21 Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam, Jangan Sepelekan Pertanda Ini!

Stories | Senin, 3 Oktober 2022 08:20

Reporter : Reni Novita Sari

Apakah pertanda akan merasakan kehilangan?

Dream - Satu hal yang tak bisa diatur manusia saat tidur adalah cerita dalam mimpi yang akan dialaminya. Meski sebagian menganggapnya hanya bunga tidur, mimpi indah apalagi buruk bisa membebani pikiran orang yang mengalaminya. Apalagi jika sudah mengetahui arti mimpi mereka.

Mimpi indah pastinya akan membuat orang tersenyum sendiri saat terbangun dari tidurnya. Sementara mimpi buruk membawa mereka memikirkan hal-hal yang mencemaskan akan menimpanya. Namun ada pula yang bermimpi hal aneh seperti mimpi buang air besar.

Beberapa orang berpendapat jika mengalami mimpi yang terkesan jorok seperti bermimpi membuang air besar adalah sebuah firasat buruk. Seperti akan kehilangan dan sebagainya. Tentu hal ini membuat orang menjadi penasaran dan memastikan apa sesungguhnya arti dari mimpinya tersebut.

Meskipun belum ada ilmu pasti yang dapat membuktikan mimpi secara ilmiah, namun mengetahui beberapa arti mimpi dapat membawa perasaan lega tersendiri. Lantas apa sesungguh arti mimpi buang air besar itu? Simak ulasannya berikut ini!

21 Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam, Jangan Sepelekan Pertanda Ini!
Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam

 ilustrasi© Foto : Freepik

Pernahkah kamu bermimpi buang air besar saat sedang tidur? Tentu saja, hal ini menjadi pertanyaan bagi beberapa orang yang sering menghubung-hubungkan mimpinya dengan suatu kejadian tertentu. Lalu, apasih arti mimpi buang air besar menurut ulama Islam?

1. Arti Mimpi Buang Air Besar

Menurut Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam, yang dikutip dari laman Bincang Syariah, mimpi buang air besar itu menandakan dua hal. Pertama, orang yang mimpi itu sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. Kedua, orang yang mimpi itu pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya.

2. Arti Mimpi Buang Air Besar Berdasarkan Tempat

Di samping itu, Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga menafsirkan mimpi orang buang air besar di suatu tempat yang dikenal itu pertanda ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu. Bila mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal, itu pertanda ia akan menginfakkan harta yang haram.

 ilustrasi© Foto : Freepik

3. Arti Mimpi Buang Air Besar di Pakaian

Selain itu, orang yang mimpi buang air besar di pakaian itu pertanda ia akan melakukan perbuatan dosa. Tapi, bila mimpi buang hajat besar di kasur, itu pertanda ia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya.

4. Arti Mimpi Buang Air Besar di Tempat Umum

Bila seseorang bermimpi menunaikan hajat besar di tempat terbuka, kemudian kotorannya itu ia tutupi dengan debu, menurut Imam Abu Bakar itu pertanda ia akan menyimpan harta di suatu tempat.

 ilustrasi© Foto : Freepik

5. Arti Mimpi Memakan Kotoran

Di samping itu, Imam Abu Bakar juga mengartikan orang yang bermimpi memakan kotoran. Orang yang bermimpi seperti ini pertanda ia akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya ia sesali sendiri.

6. Arti Mimpi Buang Air Besar Berupa Hewan

Ada juga arti mimpi buang hajat, namun yang keluar bukanlah kotoran melainkan hewan, itu pertanda ia akan mendapatkan anak yang baik. Sementara itu, orang yang bermimpi menduduki kotoran itu pertanda ia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan warisan.

3 dari 6 halaman

Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Primbon Jawa

 ilustrasi© Foto : Shutterstock

1. Buang Air Besar di Hadapan Banyak Orang

Arti mimpi buang air besar di hadapan banyak orang bisa disebut sebagai peringatan bagi kamu untuk membuang sesuatu dalam hidupmu. Ketika buang air besar di hadapan banyak orang, tentunya kita merasa malu.Artinya, kamu harus menghapus sebuah perasaan sulit dan gelisah. Banyak juga yang percaya kalau mimpi ini berarti kamu sedang membuang-buang waktu dalam hidupmu dengan percuma.

2. Buang Air Besar Berwarna Aneh

Arti mimpi buang air besar dengan warna kotoran yang aneh bisa berarti baik dan buruk. Bila kamu memimpikan hal ini, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi masalah yang berhubungan dengan sanak keluarga. Kalau warna kotoran di mimpi terlihat kemerahan, artinya kamu harus lebih berhati-hati akan kesehatan keluarga.Tapi jika warnanya berubah menjadi kebiruan, maka artinya keluargamu akan mengalami kesusahan ekonomi. Dan bila warnanya pucat, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan keluarga baru, alias seseorang akan menikah atau mendapatkan anak.

3. Buang Air Besar di Tempat Tidur

Kamu yang sering mimpi buang air besar di tempat tidur, itu artinya kamu memendam banyak perasaan seksual. Coba pikir ulang, apakah kamu sudah mencukupi kebutuhan seksualmu jika tiba-tiba saja mimpi ini hadir di malam hari. Mimpi buang air besar di atas kasur pun dapat menandakan bahwa kamu akan mengalami gejolak percobaan di kehidupan percintaanmu.

