Gaga Muhammad Banding Vonis Bui 4,5 Tahun, Pengacara: `Kan Masih Anak-Anak`

Showbiz | Selasa, 25 Januari 2022 18:52

Reporter : Nur Ulfa

Kuasa hukum menilai vonis yang dijatuhkan tidak adil karena hanya Gaga yang harus menanggung hukuman.

Dream - Gaga Muhammad melalui kuasa hukumnya, Fahmi Bachmid mengajakan banding atas vosnis 4,5 tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus kecelakaan mobil yang mengakibatkan Laura Anna lumpuh. 

Menurut Fahmi, keputusan banding ini dilakukan atas permintaan orang tua Gaga dan keluarga.

" Keputusan keluarga, Gaga kan masih anak-anak. Yang banding kan Gaga, dia bicara sama orangtuanya, ya orangtuanya bilang kalau kita cari keadilan ya kita harus banding," ucap Fahmi saat dihubungi, Selasa 25 Januari 2022.

Fahmi menjelaskan Gaga memilih mengajukan banding karena merasa vonis yang diberikan tidak sesuai. Gaga masih meyakini kecelakaan tersebut terjadi bukan karena kesalahannya.

" Keberatan dong, sepertinya beban dan tanggung jawab harus dipikul oleh Gaga," ujarnya.

Dalam kasus kecelakaan tersebut, Fahmi menilai banyak hal yang seharusnya menjadi pertimbangan hakim sebelum menjatuhkan vonis. Salah satunya adalah tidak memakai sabuk pengaman (seat belt) dan adanya kelalaian pihak rumah sakit.

Mendengar vonis hakim beberapa pekan lalu, Fahmi mengungkapkan kliennya sangat kecewa. Hal itu pula yang membuat Gaga memutuskan  untu kmengajukan banding.

" Ya kecewalah, kecuali vonisnya yg masuk akal. Ini kan vonisnya enggak logis aja," tuturnya.

Gaga Muhammad Banding Vonis Bui 4,5 Tahun, Pengacara: `Kan Masih Anak-Anak`
Gaga Muhammad, Terdakwa Kasus Kecelakaan Yang Mengakibatkan Laura Anna Lumpuh (Foto: Deki Prayoga/Dream)
2 dari 4 halaman

Ikhlas Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun, Irene: `Penderitaan Laura Anna Tidak Bisa Diganti`

Dream - Greta Irene, kakak Laura Anna, mengaku cukup puas dengan vonis penjara yang dijatuhkan kepada teman dekat adiknya, Gaga Muhammad. Namun Irene menegaskan hukuman apapun yang diberikan kepada Gaga takkan pernah bisa mengembalikan Laura Anna yang sudah meninggal dunia.

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur diketahui menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara kepada Gaga yang didakwa bersalah atas kasus kecelakaan mobil yang mengakibatkan Laura Anna lumpuh. 

" Dengan yang Pak Hakim berikan, dia yang ngerti, buat saya cukup," kata Irene di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 19 Januari 2022.

Meski cukup puas dengan vonis penjara tersebut, Irene menegaskan hukuman pidana yang diterima Gaga tidak akan pernah sebanding dengan kondisi Laura yang lumpuh usai kecelakaan dan kini telah meninggal dunia.

" Hukuman seberapa lama enggak akan cukup karena gak bisa balikin Laura," tutur dia.

Irene saat ini hanya berusaha mencoba ikhlas dan menerima semua keputusan hakim untuk Gaga Muhammad. Meski dalam hati, Irene merasa berat menerima kenyataan sang adik dibuat lumpuh karena kelalaian tersebut.

" Kalau pak hakim itu cukup ya udah aku nurut, kalau buat gantiin penderitaan Laura ya itu enggak bisa gantiin," imbuh dia.(Sah)

3 dari 4 halaman

Divonis Gaga Muhammad 4,5 Tahun Penjara, Ibunda Singgung Pengadilan Laura Anna di Akhirat

Dream - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis pidana 4,5 tahun untuk Gaga Muhammad. Vosnis hakim berusaha diterima lapang dada oleh ibunda Gaga, Janariyah.  Vonis tersebut dianggapnya sebagai keputusan terbaik yang telah diberikan pengadilan kepada putranya.

" Ya nggak apa-apa kan itu yang terbaik, Kami akan terima apa pun itu keputusan, itu kan hakim," kata Janariyah di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 19 Januari 2022.

Janariyah menyebut hukuman penjara 4,5 tahun untuk Gaga Muhammad sebagai bentuk pengadilan di dunia.

Meski berusaha menerima keputusan tersebut, Janariyah masih menyinggung soal mantan teman dekat Gaga Muhammad, mendiang Laura Anna.

" Gaga dapat pengadilan di dunia, Laura dapat pengadilan di sana," tutur dia.

Menurut Janariyah keluarga Laura seharusnya sudah bisa puas dengan hukuman yang diterima putranya. Dia menyebut hukuman ini sebagai keinginan keluarga Laura yang sejak awal melaporkan kasus kecelakaan yang menimpa Gaga dan Laura Anna.

" Kalau memang itu yang terbaik ya nggak apa-apa, yang penting, kan puas, kan, itu yang diinginkan," imbuh dia.

4 dari 4 halaman

Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara

Dream - Gaga Muhammad dinyatakan bersalah atas kasus kecelakaan mobil yang mengakibatkan Laura Anna mengalami kelumpuhan. Gaga divonis penjara 4,5 tahun.

" Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan, mengemudikan kendaraan bermotor karena kelalaiannya menyebabkan korban luka berat," kata Majelis Hakim di persidangan, Pengadilan Negeri Jakarta Timur ,Rabu 19 Januari 2021.

Gaga juga didenda Rp10 juta atau bisa diganti dengan hukuman penjara selama 2 bulan.

" Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara 4 tahun 6 bulan, denda sebesar Rp10 juta, kalau denda itu tidak dibayar diganti kurungan 2 bulan," ungkap hakim lagi.

Vonis yang dijatuhkan hakim sama dengan tuntutan jaksa yakni 4,5 tahun. Hal itu didasarkan karena hakim melihat selama persidangan Gaga tidak konsisten memberikan penjelasan, serta tidak ada raut wajah penyesalan.

" Terdakwa dipersidangan menyampaikan penyelasan dan bersalah, namun masjelis hakim tidak melihat konsistensi dan tidak menunjukan rasa bersalah, dan mengakibatkan luka berat kepada korban," tutur dia.

Join Dream.co.id