Mpok Atiek Jualan Puding karena Sepi Job: Wah, Stres!

Showbiz | Rabu, 8 Juli 2020 11:51
Mpok Atiek Jualan Puding karena Sepi Job: Wah, Stres!

Reporter : Nur Ulfa

Merasa sangat sulit mencari uang.

Dream - Pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian semua orang, termasuk para selebriti. Seperti dialami Mpok Atiek yang kini sepi job syuting. Dia bahkan harus berjualan puding untuk menyambung hidup.

" Nyari duit sekarang nih Mpok jujur jual puding kelapa, untungnya cuma lima ribu perak," ujar Mpok Atiek di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Selasa 7 Juli 2020.

Bukan perkara mudah berjualan puding di saat pandemi. Pasalnya, di usianya yang sudah tua, tenaga menjadi kendala Mpok Atiek saat berjualan.

" Perhari kita syuting bisa dapet jutaan, sekarang ngumpulin 100 kelapa dapet untung Rp500 ribu doang dari pagi sampai malam, itu harus pakai tenaga, sibuk tanya alamat, pesen Gojek," ucap dia.

Mbok Atik sebenarnya dibantu enam karyawan. Meski demikian tetap saja terkadang mendapat komplain dari pelanggan. Itulah yang membuatnya merasa stres.

" Belum lagi yang komplain pesenan belum sampai, wah stres. Sehari dapat sejuta ya dinikmatin saja," kata dia.

Selain mencari pemasukan, berjualan puding menjadi cara Mbok Atik menghilangkan kebosanan. " Abis di rumah bete, makan, duduk, ke depan, ke dapur. Kalau seminggu, dua minggu, enggak apa-apa. Ini bulanan ya stres. Jadi dibikin apa aja supaya sibuk," ungkap dia.

2 dari 5 halaman

Meski Usia Senja, Mpok Atiek Tetap Rutin Jalani Perawatan

Dream - Di usia yang sudah tidak muda lagi, ternyata Mpok Atiek masih rutin melakukan perawatan wajah. Dia mengaku minimal satu kali tiap pekan datang ke klinik kecantikan. 

" Kalau vitamin lewat infus always tiap seminggu sekali," kata Mpok Atiek di Tendean, Jakarta Selatan, Kamis 21 Novemnber 2019.

Bagi komedian satu ini, usia bukan penghalang untuk tetap tampil menarik. Terlebih pekerjaan di bidang hiburan mengharuskan dia selalu berpenampilan enak dipandang.

" Sekarang kita hubungannya sama kamera dan TV. Mpok nggak mau pas orang lihat mpok, 'aduh nenek-nenek nih, pindahin channel.' Jadi, ya harus tetep keliatan segar, pertama. Yang kedua kebutuhan kamera sama kerjaan," kata dia.

Dia juga mengakui di usianya yang kini sudah 64 tahun, banyak bagian tubuhnya sudah mulai kendur. Sehingga Mpok Atiek merasa perlu melakukan perawatan secara rutin

" Kan kita nggak boleh bohong sudah tua kan, pada kendor. di laser, jadi ya kala baju, disetrika bahasanya," ucap Mpok Atiek.

3 dari 5 halaman

Mpok Atiek Mimpi Meninggal dan Terbujur Kaku

Dream - Mpok Atiek baru bermimpi buruk. Komedian bernama asli Atiq Riwayaty itu mengaku mimpi meninggal dunia.

" Mpok mimpi, mpok meninggal, terbujur kaku, tapi herannya Mpok ada di atas, bisa melihat," ujar Mpok Atiek di Jakarta, Senin 30 September 2019.

Dalam mimpi itu, Mpok Atiek melihat semua keluarganya datang, termasuk para pemburu kabar dari infotainment.

" Ada yang nangis, ada yang ngaji, ada yang teriak-teriak. Pokoknya crowded deh pas Mpok meninggal," tambah Mpok Atiek.

Dia mengaku baru pertama kali mimpi meninggal dunia. Sehingga merasa ketakutan. " Ya pasti kepikiran lah. Siapa sih manusia yang mau ke neraka, kan enggak ada," kata Mpok Atiek.

" Apalagi dosa masih banyak, Kan kalau benar kejadian, ya serem juga," tambah dia.

Karena mimpi itulah, Mpok Atiek mulai mengubah sikap. Dia ingin jadi manusia yang lebih baik. Sehingga, sebelum meninggal, Mpok Atiek sudah punya banyak amal baik.

" Makanya sekarang mpok berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik, lebih baik, lebih baik lagi," imbuh Mpok Atiek.

4 dari 5 halaman

Silikon Kadaluarsa, Mpok Atiek Operasi 20 Kali

Dream - Sebagai upaya penunjang kecantikan tidak sedikit wanita memilih jalan pintas. Iming-iming tampil lebih cantik tidak membuat para wanita berpikir panjang terkait dampak jangka panjangnya.

Seperti yang dirasakan Artis dan Komedian Mpok Atiek. Wanita kelahiran 28 Februari 1956 ini mengaku menyesal suntik silikon dengan dokter yang tidak jelas.

Ketertarikan pemilik nama Atiek Riwayati bermula dari ajakan seorang teman untuk membuatnya tampil lebih cantik.

" Waktu itu sudah cukup sering wara-wiri di televisi, terus diajak teman katanya bisa bikin tambah cantik. Perempuan digituin (diimingi cantik) sudah pengen saja, sudah gitu dibayarin. Awalnya terasa keren banget, bahagia. Muka kencang, hidung mancung makasih bangetlah waktu itu. Tapi ternyata itu bahaya," katanya saat dihubungi Dream.co.id lewat pesan singkat, Kamis 21 Mei 2015.

Mpok Atiek pun kini mengungkapkan rasa penyesalannya. " Salahnya waktu itu tidak tanya ke dokter bedah yang ahli dulu. Malah langsung suntik, pertama hidung. Enggak pakai bius lokal terus pakai kain kasa dijepit pakai alat kaya jepitan jemuran. Kemudian abis itu bibir, dan sudah suntik semua," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Reaksi penolakan dari silikon tersebut ternyata sudah dirasakan Mpok Atiek setelah 15 tahun pemakaian. " Muka udah kelihatan aneh pas 15 tahun pemakaian, aneh wajahnya, berat buka mata karena berat silikon udah kelihatan anehnya kemudian setelah 23 tahun barulah bengkak merah sudah amburadul," kata Mpok Atiek.

Melihat ada hal yang aneh kemudian dokter memintanya untuk melakukan operasi pengangkatan. " Ya itu ternyata udah kelewat kadaluarsa, ini kalau didiamkan akan menjadi kanker, dan mau tidak mau dioperasi kanker itu membahayakan, wajahnya akan seperti buah mengkudu benjol gitu saat itu langsung stres dag-dig-dug," katanya menjelaskan.

Akibat kesalahan di masa lalunya, Mpok Atiek mengaku sudah menjalankan sekitar 20 kali operasi akibat silikon kadaluarsa.

" Sudah 20 kali operasi buat diambil itu silikon yang dulu pernah disuntikan. Saya kan tidak tahu ternyata ada waktu kadaluarsanya itu silikon. Terakhir itu sekitar April operasinya, biayanya relatif tetapi ya terima risiko saja. Dibilang kapok ya enggak mau lagi deh. Sekarang jadi lebih bersyukur, semua wanita itu sudah cantik," tuturnya.

Join Dream.co.id