4. Buang Air Besar Lewat Mulut

Wah, mendengarnya saja sudah menjijikkan, bayangkan bagaimana kalau kamu memimpikan kejadian seperti ini? Tapi ternyata ada banyak orang yang sering memimpikan kotoran yang keluar langsung dari mulut mereka. Menurut primbon Jawa, arti mimpi buang air besar lewat mulut adalah kesehatan yang tidak seimbang.

 ilustrasi© Foto : Shutterstock

5. Buang Air Besar di Mana-Mana

Mimpi ini bisa berarti bahwa kamu sedang ada di dalam hubungan yang tidak sehat, entah itu percintaan atau pertemanan. Menurut ilmu psikologi, memimpikan kotoran di mana-mana cenderung memunculkan perasaan tidak enak yang terpendam.

6. Buang Air Besar dalam Jumlah Banyak

Mimpi buang air besar dalam jumlah yang banyak berarti ada masalah yang akan datang. Menurut Kitab Primbon Jawa Serbaguna karangan R. Gunasasmita, 2009, ini merupakan tanda bahwa kamu akan melewati tahap kesulitan yang bertubi-tubi. Berhati-hati ya!

 ilustrasi© Foto : Shutterstock

7. Buang Air Besar Keluar Cacing

Sepertinya menyeramkan, ya? Tapi, kondisi ini tidak begitu menyeramkan jika hanya terjadi di dalam mimpi. Mimpi buang sir besar berisi cacing menandakan bahwa kita sudah terbebas dari beban dan masalah hidup. Logikanya, cacing-cacing yang keluar merupakan simbol keburukan pada tubuh kita.

8. Buang Air Besar di Tempat Umum

Bila kamu mengalami mimpi ini, berarti tandanya kamu akan membuang energi buruk dalam hidupmu. Bentuknya bisa berupa teman manipulatif, pasangan yang sudah tidak setia, atau sekedar energi negatif yang ada di tubuhmu.

4 dari 6 halaman

Arti Mimpi BerakMenurut Islam

Arti mimpi berak menurut Islam menjadi pertanyaan bagi beberapa orang. Berikut beberapa arti mimpi berak yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu selama ini.

Mengalami Ketakutan

Berdasarkan keterangan Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam, arti mimpi berak menandakan dua hal. Pertama adalah orang yang mimpi itu sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. Kedua adalah orang yang mimpi itu pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya.

Menginfakkan Harta yang Haram

Arti mimpi berak memang banyak sekali menurut pandangan tokoh Islam. Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga mengartikan tentang mimpi tersebut. Menurutnya jika seseorang mimpi berak di suatu tempat yang sudah familiar maka itu pertanda ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu.

Namun jika seseorang mimpi berak di tempat yang masih asing maka tandanya ia akan menginfakkan harta yang haram. Maka jika kamu ingin berinfak, maka dasarilah dengan rasa yang ikhlas dan gunakan harta yang halal.

5 dari 6 halaman

Akan Melakukan Dosa

Arti mimpi berak juga bisa dicari dari beberapa literatur. Orang yang mimpi berak di pakaian artinya pertanda akan melakukan perbuatan dosa. Namun jika mimpi berak di kasur maka tandanya ia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya.

Jika kamu mengalami mimpi ini, refleksikan perilaku dan hidupmu yang sekarang agar tafsiran mimpi tersebut tidak benar. Dan jadikan arti mimpi ini sebagai pengingat agar kamu tidak melakukan perbuatan dosa.

Perasaan Minder

Mimpi tentang berak sangatlah aneh dan unik. Kali ini ada mimpi berak di celana yang tak kalah bikin penasaran si pemimpinya. Mimpi berak di celana menandakan rasa rendah diri atau minder yang sedang dipendam oleh si pemimpinya. Sehingga ia kehilangan rasa percaya diri untuk mengejar impian dan tidak dapat mencapai sesuatu yang diinginkan.

Jika kamu mengalami mimpi berak di celana, maka kamu perlu melakukan instropeksi diri. Apakah benar sekarang kamu sedang minder? Jika iya, maka kamu perlu membangun kembali rasa percaya dirimu. Sebab rasa percaya diri itu penting untuk mengejar cita-cita dan mimpi yang kamu inginkan.

6 dari 6 halaman

Menyimpan Harta

Jikalau seseorang mimpi berak di tempat terbuka lalu kotorannya ia tutupi dengan debu, maka menurut Imam Abu Bakar hal itu pertanda ia akan menyimpan harta di suatu tempat.

Menyesali Perkataan Kotornya

Imam Abu Bakar juga menafsirkan orang yang bermimpi memakan kotoran. Orang yang bermimpi seperti ini pertanda ia akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya ia sesali sendiri.

Mungkin mimpi ini bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang menyesali perkataan kotor yang kamu ucapkan kepada oang lain. Selain itu, mungkin kamu juga merasa menyesal telah menyakiti orang lain dengan kata-kata kotor itu.

Akan Mendapatkan Anak yang Baik

Arti mimpi berak sangat banyak sekali jenisnya. Salah satunya jika kamu mimpi buang air besar namun yang keluar bukanlah kotoran melainkan hewan. Mimpi ini adalah suatu pertanda bahwa ia akan mendapatkan anak yang baik.

Sedangkan jika ada orang bermimpi menduduki kotoran itu maka pertanda ia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan harta warisan. Jika kamu mengalami mimpi tersebut maka patut bersyukur dan berterimakasihlah kepada Allah.

Join Dream.co.id