Umumkan Bonus Peraih Medali Paralimpiade 2020, Jokowi: Buat Pelatih Biar Menpora

Sport | Jumat, 17 September 2021 15:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Jokowi meminta para atlet bersiap jelang Paralimpiade Prancis 2024.

Dream - Presiden Joko Widodo menyambut para atlet peraih medali Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jumat, 17 September 2021. Bangga atas prestasi seluruh tim, presiden juga menyerahkan bonus kepada para peraih medali yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga dunia. 

" Jangan lalai untuk mempersiapkan diri, ingat Paralimpiade di Prancis tinggal tiga tahun lagi, karena 2024, dan kita harapkan di Paralimpiade 2024 nanti kita bisa meraih medali dan prestasi yang lebih tinggi lagi," ujar Jokowi, disiarkan Sekretariat Presiden.

Jokowi gembira dengan capaian para atlet difabel Indonesia. Capaian tersebut merupakan lompatan dalam sejarah olahraga penyandang disabilitas Tanah Air.

" Perolehan medali dibandingkan dengan paralimpiade sebelumnya sebuah lompatan," kata dia.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan terima kasih atas sumbangsih dua medali emas dari cabang olahraga parabadminton. Itu menjadi kebanggaan tidak hanya pada Jokowi namun seluruh rakyat Indonesia.

" Ini adalah sebuah lompatan dan saudara-saudara mampu membuktikan bisa dan mampu bersaing dan selamat juga untuk para juara yang sudah mempersembahkan baik medali perak maupun perunggu," kata Jokowi.

Umumkan Bonus Peraih Medali Paralimpiade 2020, Jokowi: Buat Pelatih Biar Menpora
Presiden Joko Widodo Menyambut Para Atlet Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 (Sekretariat Presiden)
2 dari 5 halaman

Bonus Miliaran Untuk Para Atlet

Atas capaian tersebut, Jokowi menyatakan Pemerintah telah menyiapkan bonus sebagai apresiasi. Bonus diberikan mulai dari atlet peraih medali maupun non-peraih medali.

" Pemerintah memberikan penghargaan, apresiasi, berupa bonus Rp5,5 miliar kepada peraih emas, Rp2,5 miliar peraih medali perak, Rp1,5 miliar medali perunggu dan bonus juga diberikan kepada para atlet non-peraih medali," ucap dia.

Bahkan pelatih juga menerima bonus. Tetapi, Jokowi tidak menyebut nominalnya.

" Serta pelatihnya tetapi jumlah saya tidak sebutkan di sini, ada yang membisiki biar Pak Menpora," kata Jokowi.

 

3 dari 5 halaman

Berharap Jadi Inspirasi

Lebih lanjut, Jokowi berharap prestasi yang ditorehkan para atlet menjadi inspirasi. Sehingga ke depan semakin banyak prestasi yang dipersembahkan generasi muda untuk Bangsa dan Negara.

" Semoga prestasi ini menjadi inspirasi kita semuanya, bagi para atlet maupun masyarakat Indonesia agar terus memberikan prestasi untuk Bangsa dan untuk Negara," ucap dia.

Dalam Paralimpiade Tokyo 2020, kontingen Indonesia berhasil meraih 9 medali dengan rincian 2 emas, 3 perak, 4 perunggu. Capaian ini melampaui target yang ditetapkan ketika kontingen berangkat yaitu meraih medali.

© Dream
4 dari 5 halaman

Telepon Atlet Parabadminton Peraih Emas, Jokowi Geleng-Geleng Kepala

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan kebanggaan kepada para atlet parabadminton Indonesia yang telah berhasil meraih emas di Paralimpiade Tokyo 2021. Melalui telepon video, Jokowi menyatakan prestasi para atlet sungguh mengembirakan.

" Sangat membanggakan kita semuanya, setelah 41 tahun kita bisa kembali meraih medali emas di Paralimpiade dan langsung dua emas," ujar Jokowi, kemudian geleng-geleng kepala, disiarkan Sekretariat Presiden.

Indonesia meraih dua emas di cabor parabadminton. Emas pertama disumbangkan Leani Riska Oktila/Khalimatus Sadiyah di nomor Ganda Putri dan emas ke dua dipersembahkan Leani/Hary Susanto di nomor Ganda Campuran.

" Saya tidak bisa banyak komentar, ini luar biasa sekali penampilan baik yang kemarin ganda putri kemarin dan hari ini ganda campuran, luar biasa," kata dia.

5 dari 5 halaman

Rasa Takut Jokowi Berubah Jadi Bangga

Jokowi mengaku sempat khawatir oleh permainan Leani/Khalimatus. Sebab, pasangan ini sempat tertinggal poin dari lawan.

" Tapi, Ratri (Leani) dan Khalim bisa bangkit mengejar dan juara," kata Jokowi sembari mengacungkan jempol.

Jokowi juga memuji permainan Leani dan Hary. Meski sempat tertinggal poin, keduanya bisa mengakhiri permainan dengan kemenangan untuk Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan terima kasih atas prestasi yang ditorehkan para atlet parabadminton.

" Saya tunggu di Istana ya," kata Jokowi.

© Dream
Join Dream.co.id