Ini Penyebab Meninggalnya Markis Kido

Sport | Senin, 14 Juni 2021 21:34

Reporter : Ahmad Baiquni

Markis disebut meninggal akibat serangan jantung.

Dream - Atlet bulu tangkis legendaris, Markis Kido, meninggal pada Senin, 14 Juni 2021. Meninggalnya Markis cukup mengagetkan lantaran terjadi secara tiba-tiba.

Veteran bulu tangkis Indonesia, Yuni Kartika, sempat menyebarkan kabar itu lewat media sosial. Saat dihubungi, dia menjelaskan penyebab kematian Markis.

" Serangan jantung," ujar Yuni, dikutip dari Liputan6.com.

Markis adalah juara dunia bulu tangkis kategori ganda putra bersama Hendra Kurniawan. Pasangan ini menjuarai World Championship pada 2007 dan menyumbang emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade Beijing 2008.

Ini Penyebab Meninggalnya Markis Kido
(Foto: Twitter @INABadminton)
2 dari 5 halaman

Rekam Jejak Markis Kido Harumkan Nama Bangsa di Dunia Bulutangkis

Dream - Duka kembali menyapa dunia olahraga Indonesia. Legenda bulu tangkis Markis Kido meninggal dunia pada Senin, 14 Juni 2021.

Diduga, Markis meninggal akibat serangan jantung. Dia sempat bermain bulu tangkis beberapa saat sebelum meninggal.

Markis pernah menjadi andalan Indonesia di ajang bulu tangkis. Dia menorehkan banyak sekali prestasi dan mengharumkan nama bangsa lewat olahraga.

Eks atlet kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1984 bersama pasangan ganda putra Hendra Setiawan menduduki peringkat pertama dunia. Pasangan ini menjadi andalan Indonesia selepas Chandra Wijaya-Sigit Budiarto pensiun serta pamor Luluk Hadianto-Alvent Yulianto Chandra meredup.

Gelar juara dunia diraih Markis bersama Hendra untuk pertama kali pada 2007. Setahun kemudian, Markis menyumbang medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 di sektor ganda putra bulu tangkis.

 

3 dari 5 halaman

Juara Sejak 2005

Pasangan ini mulai rajin meraih juara 1 di sejumlah kejuaraan pada 2005, tepatnya pada ajang Djarum Indonesia Open. Karir Markis bersama Hendra pun mulai menanjak dengan menjuarai sejumlah pertandingan bergengsi.

Markis dan Hendra menjadi juara 1 di Hongkong Open 2006. Kemudian berdiri di podium pertama World Championship 2007.

Pada 2008, keduanya juga menyabet emas di ajang Malaysia Open. Di tahun yang sama, Markis dan Hendra mengibarkan Merah Putih pada ajang Olimpiade di Beijing.

Markis dan Hendra sempat keluar Pelatnas pada 2009 akibat ketidakcocokan pengelolaan. Meski demikian, keduanya terus berkarir dan pada 2012 meraih juara di Singapore Open.

(Dari berbagai sumber)

4 dari 5 halaman

Innalillahi, Legenda Bulu Tangkis Markis Kido Meninggal Dunia

Dream - Kabar duka datang dari dunia bulu tangkis Indonesia. Legenda ganda putra Indonesia, Markis Kido meninggal dunia, Senin 14 Juni 2021.

Berita duka itu disampaikan oleh akun Twitter resmi humas dan media, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

" Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia, peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido," cuit @INABadminton.

Mereka juga mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Soal penyebab meninggalnya Markis Kido di usia 36 tahun, diduga karena serangan jantung.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Markis Kido

Markis Kido lahir di Jakarta, 11 Agustus 1984 salah satu pemain bulu tangkis Indonesia yang terkenal kuat di nomor ganda putra.

Saat ini ia berpasangan dengan Hendra Setiawan dan menduduki peringkat pertama dunia IBF untuk ganda putra.Mereka adalah pasangan andalan Indonesia setelah pensiunnya pasangan Chandra Wijaya/Sigit Budiarto dan meredupnya pasangan Luluk Hadianto/Alvent Yulianto Chandra.

Markis Kido bersama pasangannya Hendra Setiawan berhasil meraih Juara dunia tahun 2007 dan meraih medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008 untuk cabang bulu tangkis ganda putra. Selamat jalan Kido!

Join Dream.co.id