Spongebob dan Gundala Kena Sanksi KPI

Showbiz | Senin, 16 September 2019 14:23
Spongebob dan Gundala Kena Sanksi KPI

Reporter : Idho Rahaldi

KPI tengah panen bullyan warganet...

Dream - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat teguran untuk 14 program siaran di sejumlah lembaga penyiaran, televisi, dan radio, Kamis kemarin.

Menurut KPI dalam situs resminya, 14 program siaran itu melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) KPI tahun 2012.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, jenis pelanggaran yang ditemukan terkait adanya muatan kekerasan, adegan kesurupan, adegan horor, pemanggilan arwah, konflik pribadi, dialog dan gerakan sensual.

Berikut 14 program siaran yang diberi sanksi yakni:

  1. Program Siaran Jurnalistik “ Borgol” GTV
  2. " Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" GTV
  3. " Ruqyah" Trans 7
  4. " Rahasia Hidup" ANTV
  5. " Rumah Uya" Trans 7
  6. " Obsesi" GTV
  7. Promo Film " Gundala" TV One
  8. " Ragam Perkara" TV One
  9. " DJ Sore" Gen FM
  10. " Heits Abis" Trans 7
  11. " Headline News" Metro TV
  12. " Centhini" Trans TV
  13. " Rumpi No Secret" Trans TV
  14. " Fitri" ANTV.

 

2 dari 5 halaman

Ungkapan Kasar

Selain itu, terdapat ungkapan kasar, penayangan identitas pelaku pelecehan seksual, adegan berbahaya, privasi, dan pelecehan status kelompok tertentu.

Dalam program acara " Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" ada dua alasan yang menjadi bahan pertimbangan KPI menegur kartun tersebut.

Pertama, film itu memuat tindakan kekerasan seekor kelinci terhadap kelinci lain yakni memukul wajah dengan papan, menjatuhkan bola bowling dari atas sehingga mengenai kepala, melayangkan palu ke wajah, dan memukul pot kaktus menggunakan raket ke arah wajah.

3 dari 5 halaman

Gundala Juga

Kedua, bahwa Program Siaran “ Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie” yang tayangkan oleh stasiun GTV pada 22 Agustus 2019 mulai pukul 15.02 WIB, terdapat adegan melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu.

Selain film kartun Spongebob, tayangan lain yang ditegur KPI adalah Promo Film " Gundala" . Dalam suratnya, KPI menyampaikan program siaran itu memuat kata kasar yakni " bangsat" .

“ Lembaga penyiaran harus memperhatikan ketentuan soal pelarangan dan pembatasan program siaran bermuatan seksual. Siaran dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas atau membenarkan perilaku yang tidak pantas sebagai hal yang lumrah,” jelas Mulyo. (ism)

4 dari 5 halaman

4 Program Ramadan TV Kena Semprit KPI

Dream - Merupakan sebuah kebiasaan stasiun televisi membuat program khusus saat Ramadan, terutama waktu sahur dan berbuka. Sayangnya, masih ada saja program siaran televisi yang tayang tak sesuai ketentuan yang berlaku. 

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memantau tiap program siaran televisi. Pemantauan tersebut berlangsung sejak awal Ramadan.

" Jadi ini dilakukan pemantauan yang dilaksanakan selama 15 hari Ramadan," kata Komisioner KPI Pusat, Dewi Setyani di kantor KPI, Jakarta, Jumat, 16 Juni 2017.

 KPI

Dewi mengatakan terdapat empat program siaran Ramadan yang berpotensi melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS). Keempat program tersebut yaitu Sahurnya OVJ (Trans7), Pesbukers Ramadan (ANTV), Sahurnya Pesbukers (ANTV), dan Keluarga Gunarso (Indosiar).

5 dari 5 halaman

Melanggar Pasal

Dewi menjelaskan secara umum keempat program itu melanggar Pasal 9 P3&SPS KPI tentang Penghormatan Terhadap Norma Kesopanan dan Kesusilaan, Pasal 15 tentang Perlindungan Anak dan Remaja serta Pasal 17 tentang Perlindungan Kepada Orang Tua dan Masyarakat Tertentu.

" Selain tiga pasal itu, KPI juga melihat adanya pelanggaran atas penggolongan program siaran dengan klasifikasi remaja," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Dewi, keempat program siaran tersebut masih menyajikan dialog berupa celaan, makian dan hinaan.

" Hal itu tidak sepatutnya pada program acara yang dikaitkan dengan bulan Ramadan, namun justru diisi dengan candaan dan lawakan yang merendahkan martabat manusia," ujar dia.

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo
Join Dream.co.id