Begini Cara Membesarkan Otot Lengan yang Aman dan Efektif

Sport | Senin, 8 Juli 2019 17:48
Begini Cara Membesarkan Otot Lengan yang Aman dan Efektif

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Ukuran lengan yang besar, dada yang bidang, otot perut yang pria, jadi tubuh idaman banyak orang. Intip cara mendapatkan otot tubuh ya bagus berikut ini.

Dream - Melakukan olahraga rutin, gym, dan berbagai latihan tubuh yang lain biasa dilakukan orang untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Namun, bagi sebagian orang, melakukan hal-hal tersebut dilakukan untuk membentuk tubuh yang diinginkan.

Membentuk tubuh, bukan hanya soal menaikkan berat badan atau menurunkannya. Program ini juga erat kaitannya dengan masa otot yang dimiliki tubuh.

Seperti Deddy Corbuzier yang melakukan diet OCD dan rutin melakukan gym untuk memperoleh bentuk tubuh yang ia inginkan.

Diet dan rutin melakukan latihan olah tubuh seperti gym, aerobic, dan latihan-latihan lain, terbukti mampu meningkatkan masa otot.

Cara tersebut juga bisa dilakukan untuk membesarkan otot lengan, salah satunya dengan meningkatkan ukuran bisep dan trisep.

Dilansir dari laman Strong  Lifts, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara membesarkan otot lengan. Hal-hal yang harus diperhatikan ialah hal yang wajar kita lakukan ketika melatih tubu, namun sebenarnya hal tersebut beresiko.

2 dari 6 halaman

Jangan Lakukan Hal-hal Ini

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pemula latihan adalah melakukan biceps curl terus menerus sebagai upaya untuk membesarkan ekstensi triseps.

Namun, hal tersebut tidak akan efektif bagi pemula. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

- Curls dan Extensions

Untuk pemula, dua latihan ini sebaiknya jangan buru-buru dilakukan. Utamakan melakukan squad dan deadlifts untuk membangun otot secara keseluruhan dan bertahap.

- Terlalu Banyak Mengangkat Beban

Kadang di awal, banyak yang bersemangat latihan tanpa peduli waktu dan beban yang diangkat. Hal ini harus dicegah karena akan membuat otot kelelahan dan kaget.

- Mengabaikan Otot Bagian Lain

Melakukan latihan otot secara merata wajib dilakukan dan jangan hanya fokus pada satu bagian saja, karena anak membuat proporsi tubuh menjadi aneh.

- Diet Ketat

Untuk memperoleh bentuk tubuh dan cara membesarkan otot lengan, banyak nutrisi yang harus dikonsumsi sehingga diet ketat hanya akan membuat tubuh menderita.

3 dari 6 halaman

Membesarkan Otot Lengan dengan Makan dan Istirahat

Hal pertama yang harus diketahui tentang cara membesarkan otot lengan adalah, berat badan yang terlalu kurus tidak akan menghasilkan otot lengan yang besar. Sehingga untuk membesarkan otot lengan akan sulit untuk terwujud.

Cara membesarkan otot lengan yang pertama adalah makan yang lebih. Tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk dibakar menambah berat badan. Pria membutuhkan setidaknya 3300 kkal per hari, namun untuk pria kurus membutuhkan kalori lebih dari itu.

 Makanan

Mulailah makan 4 kali sehari, dan buat tubuh menjadi kenyang dan kuat. Dengan tubuh yang kuat, maka latihan otot dan olah tubuh lainnya akan terasa mudah.

Setelah makan yang lebih dari biasanya, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan untuk memperbesar otot lengan. Otot memerlukan istirahat, baik sebelum memulai latihan atau sesudahnya. Dalam keadaan istirahat, otot akan membesar secara alami.

4 dari 6 halaman

Cara Membesarkan Otot Lengan dengan Latihan

Puas dengan makan yang lebih dan istirahat yang cukup, tentu harus dibarengi dengan proses membakar lemak dengan melakukan olah tubuh dan latihan otot yang rutin. Caranya yaitu dengan:

 Barbells


- Menambah beban latihan

Kekuatan menjadi tolak ukur untuk membesarkan otot lengan. Jangan berpuas diri dengan latihan yang itu-itu saja, tingkatkan level latihan dalam waktu yang berkala. Naikkan Squat menjadi 140 kg/ 300 lb, dan tingkatkan level latihan yang lain. Karena hal ini bisa meningkatkan masa otot.

- Melakukan pengukuran progress

Setelah sibuk melakukan penambahan berat badan untuk mendapatkan otot lengan yang besar, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan progress setiap dua pekan sekali.

- Hindari Curls

Meningkatkan latihan squat dan deadlift akan membuat otot lengan membesar lebih cepat dibandingkan dengan curls bisep dan ekstensi trisep.

5 dari 6 halaman

Lakukan Strong-Lifts 5x5

Cara membesarkan otot lengan selanjutnya adalah dengan lakukan 5x5, yang bertujuan untuk menambah masa otot bisep, trisep dan lengan bagian atas. Fokus pelatihan ini adalah pada latihan lengan.

Tiga area ini bisa ditingkatkan masanya dengan cara-cara berikut ini:
-    Bisep, cara untuk membesarkan otot lengan bagian ini adalah dengan barbell row. Dengan melakukan latihan ini, akan membuat otot lebih bekerja efektif.
-    Trisep, cara untuk membesarkan otot lengan satu ini adalah dengan bench press dan overhead press.
-    Lengan bagian atas, untuk bagian ini latihan yang cocok adalah deadlift dengan menghindari straps.

Buat penjadwalan seperti, squat 5x5, bench press 5x5, barbell row 5x5, dan dips 5x5, secara rutin. Melakukan latihan seperti ini dengan pejadwalan 3 kali latihan dalam satu pekan, akan berbuah manis.

6 dari 6 halaman

Pertumbuhan Lengan

 Latihan Otot

Setelah melakukan berbagai cara membesarkan otot lengan di atas, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pertumbuhan otot lengan. Hitung perkembangan lengan mulai dari awal hingga selesai melakukan latihan.

Tulis dan lihat perkembangan yang dialami. Apabila otot lengan tidak kunjung bertambah, ubah pola latihan, atau lakukan konsultasi pada ahli olah tubuh.

Selamat mencoba!

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id