Kisah Nania 'Idol' Kembali Peluk Islam dan Hidayah Bayangan Kematian

Showbiz | Senin, 23 Mei 2022 11:23

Reporter : Amrikh Palupi

Simak pengakuan dari wanita asal Jombang Jawa Timur ini tentang alasan kembali ke Islam!

Dream - Nania Idol kembali pada keyakinan lamanya dengan menjadi seorang muslimah. Artis yang memiliki nama lengkap Nania Kurnawati Yusuf dituntun Gus Miftah mengucapkan kalimat syahadat sebagai tanda dirinya kembali memeluk Islam.

Keinginan Nania untuk kembali memeluk Islam sebenarnya sudah dirasakan sejak 2-3 tahun terakhir. Keinginan itu semakin menguat setelah Nania pulang ke rumah orangtuanya.

" Jadi kemarin lebaran pulang ke rumah. Sebenarnya perasaan ini sudah ada dua sampai tiga tahun yang lalu," kata Nania Idol dikutip Dream dari YouTube OFFICIAL NITNOT, Senin 23 Mei 2022.

 Nania Idol dan Gus Miftah© Nania Idol dan Gus Miftah

Foto: @nania.yusuf

Kisah Nania Idol Kembali Peluk Islam dan Hidayah Bayangan Kematian
Nania 'Idol' Memutuskan Kembali Memeluk Islam Dipandu Gus Miftah (Foto Instagram: @nania.yusuf/Youtube @official Nitnot)
2 dari 6 halaman

Nania IDOL Kembali Peluk Islam Karena Pemakaman

Nania mengungkapkan alasan ingin kembali memeluk Islam berawal dari bayangannya soal pemakaman yang kelak akan dilaluinya. Dengan keluarga besar yang beragama Islam, Nania sulit membayangkan proses pemakaman yang nanti dijalankan keluarga.

" Ketika saya lagi diem, saya mikirnya begini kalau saya meninggal saya dimakamkan secara Islam atau Kristen karena keluarga saya belum menerima saya sebagai Kristen. Meskipun mereka bilangnya oke menerima, cuma hati orang tua kan....., saya merasakan sekarang," ucapnya.

Masih terkait soal kehidupan setelah mati, Nania juga sempat berpikir tentang bagaimana mendoakan orangtua  atau salah satu keluarganya jika kelak mereka meninggal. Dalam hatinya, Nania meyakini doa yang dipanjatkan oleh orang yang berbeda agama takkan didengar.

 

Kebimbangan yang dirasakan itu sempat membuat gejolak dalam hati Nania tatkala sedang memijat sang ibunda.

" Ada gejolak hati bilang nanti kalau misalkan mami meninggl atau keluarga besar salah satu meninggal siapayang sholatin, siapa yang mandiiin, siapa yang doain," ujarnya.

Hal yang sama juga dikhawatirkan akan menimpa pada dirinya jika menjalani keyakinan yang berbeda dengan keluarganya. " Saya juga punya anak perempuan nanti siapa yang doain, siapa yang mandiin karena gimana kalau tidak satu frekwensi tidak akan tembus doanya," tuturnya.

3 dari 6 halaman

Kosongkan Pikiran Sebelum Ambil Keputusan

Dengan alasan itu pulalah wanita asal Jombang Jawa Timur ini mantap memutuskan kembali memeluk agama Islam. Sebelum sampai pada keputusannya, Nania mencoba mengosongkan pikiran dan perasaannya agar keinginannya tersebut tidak lantas menimbulkan fitnah.

Ketika sudah mantap dengan keputusannya, Nania segera menyampaikan keinginan itu kepada orang tuanya. Nania yang baru pulang membuat video klip untuk single barunya segera mengutarakan rencananya kembali memeluk Islam kepada sang ibu dan bapaknya.

