Sudah 40 Hari, Anak Kartika Putri Masih Idap Penyakit Kuning

Showbiz | Senin, 18 November 2019 13:22
Sudah 40 Hari, Anak Kartika Putri Masih Idap Penyakit Kuning

Reporter : Nur Ulfa

Kartika Putri belum bisa kembali bekerja karena terus memberikan ASI

Dream - Memasuki usia 40 hari, anak pertama Kartika Putri dan Habib Usama masih menjalani perawatan. Kondisi sang putri bernama Khalisa Aghnia Bahira masih belum stabil dan penyakit kuning belum sepenuhnya hilang.

" Kondisi masih kuning, kemarin aja kita periksa masih kuning. Jadi kalau kuning atau enggaknya itu perutnya diteken, masih kuning," kata Habib Usman di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 17 November 2019.

Menurut Habib Usman, kondisi putrinya yang masih membutuhkan perhatian membuat Kartika belum bisa kembali bekerja. Untuk mengobati penyakit kuning yang diderita putrinya, salah satu cara teknik pengobatan paling efektif adalah dengan memberika ASI langsung.

" Makanya masih ASI banget. Tadi nyobain pake dot, baby-nya nggak mau," ujar dia.

Selain rutin memberi ASI, Kartika juga rutin memeriksakan putrinya ke rumah sakit untuk untuk mengecek perkembangannya. Setiap kali diperiksa ke dokter, kata Habibi Usman, mereka selalu merasa deg-degan dengan hasil pemeriksaan.

" Setiap checkup tuh deg-degan kayak 'aduh'. Malah kalau babynya pup kita senang gitu ya, kita lihat soalnya katanya kelihatan dari fesesnya gitu. Kalau warnanya cerah berarti oke," ujarnya.

2 dari 8 halaman

Dicecar Kartika Putri Soal Poligami, Lihat Jawaban Habib Usman

Dream - Obrolan hangat terjadi saat Arie Untung dan Fenita berkunjung ke rumah pasangan Habib Usman bin Yahya dan Kartika Putri. Salah satu topik mereka adalah poligami.

Topik itu dibahas setelah mereka membicarakan kehamilan. Kartika berujar sudah menantang Habib Usman untuk kembali punya anak. Dia mengaku ingin kembali hamil bila sudah tiga bulan setelah melahirkan. Habib Usman pun menanggapi tantangan itu. Dia mengatakan, " Sedapatnya saja."

Mendengar jawaban Habib Usman, Arie Untung pun menimpali, " Karena suami bilang sedapatnya saja, boleh dong suaminya usaha lagi?"

Rupanya Kartika Putri salah paham. Dia mengira Arie Untung berbicara tentang menambah istri. Kartika pun berteriak sambil mengepalkan tangan kanannya. Tapi Arie Untung segera meluruskan, " Bukan, usaha supaya istrinya hamil lagi."

Kartika Putri pun paham. Tapi setelah itu, topik pembicaraan itu berganti ke masalah poligami. Kartika putri ttiba-tiba mencecar sang suami. " Ngomong-ngomong gitu (poligami), kamu?," tanya wanita yang karib disapa Karput itu.

 

 Habib Usman bin Yahya

" Aku satu juga cukup, tidak lagi," jawab Habib Usman bin Yahya.

Tak puas dengan jawaban itu, Karput kembali bertanya, " Satu cukup, seumur hidup?"

" Tidak habis juga sayang," imbuh Habib ke Karput dengan tersenyum.

Setelah itu, Arie Untung menanyakan hukum poligami kepada Habib Usman. Meneurut Habib Usman, hukum poligami adalah sunah menurut Islam.

" Hukum poligami itu sunah, kan yang boleh poligami tiga syarat," kata Habib Usman yang langsung dihampiri oleh Kartika Putri.

 ari untung dan kartika putri

Kemudian ayah empat anak ini menjelaskan tiga syarat yang harus dipenuhi jika berniat poligami.

" Yang pertama raja, raja boleh. Yang ke dua orang kaya raya, kalau kaya banget ya. Yang ke tiga ulama, ulama boleh, biar anaknya banyak," kata Habib Usman.

3 dari 8 halaman

Diledek Akan Poligami

Mendengar jawaban suaminya itu, wanita asal Palembang ini langsung memasang wajah cemberut.

" Ada satu lagi yang ke empat, tidak raja, tidak kaya raya, bukan ulama, poligami, berarti gila," ujarnya sambil tertawa.

" Kan ulama ada tuh yang ke tiga ya," ledek Kartika Putri.

" Enggak, tapi kan enggak. Kan harus adil juga, belum bisa adil," ungkap Habib Usman sambil menunjuk dirinya.

" Oh kalau udah bisa adil?," tanya Kartika Putri sewot.

" Tidak juga," jawab Habib Usman lagi dengan cepat.

