Jokowi ke Timnas Indonesia: Meski Belum Menang, Saya Tetap Bangga

Sport | Minggu, 2 Januari 2022 11:27

Reporter : Ahmad Baiquni

Timnas berjuang dengan gigih dan sportif.

Dream - Timnas Sepakbola Indonesia telah berjuang keras melawan Thailand di leg 2 Final Piala AFF 2020 tadi malam. Meski akhirnya Squad Garuda harus menjadi runner up, permainan mereka tetap patut mendapat acungan jempol.

Presiden Joko Widodo turut menyaksikan pertandingan yang berlangsung di National Stadium of Singapore. Jokowi menyatakan Timnas sudah menunjukkan perjuangan yang gigih dan sportif.

"Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua," ujar Jokowi di Instagram.

Jokowi pun mengucapkan selamat kepada Timnas Thailand. Thailand unggul 4 poin dari Indonesia.

"Selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020 malam ini," kata Jokowi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Timnas Indonesia sempat dikalahkan Thailand di leg 1 Final Piala AFF 2020 yang berlangsung Rabu, 29 Desember 2021. Thailand mampu menjebol gawang Indonesia 4 kali, sehingga pertandingan ditutup dengan skor 4-0 untuk Thailand.

Pada leg 2, mental Squad Garuda mulai bangkit. Permainan Timnas Indonesia mampu menahan Thailand dengan skor 2-2 hingga menit terakhir.

Jokowi ke Timnas Indonesia: Meski Belum Menang, Saya Tetap Bangga
Presiden Joko Widodo
2 dari 3 halaman

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Indonesia Juara Piala AFF 2020, 2 Hal Ini Harus Diperbaiki

Dream - Leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia Vs Thailand bakal berlangsung hari ini, Rabu 29 Desember 2021. Penggemar bola tentu sudah tak sabar menyaksikan pertandingan nanti malam, termasuk Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin. 

Meskipun enggan memprediksi skor pertandingan nanti malam, Kiai Ma'ruf berharap Timnas Indonesia bisa memenangi Piala AFF 2020. Ia akan menonton pertandingan final di kediamannya.

“ Saya tidak memprediksi tapi saya ya berharap pastinya Indonesia menang. Skornya kita lihat nanti sajalah,” ujar Kiai Ma’ruf seraya tertawa, saat ditemui di acara kunjungannya ke PT Paragon, Cikupa, Tangerang, Banten, Rabu 29 Desember 2021.

Ma’ruf mengakui bahwa dirinya mengikuti pertandingan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Bahkan pada saat semifinal Indonesia melawan Singapura, Kiai Ma’ruf menonton bersama para pengawal di kediamannya. Ia juga memerhatikan teknik permainan Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

“ Yang jelas waktu itu saya nonton semifinal sama pengawal-pengawal. Saya ikuti dan lihat dari segi teknik permainan bagus sekali teknik menyerang dan bertahannya,” jelas Ma’ruf.

Timnas Indonesia yang melawan Singapura, lebih dulu melakoni pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 pada Rabu, 22 Desember 2021.

Bertanding di Stadion Nasional Singapura, Timnas Garuda berhasil menumbangkan Singapura dengan agregat 5-3.

Pada leg pertama, Indonesia sempat mendapat perlawanan yang sengit setelah berhasil ditahan imbang 1-1. Namun akhirnya Tim Merah Putih mampu mengembalikan keadaan usai menang dengan skor akhir 4-2.

Namun menurut Ma’ruf masih ada dua hal yang perlu dibenahi dari Timnas Indonesia, yakni stamina dan kecepatan lari dari para pemain.

“ Memang ada dua hal yang perlu dibenahi yaitu staminanya harus diperkuat. Yang kedua kecepatan lari saya kira itu dua hal yang harus dibenahi,” ujarnya.

Join Dream.co.id