Sempat Agnostik hingga Mualaf, Marcell Siahaan Berani Unggah Ini Saat Lebaran

Showbiz | Kamis, 13 Mei 2021 18:24
Sempat Agnostik hingga Mualaf, Marcell Siahaan Berani Unggah Ini Saat Lebaran

Reporter : Putu Monik Arindasari

Marcell memberanikan diri mengunggah ini. "Tapi untuk kali ini saya memberanikan diri".

Dream - Tahun ini menjadi perayaan Idul Fitri pertama bagi penyanyi Marcell Siahaan. Penyanyi berusia 43 tahun tersebut memang telah memutuskan menjadi mualaf beberapa bulan lalu. Pada momen idul fitri pertamanya, Marcell memberanikan diri mengunggah momen pribadinya bersama keluarga.

Pelantun 'Hanya Memuji' itu menggunggah foto tersebut dalam akun instagram miliknya. Ia mengaku tak pernah mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan kehidupan pribadi, termasuk tentang kehidupan religiusnya. Namun saat ini ia mencoba memberanikan diri.

" Untuk mereka yang mengenal dekat siapa saya sejak dulu tentunya paham bahwa memposting foto-foto yang memamerkan kehidupan pribadi yang ada hubungannya dengan kehidupan religius-spiritual bukanlah sesuatu yang saya banget," ujar Marcell.

2 dari 6 halaman

Menurut Marcell, kehidupan pribadi khususnya yang berkaitan dengan spiritualnya bukanlah hal yang pantas untuk dipamerkan. Oleh karena itu, selama ini ia lebih sering mengunggah mengenai karya dan kegiatannya di dunia hiburan.

" Sangat bukan saya. Bukan sesuatu yang pantas saya pamer-pamerkan," tutur Marcell.

 Potret Marcell dan Keluarga
© Instagram @Marcellsiahaans

Pada foto yang dibagikan melalui akun instagramnya, sang istri, Rima Melati Adams tampil cantik dalam balutan mukena putih. Anak laki-laki mereka tampak mengenakan kopiah berwarna biru.

Namun Marcell mengungkap bahwa kini dirinya mencoba untuk memberanikan diri mengunggah foto tersebut sebagai bentuk syukur karena perjalanannya sudah sampai di titik sekarang.

3 dari 6 halaman

Berharap Dapat Menjadi Pengingat

" Tapi untuk kali ini saya memberanikan diri, hanya sebagai bentuk rasa syukur saya bahwa sampai detik ini saya sekeluarga masih dirahmati, diberikan kesempatan menikmati hidup serta menikmati kebahagiaan ditengah badai yang belum kunjung reda. Alhamdulillah, kami masih kokoh berdiri," katanya.

Melalui potret tersebut, penyanyi kelahiran Bandung ini berharap potretnya dapat menjadi pengingat agar dirinya bisa menjalani kehidupan yang seimbang antara lahir dan batin.

" Sekaligus juga sebagai pengingat, bahwa menjadi pribadi yang penuh welas asih, yang penuh akan kesadaran dan empati, yang seimbang zahir bathin, masih menjadi 'pekerjaan rumah' saya dalam berkehidupan yang, Insya Allah akan diridhoi-Nya," ungkap Marcell.

(Sumber: Merdeka.com)

4 dari 6 halaman

Pernah Pindah-Pindah Agama, Marcell Siahaan Ungkap Alasan Masuk Islam

Dream - Penyanyi Marcell Siahaan mengaku pernah berpindah-pindah agama sebelum akhirnya memutuskan mejadi seorang muslim. Marcel diketahui pernah memeluk agama Kristiani dan Buddha.

Namun pelantun tembang 'Takkan Terganti' itu akhirnya memutuskan memilih menjadi mualaf dan memeluk agama Islam hingga saat ini. Sebelum memutuskan mualaf, Marcel mengaku mempelajari terlebih lebih dulu agama Islam.

Pria 43 tahun ini merasa menemukan Islam dengan rasa kenyamanan dan yakin. Mrcel juga mengaku bisa berbuat banyak hal dengan memeluk agama Islam. Menurut Marcell dengan berpindah agama, dia bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi banyak orang.

 Marcell Siahaan dan Daniel Mananta
© Marcell Siahaan dan Daniel Mananta

" Gua nyaman, gua senang, gua yakin bahwa segala sesuatu itu harus ada titiknya. Gue merasa bisa berbuat banyak hal. Menjadikan diri gua sesuatu yang berguna buat banyak orang, " ujar Marcell Siahaan dikutip Dream dari YouTube Daniel Mananta, Kamis 1 April 2021.

" Jadi bukan hanya melihat ini sebagai pencapaian spiritual hanya internal gue, tapi gue juga pencapaian spiritual eksternal," imbuhnya.

5 dari 6 halaman

Menciptakan Struktur Keluarga

Dengan berpindah agama, Marcell mengaku bisa menciptakan struktur untuk anaknya dan istrinya sebagai imam dalam keluarga.

 Keluarga Marcell Siahaan
© Keluarga Marcell Siahaan

Foto : @marcellsiahaans

" Menciptakan struktur buat anak gue, menciptakan struktur buat istri gue sebagai imam. Menurut gue sekarang agama yang saja jalani sekarang membuat gue menjadi Ikhlas dalam segala hal karena itu yang sangat susah. Keikhlasan itu yang selalu gue cari," tuturnya.

Sumber : youtube.com

6 dari 6 halaman

Perjalanan Marcell Siahaan Menjadi Mualaf

Dream - Marcell Siahaan harus melalui perjalanan panjang dalam pencariannya terhadap Sang Pencipta. Penyanyi 42 tahun ini sempat bergonta-ganti keyakinan sampai akhirnya memilih Islam.

Marcell mengaku sangat menikmati proses menjadi seorang muslim yang dijalaninya sudah empat tahun belakangan ini.

" Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu tanggalnya saya lupa sih. Karena itu semuanya sudah diarahkan saja. Saya menikmati dan ikut saja,"  kata Marcell di Studio Rossi Musik, Kawasan Fatmawati Jakarta Selatan, Jumat 26 Agustus 2016 silam. 

 marcell siahaan
© marcell siahaan

Foto : @marcellsiahaans

Menurut Marcell perjalanan spirutual itu tidak harus semua orang tahu, termasuk kisahnya menjadi mualaf.

" Saya punya prinsip kalau saya belum bisa memanusiakan diri saya, jangan ngaku muslim. Apalagi mukmin jauh banget, benar buat saya. Berserah yang saya lakukan tanpa saya sadari. Ketika jalan seperti ini. Kemudian saya dinikahkan ulang ya saya jalanin dan nikmati," tuturnya.

Setelah memeluk Islam diungkapkan pria kelahiran Bandung, 21 September 1977 ini, jadi lebih banyak belajar dan bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

" Buat saya keuntungannya bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Saya jadi banyak tahu, saya menjalankan dari yang saya yakini," kata suami dari Rima Melati Adam ini.

 

Join Dream.co.id