Meski Beda Keyakinan, Sunan Kalijaga Tak Akan Buang Salmafina

Showbiz | Jumat, 13 Desember 2019 19:28
Meski Beda Keyakinan, Sunan Kalijaga Tak Akan Buang Salmafina

Reporter : Nur Ulfa

Sunan sudah ikhlas dengan keputusan Salma

Dream - Sunan Kalijaga tampaknya sudah bisa menerima keputusan Salmafina Sunan untuk berpindah agama. Hubungan ayah dan anak ini sebelumnya sempat renggang lantaran Sunan tidak terima dengan langkah Salma menjadi non-Muslim.

Bagi Sunan, rasa sayangnya kepada Salma tidak berubah. Meski saat ini Salma sudah berbeda keyakinan dengannya.

" Mau bagaimana Salmafina tetap darah daging saya, saya tidak mungkin hanya karena suatu persoalan, saya harus membuang dia. Itu nggak ada dalam kamus kehidupan saya sebagai seorang ayah," ujar Sunan dalam tayangan di channel YouTube Cumicumi.

Sunan menghormati keputusan yang diambil anaknya. Lagipula, bagi dia, Salma masih dalam masa pencarian jati diri sehingga membutuhkan dukungan dari orangtua.

" Salma sedang dalam proses pertumbuhan. Saya dan istri saya selalu mendoakan, semoga yang terbaik untuk dia dan dia menemukan jalan yang terbaik untuknya," ungkap dia

Namun demikian, pria yang berprofesi sebagai advokat ini menyatakan akan tetap mengawasi Salma dalam beraktivitas. Ini semata dijalankan agar Salma tidak lagi melewati batas.

" Berikan kebebasan dia mencari jalan hidupnya sendiri tapi tetap kita pandu, kita doakan, kita awasi," katanya.

2 dari 6 halaman

Sunan Kalijaga Ancam Coret Pacar Bule Salmafina

Dream - Salmafina Sunan rupanya sudah punya calon pengganti Taqy Malik, sebagai pendamping hidup. Putri pengacara Sunan Kalijaga itu telah kecantol pria bule.

Perihal kekasih baru Salmafina itu, Sunan Kalijaga telah tahu. Dia bahkan memberikan lampu hijau pada Salmafina untuk mejalin hubungan dengan kekasih bulenya tersebut.

Lihatlah buktinya, Sunan Kalijaga berharap kekasih Salmafina hadir dalam ulang tahun ke-20 putrinya tersebut, Selasa kemarin.

" Kalau hari ini dia enggak datang (ulang tahun Salma) bakal saya coret karena enggak gentle," ujar Sunan Kalijaga di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 13 Agustus 2019.

Sunan Kalijaga kali ini memang memilih pasrah atas keputusan Salmafina memilih pria bule itu. Sunan tak ingin ribut kembali dengan Salmafina. Bagi dia, kebahagiaan putrinya lebih penting.

" Yang penting itu sayang sama Salma apa adanya, bukan ada apanya. Jangan seperti yang sudah-sudahlah," tutur Sunan Kalijaga.

Salmafina memang mengaku memilih pasangan hidupnya sendiri. Dia meminta Sunan tidak menjodoh-jodohkannya dengan pria manapun.

" Kalau ayah nyariin aku jodoh, aku bakalan kabur karena aku punya pilihan sendiri," tutur Salmafina.

3 dari 6 halaman

Salmafina Sunan: Aku Telah Bohongi Masyarakat Indonesia

Dream - Salmafina Sunan membuat pengakuan mengejutkan tentang pernikahannya dengan Taqy Malik, yang berujung pada perceraian. Dia mengaku menikah muda karena mencontoh orang tuanya.

" Dulu mungkin kalau anak contoh orang tua, orang tuaku menikah muda kenapa aku tidak menikah muda juga," kata Salmafina Sunan dikutip dari Youtube MOP Channel, Rabu 7 Agustus 2019.

Tapi ternyata dia merasa keputusan itu salah. Setelah dua tahun berpisah dengan Taqy, dia sadar pernikahan butuh kematangan. " Itu penting, tidak mudah," tambah dia.

