Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Memulai Hidup Sehat

4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Memulai Hidup Sehat Ilustrasi : Shutterstock

Dream - Menjalani pola hidup sehat di zaman serba praktis seperti saat ini memang sangat penting dilakukan. Berbagai godaan mulai dari makanan tak sehat atau ponsel yang membuat mager membuat orang lupa untuk menjaga kesehatannya.

Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan setiap hari mungkin tidak bisa kamu rasakan segera. Namun di jangka panjang, kesehatan kamu mulai menurun akibat pola hidup di masa lalu itu.

Memang mengubah kebiasaan bukan perkara mudah. Namun, jika didasari niat untuk menjalani cara pola hidup sehat, pengorbanan apapun akan dijalani.

Nah, kali ini Dream sajikan empat hal yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat seperti dilansir dari Shopee.

Yuk, awali tahun baru dengan wujudkan resolusi hidup sehat...

Menjalani Diet Sehat

Tidak selamanya diet dijalani dengan membatasi porsi makan dan menentukan waktu yanh tepat untuk mengonsumsinya.

Kamu bisa memulai diet sehat dengan memilih makanan yang tepat dan bernutrisi. Konsumsi makanan bervariasi dan bergizi seimbang.

Kurangi asupan gula dan ganti minuman berperisa buatan dengan jus buah. Ganti camilan dengan buah, kacang-kacangan atau sayur.

"Paling simple memerhatikan 3 hal, timing, porsi dan cara pengolahan. Jam makan teratur, porsi secukupnya supaya tidak jadi lemak dan jangan banyak mengonsumsi makanan berminyak," ujar Irfan Muharam, Owner & Founder Bodyfit di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 29 Januari 2020.

Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan 2 jam sekali dalam porsi kecil agar metabolisme lebih teratur.

Rajin Berolahraga

Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, berseoeda atau berenang. Jangan lupa melakukan stretching selama 10 menit.

Lakukan bodyweight training jika malas bepergian keluar rumah atau tidak memiliki waktu yang banyak. Kamu juga bisa membuat program selama beberapa waktu untuk menambah intensitas olahraga dan melatih rutinitas.

Miliki tujuan agar lebih termotivasi dan temukan jenis olahraga yang cocok untukmu maupun keseharianmu. Berolahraga di pagi hari dan jangan lupa mengonsumsi makanan sehat 1-2 jam sebelumnya agar lebih optimal.

Istirahat yang Cukup

Walaupun tubuh harus selalu aktif, tapi kamu juga tifak boleh melupakan waktu istirahat. Istirahatkan tubuh dengan tidur selama 7-8 jam sehari. Jika sulit tidur, jauhkan gadget atau jalani pola hidup teratur.

4. Sarapan

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat, mulai dari memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas hingga meningkatkan fokus. Kebiasaan ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan memperbaiki suasana hati.

Jurus AntiMalas, Begini Trik Olahraga dengan Konsisten

Dream - Rajin olahraga bukan merupakan kebiasaan yang mudah dibangun. Bagi pemula mungkin merasa bersemangat di awal mencoba, biasanya hal ini tak bertahan lama.

Sikap konsisten berolahrga memang jadi tantangan utama. Banyak juga yang mengawali olahraga dengan ekspektasi terlalu tinggi. Saat tidak tercapai, hal ini bisa mematahkan semangat dan membuat kita kapok berolahraga.

" Lebih dari setengah orang yang memulai olahraga karena ingin kurus dan cantik. Mereka set body goals terlalu tinggi. Mereka jadi bosan dan tidak enjoy dengan prosesnya," ujar Adit Lubis, Owner dan Sports Advisor Alder Fitness Boutique di acara Youvit Fit Day, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Menurut Adit, pemula sebaiknya menentukan tipe olahraga yang tepat dengan kebutuhan dan kondisi fisik. Olahraga terdiri dari beberapa aspek antara lain strength (kekuatan), flexibility (fleksibilitas), agility (kelincahan) dan endurance (daya tahan).

Penuhi Semua Aspek

Sahabat Dream dapat memulai olahraga dari salah satu aspek terlebih dahulu. Misalnya angkat beban untuk melatih kekuatan otot. Kemudian coba jenis olahraga dengan fungsi lain agar kebutuhan fisik seluruhnya terpenuhi. Trik ini juga mencegah seseorang cepat bosan berolahraga.

 Kesalahan dalam Melakukan Plank yang Sering Dilakukan

" Explore and try, kita baru bisa nemu yang cocok ketika sudah mencoba. Atau bisa juga dipecah-pecah, dari arm workout, diikuti dengan olahraga strength dan cardio. Setiap workout fungsinya berbeda-beda," kata Adit.

Jika berolahraga di pusat kebugaran, pastikan untuk memilih kelas sesuai dengan kemampuan tubuh. Kelas-kelas tersebut biasanya disertai dengan pemandu khusus.

" Trainer akan memandu programnya seperti apa. Nanti pasti ditanya siapa yang masih pemula dan mana yang sudah pernah agar tidak cidera," jelasnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin mencoba hidup minimalis dan sederhana.

Baca Selengkapnya
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Ahli Gizi Biar Tubuh Gak Gampang Lelah

5 Rekomendasi Ahli Gizi Biar Tubuh Gak Gampang Lelah

Menjalani pola hidup lebih sehat kerap jadi tujuan seseorang di tahun baru, namun memulainya juga butuh program. Ikuti 5 tips dari ahli gizi untuk memulainya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
Tidur Bisa Lelap dan Mental Lebih Sehat dengan Jalan Kaki, Lakukan Rutin Yuk!

Tidur Bisa Lelap dan Mental Lebih Sehat dengan Jalan Kaki, Lakukan Rutin Yuk!

Aktivitas fisik ini membantu mengatur ritme tubuh sehingga membuat kita lebih mudah tertidur.

Baca Selengkapnya
Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari? Jangan Khawatir, 4 Tips Mudah Ini Bisa Jadi Solusi Ampuhnya

Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari? Jangan Khawatir, 4 Tips Mudah Ini Bisa Jadi Solusi Ampuhnya

Bangun di pagi hari jadi hal sulit untuk beberapa orang. Tapi, 4 tips jitu ini bisa diterapkan sebagai solusinya.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya