LCLCI 2020 Digelar Hari Ini, 980 Karya Lagu Ikut Mendaftar

Showbiz | Sabtu, 15 Agustus 2020 07:27
LCLCI 2020 Digelar Hari Ini, 980 Karya Lagu Ikut Mendaftar

Reporter : Amrikh Palupi

Ada tiga pemenang yang lagunya akan dipilih oleh dewan juri berisi penyanyi dan pencipta lagu terkenal.

Dream - Ajang Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia (LCLCI) 2020 siap digelar. Acara yang diselenggarakan Seniman Nusantara dan didukung Rumah Budaya Nusantara ini telah membuka masa pendaftarannya sejak 23 Juni 2020 dan ditutup 10 Juli 2020 lalu. kini LCLCI 2020 siap memasuki tahap selanjutnya.

Dari 63 karya yang akan dipilih, dewan juri menyaringnya menjadi 10 besar sebelumnya akhirnya ditetapkan menjadi 5 karya finalis. Hasil karya 5 finalis ini nantinya akan di aransemen ulang oleh Juri Tamu yang merupakan musisi dan arranger ternama Indonesia.

para juri© para juri

Juri tamu yang akan hadir di antaranya Andi Rianto (produser, arranger dan composer), Adib Hidayat (jurnalis dan pengamat music), Dian HP (produser,composer dan arranger), Barry Likumahuwa(produser dan arrenger) dan Rayen Pono (penyanyi).

Harvey Malaihollo yang berlaku sebagai Ketua Pelaksana dan anggota Juri Seleksi© Harvey Malaihollo yang berlaku sebagai Ketua Pelaksana dan anggota Juri Seleksi

Foto : YouTube Rumah Budaya Nusantara

Lima karya cipta LCLCI 2020 yang masuk ke tahap final nantinya akan diaransemen ulang dan dinyanyikan kembali juga para penyanyi profesional seperti Andrea Miranda, Karen Pooroe, Albert Fakdawer, Adrian Martadinata dan Bima Pooroe.

Seniman Nusantara sendiri beranggotakan Harvey Malaihollo yang berlaku sebagai Ketua Pelaksana dan anggota Juri Seleksi, Tamara Geraldine sebagai penanggung jawab dan juri literasi, Andre Hehanussa, Lita Zen, Nindy Ellese, Iis Sugianto, Sari Koeswoyo, Chicha Koeswoyo dan Ronnie Sianturi yang mana juga merupakan anggota tim juri seleksi karya cipta peserta.

2 dari 3 halaman

Tema Lagu Diambil dari Pusisi Soekarno

Puisi ciptaan Bung Karno yang berjudul Aku Melihat Indonesia, merupakan tema dari lomba ini. Para peserta harus membuat lagu dari tema sebagai syarat utama lirik lagu yang diperlombakan.

Selama 18 hari perlombaan dibuka, panitia menerima 980 karya cipta yang masuk dari seluruh penjuru Indonesia dan juga beberapa peserta berasal dari luar negeri.

juri© juri

 

Perlombaan dan komunikasi dilakukan secara daring dengan harapan memudahkan dan juga mengajak para musisi Indonesia untuk terus berkarya dan mencintai Indonesia meskipun keadaan pandemic seperti saat ini.

3 dari 3 halaman

Total Hadiah

Lomba ini didukung penuh oleh pihak-pihak yang sangat fokus pada Seni & Kebudayaan Indonesia dan dengan harapan akan menjadi perlombaan rutin tiap tahun. 

LCLCI 2020 berhadiah total 100 Juta rupiah, yang mana dipilih 3 pemenang utama, 1 lirik terbaik dan 1 karya favorit pilihan masyarakat Indonesia. Malam puncak LCLCI 2020 akan dilangsungkan pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 19:00 WIB, di chanel Youtube Rumah Budaya Nusantara.

Terkait
Join Dream.co.id