" Kemarin itu pas pulang sebelum bikin video klip di single yang baru, saya jujur sudah mengosongkan semua perasaan saya, saya enggak mau menerima fitnah, saya kosong, saya netral. Sampai akhirnya saya pulang dan saya bilang sama mami dan bapak kalau saya akan kembali memeluk agama Islam," tutur Nania Yusuf.

4 dari 6 halaman

Orang Tua Terharu

Mendengar pengakuan Nania, kedua orangtuanya langsung terharu. Ia pun lega dan merasa hidupnya beban yang ada dalam pundaknya seolah menghilang.

" Ketika saya sudah mengutarakan itu ke orang tua, mami sama bapak, beban saya itu terasa enteng, rasanya bakal apapun saya hadapi, saya enggak akan takut lagi, karena saya punya keluarga besar," ungkapnya.

Kini ibu dari Nazara Aswanugraha ini meminta doa kepada publik agar istiqomah memeluk Islam sebagai agama terakhirnya.

" Saya juga minta doanya agar saya bisa isiqomah sampai saya meninggal nanti dan saya bisa menjadi anak dan ibu yang bisa dibanggakan sama keluarga," tuturnya.

Sumber: youtube.com

 

 

 

5 dari 6 halaman

Nania `Idol`: Saya Tak Mau Cari Sensasi

Dream - Beredarnya video pengakuan Nania Kurniawati Yusuf atau yang lebih dikenal Nania 'Idol' menyedot perhatian peselancar dunia maya.

Kepada Dream, Nania membenarkan isi video itu. Namun wanita kelahiran Jombang, 1 September 1983 ini tidak ingin mencari sensasi.

Saat berbicara dalam video itu, Nania mengaku sudah dua tahun pindah keyakinan. Kini, sudah hampir tujuh tahun Nania menjalaninya. 

" Iyah benar dalam video itu saya. Tapi maaf ya kalau masalah keyakinan aku enggak bisa bilang gimana. Biar orang tahu sendiri. Karena aku enggak mau ada sensasi," ujar Nania saat berbincang dengan Dream, Kamis 3 Maret 2016.

Video berdurasi 15 menit lebih itu sudah banyak diunggah Youtuber. Dalam satu kesaksiannya, Nania mengaku mendapat penolakan keras dari keluarga karena meninggalkan Islam. 

Bahkan sang anak pun dilarang bertemu dengannya. Termasuk diancam akan dibunuh oleh ayahnya sendiri.

" Kalau kamu berani datang ke rumah saya, saya bakal bunuh kamu," ujar Nania mengutip sang ayah yang menolak keras dirinya pindah keyakinan. 

Tapi kini, lanjut finalis Indonesian Idol 2004 itu, semuanya sudah membaik. 

" Semua karena doa, Tuhan baik. Intinya semuanya baik-baik saja sampai sekarang," tegas Nania. (Ism) 

6 dari 6 halaman

Nania `Idol`: Benar Itu Video Pengakuan Kesaksian Saya

Dream - Nania Kurniawati Yusuf atau yang dikenal dengan Nania 'Idol' membenarkan beredarnya video pengakuannya dirinya berpindah keyakinan.

" Iyah benar itu video kesaksian saya. Sudah tujuh tahun saya berpindah agama," tutur Nania kepada Dream, Kamis 3 Maret 2016.

Nania juga membenarkan semua ucapan yang ada di video tersebut. Dalam video berdurasi 15 menit yang sudah banyak diunggah Youtuber itu, Nania tak membantahnya. 

" Semua pengakuan di video itu benar saya," ujar finalis Indonesian Idol 2004 itu. 

Salah satu bagian dalam video itu, Nania menyebut mendapat penolakan keras dari kelaurga inti. Termasuk kedua orangtuanya. Tapi kini, kata Nania, semua sudah berbeda. 

" Intinya semua sekarang baik-baik saja, dan semua berkat doa karena Tuhan baik," ungkap Nania. (Ism) 

Terkait
Join Dream.co.id