Telepon Atlet Parabadminton Peraih Emas, Jokowi Geleng-Geleng Kepala

Sport | Senin, 6 September 2021 13:36

Reporter : Ahmad Baiquni

Indonesia mencetak sejarah dengan dua emas setelah 41 tahun lamanya tak meraih medali di Paralimpiade.

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan kebanggaan kepada para atlet parabadminton Indonesia yang telah berhasil meraih emas di Paralimpiade Tokyo 2021. Melalui telepon video, Jokowi menyatakan prestasi para atlet sungguh mengembirakan.

" Sangat membanggakan kita semuanya, setelah 41 tahun kita bisa kembali meraih medali emas di Paralimpiade dan langsung dua emas," ujar Jokowi, kemudian geleng-geleng kepala, disiarkan Sekretariat Presiden.

Indonesia meraih dua emas di cabor parabadminton. Emas pertama disumbangkan Leani Riska Oktila/Khalimatus Sadiyah di nomor Ganda Putri dan emas ke dua dipersembahkan Leani/Hary Susanto di nomor Ganda Campuran.

" Saya tidak bisa banyak komentar, ini luar biasa sekali penampilan baik yang kemarin ganda putri kemarin dan hari ini ganda campuran, luar biasa," kata dia.

Telepon Atlet Parabadminton Peraih Emas, Jokowi Geleng-Geleng Kepala
Presiden Joko Widodo Menelepon Tim Parabadminton Di Paralimpiade Tokyo 2020 (Sekretariat Presiden)
2 dari 6 halaman

Rasa Takut Jokowi Berubah Jadi Bangga

Jokowi mengaku sempat khawatir oleh permainan Leani/Khalimatus. Sebab, pasangan ini sempat tertinggal poin dari lawan.

" Tapi, Ratri (Leani) dan Khalim bisa bangkit mengejar dan juara," kata Jokowi sembari mengacungkan jempol.

Jokowi juga memuji permainan Leani dan Hary. Meski sempat tertinggal poin, keduanya bisa mengakhiri permainan dengan kemenangan untuk Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan terima kasih atas prestasi yang ditorehkan para atlet parabadminton.

" Saya tunggu di Istana ya," kata Jokowi.

3 dari 6 halaman

Leani/Hary Jadi Juara Ganda Campuran Parabadminton, Emas Kedua Untuk Indonesia

Dream - Ganda Campuran Indonesia, Leani Ratri Oktila/Hary Susanto, berhasil menduduki podium 1 cabang parabadminton di Paralimpiade Tokyo 2021. Pasangan ini menyumbangkan emas kedua bagi Indonesia.

Leani/Hary berhasil mengalahkan pasangan Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel di nomor Ganda Campuran SL3-SU5. Dua atlet kebanggaan Indonesia ini menghentikan perlawanan pasangan Prancis dengan skor akhir 23-22, 21-17.

Di awal laga, pasangan Indonesia sedikit keteteran. Sebab, Leani harus memulihkan kondisi setelah berjuang keras di nomor Tunggal Putri SL4.

Leani/Hary sempat tertinggal namun berhasil menyamakan skor 16-16 di set pertama. Ganda Campuran Indonesia ini kemudian mampu membalikkan keunggulan dengan skor 19-17.

 

4 dari 6 halaman

Bersaing Ketat, Sama-sama Menekan

Leani/Hary terus memimpin hingga game point set pertama. Sayangnya, pasangan Prancis mampu mengimbangi poin atlet Indonesia sehingga permainan harus berlanjut ke setting point.

Malah, Mazur/Noel sempat unggul di game point. Meski demikian, Leani/Hary tetap bermain tenang hingga keduanya menutup dengan kemenangan untuk Indonesia.

Permainan di set kedua berlangsung sangat sengit. Dua tim sama-sama memberikan tekanan.

Poin yang didapat masing-masing tim terus bersaing. Namun, saat poin 11-8 untuk Indonesia, Leani/Hary berhasil memimpin permainan.

Keunggulan poin tersebut mampu dipertahankan Leani/Hary. Sampai akhirnya, Ganda Campuran ini menutup permainan dengan skor puncak 21-17 dan mempersembahkan emas untuk Indonesia.

5 dari 6 halaman

Leani/Khalimatus Sumbang Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Jokowi: Selamat

Dream - Ganda Putri Parabadminton, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah, membuat bangga Indonesia. Pasangan atlet difabel ini menyumbangkan emas untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020.

Atas prestasi tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Leani/Khalimatus. Dia memuji perjuangan keras yang telah diberikan dua atlet difabel kebanggaan Indonesia tersebut.

" Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah," tulis Jokowi di Instagram.

Medali yang dipersembahkan Leani dan Khalimatus adalah emas pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Sekaligus emas pertama dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Paralimpiade.

" Medali emas Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo akhirnya datang juga. Perjuangan srikandi Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah yang tampil di nomor ganda putri SL3-SU5, membuahkan hasil maksimal setelah menang atas wakil China di laga final di Yoyogi National Stadium, Tokyo," tulis Jokowi.

 

6 dari 6 halaman

Indonesia Juga Dapat Perak Berkat Dheva

Selain kepada Leani dan Khalimatus, Jokowi juga memberikan ucapan selamat keapda Dheva Anrimusthi. Atlet Parabadminton Tunggal Putra ini telah menyumbangkan medali perak untuk Indonesia.

"Indonesia menambah satu medali perak dari ajang Paralimpade Tokyo melalui pebulutangkis Dheva Anrimusthi yang turun di nomor tunggal putra standing upper 5. Selamat, Dheva," kata Jokowi.

Capaian para atlet difabel dalam Paralimpiade Tokyo 2020 membuat bangga Indonesia. Meski memiliki fisik tak sempurna, mereka selalu berusaha menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga Tanah Air.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia telah meraih beberapa medali dari sejumlah cabang olahraga. Total raihan yang telah disumbangkan para atlet difabel mencapai delapan medali dengan rincian 1 emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Join Dream.co.id