Putri sulung pengacara Sunan Kalijaga itu bahkan membuat pengakuan lebih mengejutkan soal proses pernikahan. Dia mengaku membohongi masyarakat Indonesia karena mengaku melakukan ta'aruf. Padahal, kata dia, mereka berpacaran.

 Salmafina sunan

" Waktu aku bercerai itu aku bilang, 'Oh ya memang mungkin Tuhan tidak suka cara aku dan mantan aku telah membohongi satu Indonesia', bilangnya taruf tahunya kan pacaran sebenarnya," kata dia.

" Jadi aku lebih, aku lebih kayaknya, maksudnya ya it's not Ta'aruf in a good way. Ngerti enggak? Jadi aku bilang, 'Oke Lord, you are angry. It's fine," imbuhnya.

Wanita yang karib disapa Alma ini menganggap perpisahannya dengan Taqy Malik sebagai teguran dari Tuhan. Meski demikian dia mengaku ikhlas pernikahannya dengan Taqy Malik hanya bertahan satu bulan.

" Jadi ya udah, emang dari awal caranya salah, banyak orang-orang yang dibohongi gitu, terus masih belum mengerti satu sama lain, jadi ya udah. Aku ikhlas banget," tutur Salmafina.

Sumber : Youtube.com/ MOP Channel

4 dari 6 halaman

Salmafina Sunan: Jangan Salahkan Orangtuaku

Dream - Salmafina Sunan meminta semua orang tidak menyalahkan orangtuanya terkait piliahannya. Salmafina memang tengah disorot karena diduga telah berpindah agama.

" Saya cuma mau bilang, jangan salahkan orang lain apa lagi orang tua saya atas keputusan saya," tulis Salman, Minggu 14 Juni 2019.

Menurut Salmafina, segala keputusannya diambil karena pergulatan batin. Dia mengatakan, tidak ada orang yang tahu pergulatan batinnya. Sehingga tidak layak melakukan penghakiman.

" Sekian banyak banyak orang yang menghakimi, belum tentu mereka tahu bagaimana pergulatan saya. Kebanyakan hanya bisa melihat kuman di seberang lautan, tanpa bisa melihat gajah yang berada di pelupuk mata," tambah dia.

 Unggahan Salmafina Sunan (Foto:Instagram/Salmafina)

Unggahan Salmafina Sunan (Foto:Instagram/Salmafina)

Salmafina juga berharap hubungannya dengan kedua orangtuanya bisa pulih. "  Percayalah bahwa Tuhan akan membantumu mendapat hubungan yang positif dengan orangtuamu. Percayalah bahwa hubunganmu akan membaik," ujar dia.

5 dari 6 halaman

Pesan Sunan Kalijaga ke Salmafina: Sadar Anakku Sayang

Dream - Sunan Kalijaga rupanya sangat terpukul dengan kabar bahwa putrinya, Salmafina, telah berpindah agama. Pengacara itu menyampaikan pesan kepada Salmafina meelalui Instagram Story.

Sunan Kalijaga mengunggah simbol hati yang terbelah. Entah apa maksud simbol tersebut, yang jelas Sunan Kalijaga menyebut akun Instagram sang putri, @salmafinasunan.

 Unggahan Sunan Kalijaga

Tak hanya sekali, Sunan Kalijaga juga membuat unggahan lain untuk sang putri. Dia bahkan berharap Salmafina sadar dengan kondisinya. "  Sadar anakku sayang @salmafinasunan," tulis Sunan.

Sunan bahkan menginginkan Salmafina pulang ke rumah. Mereka tetap menunggu kehadiran Salmafina. "  Siapapun kamu saat ini, ayah, ibu dan sean tetap menunggumu, kembali ke pelukan kami," kata Sunan.

 Unggahan Sunan Kalijaga

 

6 dari 6 halaman

Akses Dibatasi

Sunan mengaku terpaksa menyampaikan pesan itu melalui Instagram Story. Sebab, dia tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Salmafina.

Menurut Sunan, anak sulungnya itu telah menutup akses komunikasi dengannya.

" Maaf ayah cuma bias menyampaikan lewat IG karena kamu menutup akses komunikasi kepada ayah. Noted: bukan caper ke publik, enggak banget deh," ucap dia.

Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id