Sumber: Youtube Arie Untung

4 dari 8 halaman

Bayi Kartika Putri Idap Penyakit Kuning, Berikut Fakta, Gejala dan Penyebabnya

Dream - Anak perempuan pasangan Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya, Syafirah Khalisa Agnia Bahira harus dirawat intensif di rumah sakit karena mengidap penyakit kuning. Syafirah yang baru saja lahir pada Jumat, 18 Oktober 2019 kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Brawijaya.

Melalui unggahan kilas cerita di akun Instagramnya, Kartika Putri membagikan kabar terbaru dari putri kecilnya. Dari unggahannya, Senin, 28 Oktober 2019 kemarin, Kartika mengungkapkan rasa sedihnya, karena sang putri harus melakukan pengambilan sampel darah.

Penyakit kuning cukup umum terjadi pada bayi yang belum genap berusia satu bulan. Biasanya, setelah mendapatkan perawatan yang tepat, kondisi bayi bisa kembali normal. Untuk lebih jelasnya, Sahabat Dream bisa membaca ringkasan mengenai penyakit kuning pada bayi di bawah ini.

 

 

5 dari 8 halaman

Syafirah Khalisa Idap Penyakit Kuning

Beberapa hari setelah proses persalinan, Kartika dan sang putri tampak sehat. Bahkan Kartika Putri sudah menyiapkan bingkisan untuk para tamunya yang hendak menjenguk Khalisa, Jumat, 25 Oktober 2019 lalu.

 Target Kartika Putri Tahun 2017: Jodoh

Kabar Syafirah yang mengidap penyakit kuning, baru dibagikan Kartika Putri pada unggahannya di Hari Minggu, 27 Oktober 2019. Dilansir dari suami Kartika Putri, Habib Usman mengatakan, kalau istrinya sangat sedih melihat kondisi sang anak.

Menurut penuturan Habib Usman, Kartika Putri sempat panik dan cemas. Kartika menangis saat tahu bayi kecilnya harus dirawat di rumah sakit. Hingga saat ini, Khalisa masih menjalani perawatan di rumah sakit.

 

 

6 dari 8 halaman

Fakta Penyakit Kuning pada Bayi

Penyakit kuning yang dialami putri kecil Kartika Putri merupakan penyakit perubahan warna kulit dan bagian putih bola mata menjadi kuning. Perubahan ini kerap terjadi pada bayi yang baru lahir di bulan pertama kelahirannya.

 Pantau Terus Berat Badan Bayi Baru Lahir

Bila penyakit kuning menyerang bayi di pekan pertama setelah kelahirannya, orangtua tak perlu panik. Dengan perawatan yang tepat, kondisi tersebut bisa diatasi dengan baik. Bahkan, bisa diatasi tanpa melakukan perawatan intensif.

Namun, tak sedikit kasus penyakit kuning yang baru menyerang bayi beberapa pekan setelah kelahiran. Jika hal ini terjadi, dan perubahan yang terjadi semakin parah, segera periksakan bayi ke dokter.

Kasus yang dialami bayi Kartika Putri cukup umum terjadi. Hal ini dikarenakan tingkat bilirubin mencapai puncaknya dalam waktu 3 sampai 5 hari setelah kelahiran dan termasuk dalam penyakit kuning fisiologis.

7 dari 8 halaman

Penyebab Penyakit Kuning

Penyebab utama penyakit kuning pada bayi ialah meningkatnya jumlah pigmen (bilirubin) di dalam darah. Sel darah merah dalam tubuh akan terurai dan melepaskan bilirubin. Lalu, bilirubin akan diubah menjadi zat yang tidak berbahaya, dan akan dikeluarkan melalui kotoran dan urin.

Hati bayi yang baru lahir masih belum bisa optimal dalam menahan jumlah bilirubin dalam darah. Inilah yang menyebabkan bilirubin terakumulasi dalam tubuh, dan menyebabkan kulit serta bola mata bayi menjadi kuning.

 Bayi Baru Lahir Tak Mau Menyusu? Ketahui Pemicunya


Umumnya, warna kuning di tubuh bayi akan hilang dalam kurun waktu 1 hingga 2 pekan, terhitung dari hari pertama perawatan. Namun, jika bilirubin masuk ke sel-sel otak, maka akibatnya akan lebih buruk lagi. Seperti menyebabkan kerusakan, yang disebut dengan kernicterus.

 

 

8 dari 8 halaman

Gejala Penyakit Kuning

Di beberapa hari pertama kelahiran, bayi bisa saja terlihat sehat dan normal. Namun, di hari ke lima hingga beberapa hari ke depan, orangtua harus siaga apabila bayi menunjukkan gejala berikut ini:

1.    Perubahan warna kulit dan bola mata menjadi kuning dalam waktu singkat.
2.    Nafsu untuk menyusu menurun.
3.    Ada tanda-tanda dehidrasi pada bayi.
4.    Jarang buang air kecil.
5.    Bayi tidak banyak bergerak.

Terkait
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id