`Bila Ingin Kalahkan Jakarta, Tokyo dan Hangzhou Harus Lebih Kreatif`

Sport | Selasa, 4 September 2018 14:43
`Bila Ingin Kalahkan Jakarta, Tokyo dan Hangzhou Harus Lebih Kreatif`

Reporter : Idho Rahaldi

Indonesia dianggap berhasil menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Bahkan ada yang menyebut jika opening juga closing Asian Games 2018 adalah yang terbaik sejauh ini.

Dream - Sudah dua hari berlalu semenjak multi-event terbesar di Asia yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Asian Games 2018 berakhir.

Selama dua pekan, sejumlah media asing beramai-ramai menyoroti Indonesia selaku tuan rumah.

Hingga ditutup pada 2 September lalu, banyak media asing memberikan tinjauan positif terhadap Tanah Air.

Mulai dari prestasi Indonesia, pagelaran opening dan closing, hingga efisiensi dan efektifitas Jakarta, Palembang, serta kota-kota di sekitarnya selama bertindak sebagai tuan rumah.

Yup, Indonesia dianggap berhasil menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Bahkan ada yang menyebut jika opening juga closing Asian Games 2018 adalah yang terbaik sejauh ini. 

2 dari 2 halaman

Tanggapan Media Luar

Dream - " Tokyo dan Hangzhou, dalam empat tahun ke depan, perlu untuk menghadirkan sesuatu yang lebih kreatif dan artistik terbaik di dunia jika mereka ingin mengalahkan Jakarta 2018."

Kutipan di atas merupakan tulisan Nazvi Careem, jurnalis surat kabar ternama Hong Kong South China Morning Post (SCMP) dalam artikelnya yang berjudul 'Asian Games: Sun Yang, Jordan Clarkson and other world-class athletes help Indonesia stage the best Games ever'.

Tinjauan positif itu tentu membuat banyak netizen merasa bangga juga terharu atas pencapaian Indonesia, yang sedikit demi sedikit menjadi negeri yang diperhitungkan di dunia.

Asian Games 2018 merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah, setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962.

Tahun ini, Indonesia menorehkan sejarah di posisi keempat, dengan perolehan 98 medali yakni 31 emas, 24 perak, 43 perunggu.

China keluar sebagai juara umum dalam edisi ke-18 Asian Games, dengan total 289 medali (132 emas, 92 perak, 65 perunggu) --menjadi catatan positif tersendiri bagi negara yang akan menjadi tuan rumah pada 2022.

(ism, Sumber: scmp.com)

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id