Sunan Kalijaga: Saya Lemah Didik Anak

Showbiz | Senin, 22 Juli 2019 11:24
Sunan Kalijaga: Saya Lemah Didik Anak

Reporter : Nur Ulfa

Sunan Kalijaga jadi introspeksi diri atas kejadian ini

Dream - Sunan Kalijaga mengaku kecolongan. Dia merasa lemah dalam mendidik Salmafina, sehingga sikap anak sulungnya itu berubah drastis.

" Saya mengaku saya lemah dalam mendidik anak, maka dari itu, kejadian ini membuat saya introspeksi diri," tutur Sunan Kalijaga di Kantor Komisi Penyiaran Indonesia, Jakarta, Jumat 19 Juli 2019.

Meski demikian, tambah Sunan, ada pihak lain yang menyebabkan Salmafina berubah sikap secara drastis. Dia akan berusaha menjauhkan putrinya dari orang-orang tersebut.

" Saya enggak akan biarkan orang di sekeliling Salma memberikan pengaruh buruk," tegas Sunan Kalijaga.

Meski yakin ada orang lain yang memengaruhi Salmafina, Sunan Kalijaga tetap merasa kurang memerhatikan anak sulungnya tersebut.

" Saya selama ini sibuk dan kurang dekat dengan anak saya. Mungkin saja akibatnya jadi kaya gini," imbuh Sunan.

Keluarga Sunan Kalijaga memang sedang menjadi sorotan setelah beredar kabar bahwa Salmafina berpindah agama. Di tengah berita itu, berembus pula kabar yang menyebut Salmafina menjauh dari keluarganya.

2 dari 7 halaman

Sunan Kalijaga Curiga Salmafina Pindah Agama Cuma Settingan

Dream -  Sunan Kalijaga mengaku sudah bertemu putrinya Salmafina Khairunissa atau Alma setelah dua pekan kabur dari rumah. Menurut dia, Alma lebih banyak menangis.

" Di berbeda sekali saat saya bertemu kemarin. Dia lebih banyak menangis," kata Sunan Kalijaga saat di Kantor Imigrasi, Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019.

Menurut Sunan, Salma sudah tidak memiliki tata krama yang baik. Bahkan saat bertemu dengannya dihari ulang tahun pernikahan, putrinya pamit saat pergi.

 Sunan KalijagaSunan Kalijaga © Sunan Kalijaga

Foto : @sunan_kalijagash

Sunan menuding apa yang terjadi dengan Salma saat ini ada ikut campur dari salah satu program acara di televisi. Pasalnya dalam acara tersebut Salma dengan leluasa menceritakan apa yang terjadi saat ini dengannya.

" Didapati nama yang mempengaruhi Salma, termasuk ada keterlibatan salah satu program tv swasta," ucapnya.

Akibatnya, Sunan beranggapan bahwa apa yang dilakukan Alma ini hanyalah sebuah settingan. Alasannya Alma hanya menceritakan pengakuan pindah agamanya ke program acara televisi itu.

" Makanya saya mau dalami, Salma kenapa sih kamu? Siapa yang ngajarin kamu? Siapa yang nyetting kamu? Kenapa saya bilang setting karena ada keterlibatan program salah satu tv swasta," tuturnya.

3 dari 7 halaman

Tak Mau Kehilangan Salmafina, Sunan Kalijaga Minta Bantuan Imigrasi

Dream - Sunan Kalijaga mendatangi kantor pusat imigrasi di Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019. Dia meminta bantuan untuk mencegah sang putri, Salmafina, agar tidak bepergian ke luar negeri.

" Hari ini saya mendatangi kantor imigrasi dalam rangka memohon sebagai seorang ayah menunda kepergian putrinya. Karena kemungkinan Salma akan keluar dari Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

Sejak tanggal 2 Juli 2019, kata Sunan Kalijaga, Salmafina keluar dari rumah tanpa sepengetahuannya. Dia juga mendatangi kantor polisi pada 12 Juli 2019 dan membuat laaporan telah kehilangan anak.

" Pada 12 Juli saya melaporkan ke Polres Metro Jakarta Barat terkait dengan saya tidak mengetahui keberadaan Salma setelah meninggalkan rumah," tuturnya.

