Tips Aman Bersepeda di Era New Normal

Sport | Selasa, 16 Juni 2020 15:36
Tips Aman Bersepeda di Era New Normal

Reporter : Ulyaeni Maulida

Tetap ikuti protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

Dream – Wacana pembatasan pelat nomor ganjil genap untuk sepeda motor melahirkan tren baru di masyarakat ibukota. Sejak sepekan terakhir, banyak masyarakat berburu sepeda di sejumlah toko olahraga atau tempat khusus.

Selain untuk menyiasati penerapa ganjil genap, bersepeda juga membawa keuntungan lain karena menjadi alternatif olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Di wilayah perkotaan biasanya pemilik sepeda menggunakannya untuk pergi kantor. 

Tidak mengherankan jika gaya hidup bersepeda kini semakin banyak dijumpai. Selain itu, bersepeda juga dapat mengusir jenuh, setelah beberapa bulan berdiam dirumah. Dibanding harus mendatangi mal atau pusat perbelanjaan, bersepeda dapat menjadi alternatif yang lebih menyehatkan.

Namun, bersepeda juga harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika bersepeda, agar kamu tetap aman hingga sampai dirumah.

2 dari 6 halaman

Sebisa mungkin untuk bersepeda sendiri

 Bersepeda© Pexels.com

 

Bersepeda sendiri atau tidak berkelompok juga sebagai bentuk mengikuti aturan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak aman.

Dengan bersepeda sendiri dapat menghindari risiko bersentuhan dengan orang lain. Sehingga saat bersepeda akan terasa lebih aman.

Namun, jika kamu merasa jenuh bersepeda sendiri, kamu dapat mengajak salah satu anggota keluarga atau teman mu untuk ikut bersepeda. Dan jangan lupa, selalu terapkan jaga jarak aman.

3 dari 6 halaman

Tubuh harus dalam keadaan sehat

 Bersepeda© Pixabay.com

 

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengingat bahwa penyebaran virus covid-19 sangat rentan pada orang yang memiliki imun rendah.

Untuk itu, selalu pastikan kamu dalam kondisi yang sehat. Jangan memaksakan diri bersepeda jika tubuh terasa sakit.

Meskipun tujuan bersepeda adalah agar tubuh tetap sehat, namun akan berakibat buruk jika dilakukan dengan kondisi tubuh yang tidak prima.

4 dari 6 halaman

Gunakan masker yang nyaman

 Masker© Pixabay.com

 

Ini adalah salah satu barang wajib yang harus kamu gunakan saat bersepeda. Meskipun terasa kurang nyaman karena oksigen yang dihirup terbatas, namun kamu harus tetap menggunakan masker. Untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dari orang-orang disekitarmu.

Yang perlu diperhatikan adalah gunakan masker yang nyaman. Sehingga saat bernapas, tidak akan membuat kamu merasa terganggu.

Jangan gunakan masker terlalu ketat, karena akan menghambat proses pernapasan. Namun jangan juga gunakan masker terlalu longgar. Karena bisa saja virus masuk melalui celah yang longgar tersebut.

5 dari 6 halaman

Selalu patuhi rambu lalu lintas

 Rambu Sepeda© Pexels.com

 

Saat bersepeda dijalan, selalu ingat untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan beranggapan bahwa bersepeda dapat melalui jalanan tanpa peraturan.

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas akan membantumu merasa lebih aman saat bersepeda. Selain itu, kamu dapat menggunakan jalur khusus sepeda yang telah disedikan. Agar perjalananmu lebih aman.

6 dari 6 halaman

Jangan bersepeda secara berlebihan

 Bersepeda© Pixabay.com

 

Bersepeda memang semakin banyak diminati. Terutama sebagai penambah daya tahan tubuh ditengah pandemi ini. Tetapi bersepeda secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Karena justru membuat kamu merasa kelelahan yang berkepanjangan.

Untuk itu bersepedalah dengan waktu yang normal. Seperti 30-60 menit dalam sehari. Selain itu, sebisa mungkin untuk menghindari tempat yang ramai. Dan mencari tempat yang sejuk atau dipenuhi oleh pepohonan.

Join Dream.co.id