Ustad Abdul Somad Bercerai, Arie Untung: `Itu Lumrah Saja`

Showbiz | Kamis, 5 Desember 2019 09:36
Ustad Abdul Somad Bercerai, Arie Untung: `Itu Lumrah Saja`

Reporter : Nur Ulfa

"Yang namanya orang nikah pasti ada cerai,"

Dream - Ustad Abdul Somad resmi menyandang status duda setelah permohonan cerainya terhadap istrinya Mellya Juniarti dikabulkan Pengadilan Agama Bangkinang, Pekanbaru. Kabar perceraian itu luput dari sorotan padahal proses sidang sudah berlangsung 11 kali sejak Juli 2019 lalu.

Arie Untung, salah satu artis yang menjadi jemaah Ustad Abdul Somad mengaku belum mendengar kabar tentang perceraian tersebut.

" Saya belum dengar tuh mba masalahnya," kata Arie Untung saat dihubungi Dream, Rabu, 4 Desember 2019.

Meski belum mengetahui kabar tersebut, Arie menilai, perceraian merupakan hal yang bisa saja menimpa pada siapapun termasuk Ustad Abdul Somad. 

" Yang namanya orang nikah pasti ada cerai, itu lumrah aja. Lagipun buat saya ini masalah yang biasa dalam rumah tangga," katanya lagi.

Menurut Arie, selama ini dia berusaha untuk tak mencampuri urusan rumah tangga orang lain. Begitu pula dengan kehidupan UAS dengan sang istri. Suami Fenita Arie itu menilai hal itu tak elok jika dilakukan seseorang.

" Kita tuh nggak urusin urusan pribadi para asatidz. Yang satu mau cerai, punya istri berapa, itu kan jadi hak masing-masing. Nggak ada kita cari tau untuk masalah pribadi mereka, rasanya nggak elok aja," ungkap dia.(Sah)


2 dari 5 halaman

Ustaz Abdul Somad Bercerai dari Sang Istri

Draem - Rumah tangga Ustaz Abdul Somad dan sang istri Mellya Juniarti tak bisa dipertahankan. Pengadilan Agama Bangkalan, Kabupaten Kampar, Riau mengabulkan gugatan cerai yang diajukan pendakwah yang tenar disapa UAS itu.

" Iya betul. Kemarin sidangnya di PA Bangkinang," ujar Kuasa UAS, Hasan Basri dikutip Dream dari Merdeka.com, RaBU 4 November 2019.

Menurut Hasan sidang perceraian UAS sudah memutuskan permohonan cerai talak pada Selasa 3 Desember 2019. Perkara perceraian ustaz kondang ini teregistrasi dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn.

 Soal Ceramah Salib, Ustaz Abdul Somad Tak Akan Minta Maaf?Soal Ceramah Salib, Ustaz Abdul Somad Tak Akan Minta Maaf? © © MEN

Hasan mengungkapkan proses sidang yang berlangsung sebanyak 11 kali tak pernah sekalipun dihadiri ustaz berusia 42 tahun itu. Dia mengaku mewakili UAS selama sidang berlangsung.

" Tidak hadir selama sidang. Dikuasakan ke kami," ucapnya.

Namun, mantan istri UAS yang digugat cerai selalu hadir. Bahkan dia didampingi kuasa hukumnya selama sidang berlangsung.

(Sah, Sumber : merdeka.com)

3 dari 5 halaman

Ustaz Abdul Somad Mundur dari PNS, Tak Lagi Jadi Dosen

Dream - Ustaz Abdul Somad mengundurkan diri dari sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia tidak lagi mengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru.

" Iya, kita menerima surat pengunduran diri Pak UAS. Status beliau kan PNS sebagai dosen di sini," ujar Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan Keuangan, dan Kepegawaian UIN Suska, Ahmad Supardi, dikutip dari , Rabu 16 Oktober 2019.

Menurut Supardi, surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Rektor UIN Suska disampaikan pekan lalu. Tetapi, pihak kampus belum mengambil keputusan lantaran masih ada proses yang harus dilalui.

" Nantinya surat itu akan kami beritahukan kepada Kementerian Agama (Kemenag)," kata Supardi.

4 dari 5 halaman

Karena Kesibukan Berdakwah

Menurut Supardi, Ustaz Abdul Somad mundur dari PNS karena sibuk dakwah. Dia memastikan tidak ada tendensi politik di balik pengunduran diri tersebut.

" Dari isi tulisan yang kita terima, UAS mundur karena kesibukannya berdakwah," kata dia.

Diketahui, Ustaz Abdul Somad punya jadwal dakwah yang sangat padat. Tidak hanya di dalam negeri, Ustaz Somad juga kerap diundang ceramah di luar negeri.

5 dari 5 halaman

8 Tahun Mengajar di UIN Suska

Di sela kesibukan itu, Ustaz Somad tengah menyelesaikan program studi Doktoral di Omdurman Islamic University (OIU) Sudan. Dia mengambil konsentrasi Al Sunnah wa Ulumul Hadis.

" Tidak mungkin kita paksa-paksa bertahan," kata Supardi.

Ustaz Somad tercatat sudah 8 tahun mengajar di UIN Suska. Dia merupakan dosen pengampu mata kuliah Tafsir dan Hadis Fakultas Ushuluddin dan kerap mengajar mahasiswa S1 dan S2.

" Kita sangat kehilangan atas pengunduran diri UAS. Dia sosok yang cerdas, terkenal di dalam dan luar negeri. Dia itu aset tak ternilai di UIN Suska selama ini. Kita bangga beliau mengajar di kampus kita," ucap Supardi.

Sumber: /Abdullah Sani

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id