Sunan Kalijaga memang sangat berharap Salmafina, yang sedang santer dikabarkan berpindah agama, untuk pulang. Dia bahkan menyampaikan pesan kepada putrinya itu melalui Instagram.

Pengacara kondang itu tidak ingin Salamafina bertindak lebih jauh dengan meninggalkan Indonesia. " Ya memang sudah ada tanda-tanda Salma ingin meninggalkan Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

4 dari 7 halaman

Pesan Sunan Kalijaga ke Salmafina: Sadar Anakku Sayang

Dream - Sunan Kalijaga rupanya sangat terpukul dengan kabar bahwa putrinya, Salmafina, telah berpindah agama. Pengacara itu menyampaikan pesan kepada Salmafina meelalui Instagram Story.

Sunan Kalijaga mengunggah simbol hati yang terbelah. Entah apa maksud simbol tersebut, yang jelas Sunan Kalijaga menyebut akun Instagram sang putri, @salmafinasunan.

 Unggahan Sunan KalijagaFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Tak hanya sekali, Sunan Kalijaga juga membuat unggahan lain untuk sang putri. Dia bahkan berharap Salmafina sadar dengan kondisinya. "  Sadar anakku sayang @salmafinasunan," tulis Sunan.

Sunan bahkan menginginkan Salmafina pulang ke rumah. Mereka tetap menunggu kehadiran Salmafina. "  Siapapun kamu saat ini, ayah, ibu dan sean tetap menunggumu, kembali ke pelukan kami," kata Sunan.

 Unggahan Sunan Kalijaga © Dream

 

5 dari 7 halaman

Akses Dibatasi

Sunan mengaku terpaksa menyampaikan pesan itu melalui Instagram Story. Sebab, dia tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Salmafina.

Menurut Sunan, anak sulungnya itu telah menutup akses komunikasi dengannya.

" Maaf ayah cuma bias menyampaikan lewat IG karena kamu menutup akses komunikasi kepada ayah. Noted: bukan caper ke publik, enggak banget deh," ucap dia.

6 dari 7 halaman

Salmafina Sunan: Saya Tak Memutus Hubungan dengan Orangtua

Dream - Salmafina Sunan mengaku tidak pernah memutus tali silaturahmi dengan kedua orangtuanya. Setelah santer dikabarkan pindah agama, dia tetap ingin bertemu dengan mereka.

" Saya tidak memutus apapun, bahkan hari ini atas dasar keinginan hati saya. Seharusnya saya bettemu kedua orangtua saya yang luar biasa saya cintai," tulis Salmafina lewat Instagram Story, Senin 15 Juli 2019.

Namun, niat bertemu itu batal setelah sang ayah, Sunan Kalijaga, membuat unggahan melalui Instagram Story. Sehingga keadaan hubungan mereka justru semakin memburuk.

" Tapi ada salah satu orangtua saya yang nyari saya lewat IG hanya memperburuk keadaan, jadi saya harus membatalkan," tulis Salma.

7 dari 7 halaman

Alasan Batal

Dia mengaku membatalkan niat bertemu orangtuanya untuk mencari ketenangan. Jika dipaksakan bertemu, tambah Salmafina, justru akan memperburuk keadaan.

" Saya batalkan karena saya mencoba untuk cooling down, saya tidak menyalahkan perbuatan dia. Karena sejujurnya saya tahu dan memaklumi itu reaksi yang akan terjadi. Bukan ingin mengecewakan tapi jika bertemu hanya adu rayu versi serem aja," ujarnya.

Meski begitu Salma akhirnya hanya bisa bertemu ibundanya, Heidy Sunan. Saat bertemu, Salma menceritakan kondisinya dan ingin sang bunda mengerti posisinya saat ini.

" Saya akhirnya bertemu ibu saya sebagai bakti saya pada orangtua. Sebagai penghormatan saya kepada orangtua. Saya jelaskan semua dan memang saya butuh waktu sendiri untuk berpikir dan merenung," ungkapnya.

 salmafinasalmafina © instagram salmafina

 

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id