam. Seperti halnya jika menginginkan kemerdekaan dan kebebasan, kita harus memperjuangkannya sampai akhir hayat."
  3. " Merah Putih berkibar di dada, terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa. Dirgahayu Indonesiaku."
  4. " Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya sendiri menyebar ke sekitarnya."
  5. “ Hanya bangsa yang berani mengambil nasib di tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat. Dirgahayu Indonesiaku.”
  6. " Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian! Dirgahayu Indonesiaku."
  7. “ Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya.”

Demikian itulah kata mutiara kemerdekaan yang dapat Dream rangkum untuk membangkitkan semangat cinta Tanah Air dalam menyambut HUT RI. Sebaiknya kita mampu memaknai kemerdekaan ini dengan bijaksana dan hati yang bersih.

Join Dream.co.id