Korban Penipuan CPNS oleh Olivia Sudah Mengadu ke Nia Daniaty, Begini Hasilnya

Showbiz | Senin, 27 September 2021 19:24

Reporter : Amrikh Palupi

Begini komentar

Dream - Salah satu korban yang mengaku ditipu Olivia Nathania alias Oi, Agustin, mengaku sudah bertemu dengan Nia Daniaty di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Menurut Agustin, dalam pertemuan itu, Nia Daniaty tidak mau ikut campur dengan perkara yang menjerat putrinya.

" Kami sudah baik-baik, terus Nia menjawab, 'Bu Titin maaf, Oliv itu sudah menikah, sudah bukan tanggung jawab saya ini.' Itu jawaban dari bu Nia," ungkap Agustin, dikutip dari Kapanlagi.com, Senin 27 September 2021.

Olivia dituduh melakukan penipuan dengan kedok penerimaan CPNS melalui jalur prestasi. Diduga ada 225 orang yang telah tertipu dan sudah menyetor uang. Para korban pun telah melapor ke Polda Metro Jaya.

 Olivia Nathania© Olivia Nathania

Olivia Nathania, putri Nia Daniaty (Bayu Herdianto/Kapanlagi.com)

Agustin sebenarnya hanya ingin Nia Daniaty menjadi jembatan dirinya dengan Olivia. Sebab, kini Olivia menghilang. Namun, mantan Istri Farhat Abbas itu mengaku tidak bisa berbuat apa-apa dan cuma bisa menjanjikan pertemuan.

Tapi sampai para korban melapor ke polisi, pertemuan tersebut gagal terlaksana. " Bu Nia (ngomong) 'baik bu, karena dia (Oliv) tidak satu rumah dengan saya, saya coba telepon nanti saya hubungi'," ucapnya.

" Saya minta maaf sekali lagi dengan bu Nia, saya pulang, dan kebesokan harinya saya datang ke rumah beliau ternyata rumah kosong dijaga tiga orang," imbuh Agustin.

Sumber: Kapanlagi.com

Korban Penipuan CPNS oleh Olivia Sudah Mengadu ke Nia Daniaty, Begini Hasilnya
Nia Daniaty (Foto : @niadaniatynew)
2 dari 6 halaman

Pengakuan Guru Korban Dugaan Penipuan Berkedok CPNS oleh Putri Nia Daniaty

Dream - Olivia Nathania atau Oi, putri Nia Daniaty, dituduh melakukan penipuan berkedok penerimaan PNS lewat jalur prestasi. Salah seorang mantan gurunya, Agustin, membuka permasalahan ini ke publik.

" Dia bilang, 'Ada yang mau masuk CPNS, enggak?'," tutur Agustin, dikutip dari Kapanlagi,com.

Teuku Ryan Istigfar Lihat Tingkah Konyol Ria Ricis: 'Woi Gede Banget Itu'

Kebetulan, anak Agustin baru lulus pada tahun 2018. Agustin pun semakin tertarik dengan janji Oi karena mengaku sudaha empat tahun menjadi perantara masuk CPNS dan ini tahun ke limanya.

" Itu yang buat saya percaya," tambah Agustin.

 

 

3 dari 6 halaman

Berkedok Jadi PNS

Agustin tak menaruh curiga sama sekali karena Oi karena merupakan mantan muridnya. Dia semakin percayaa karena Oi memberikan janji-janji manis.

" Yang buat saya yakin karena dia adalah murid saya, enggak mungkin lah seorang murid menipu gurunya. Awalnya gitu dengan diiming-imingi 'saya mungkin adalah murid yang masih care pada gurunya setelah sukses', itulah yang memotivasi saya seolah mau balas budi pada saya," ujarnya.

Pakai Filter di TikTok, Deddy Corbuzier Syok Lihat Wajahnya

Trik yang dilakukan Oi adalah dengan menawari jabatan sebagai PNS lewat jalur khusus. Yaitu para kandidat disebut oleh Oi menjadi pengganti untuk CPNS lain yang meninggal atau terindikasi narkoba.

Untuk bisa masuk jalur tersebut, para korban harus mengeluarkan uang mencapai puluhan juta rupiah. " Disitu lah mulai dia bilang tawarkan pada keluarga saya aja mumpung dia masih bisa bantu," kata Agustin.

 

4 dari 6 halaman

Setroan Uang Puluhan Juta

Karena percaya dengan ucapan manis Oi, ia sampai membawa 16 orang untuk ikut bergabung.

" Dengan nominal awal-awal itu Rp25 juta sampai Rp30 juta. Jadi saya karena saking percaya membawa lah keluarga saya sendiri ada 17 orang," imbuh dia.

Karena merasa ditipu oleh Oi dan suaminya, Rafly N Tilaar, Agustin melaporkan mereka berdua ke Polda Metro Jaya dengan didampingi kuasa hukumnya, Odie Hodianto.

" Kami laporkan Oli dan RAF yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan bahkan berani palsukan surat dengan kop BKN," kata Odie.

Gaya Crazy Rich Malang Rayakan Ultah Anak, Beli Coklat Setruk!

Kata dia, ada sekitar 225 orang yang diduga ditipu oleh Oi dan sang suami dengan nilai kerugian mencapai Rp9,7 Miliar.

Terkait ramainya kasus ini, Nia Daniaty masih belum bisa dihubungi.

5 dari 6 halaman

Komentar Farhat Abas Soal Putri Nia Daniaty Dituding Penipuan Berkedok CPNS

Dream - Farhat Abbas mantan suami Nia Daniaty turut priatian dengan munculnya laporan dari masyarakat yang mengaku sebagai korban penipuan oleh anak tirinya, Olivia Nathania. Selama ini Farhan mengaku tak tahu-menahu tentang profesi maupun bisnis yang dijalani putri tirinya itu.

" Sebagai seorang mantan suami dan pernah jadi ayah anak ini, saya turut prihatin dan saya berdoa semoga masalah ini cepat terselesaikan," kata Farhat dikutip Dream dari YouTube Cumicumi, Senin 27 September 2021.

Kejujuran Soal Hamil dan Nikah Siri Dicibir, Lesti Kejora: `Sabodo Teuing`

Sebagai seseorang yang bekerja pengacara, Farhat mengaku akan bersedia memberikan saran atau nasihat hukum kepada putri tirinya itu. Namun selama ini, Farhat tidak pernah atau atai diberi tahu soal bisnis dan rekan bisnis dari putri tirinya itu.

" Seandainya mereka terbuka ya mungkin kita akan memberi saran atau apa," imbuhnya.

 Farhat Abbas© Farhat Abbas

6 dari 6 halaman

Pria berusia 45 tahun ini mengaku sudah mengetahui banyak korban yang melaporkan putri dari mantan istrinya itu. Kasus yang terjadi adalah pihak yang saling lapor dalam dugaan sogokan dan calo untuk bisa menjadi PNS. 

Sebetulnya, lanjut Farhat, putri tirinya juga bisa melaporkan balik orang-orang yang menyogok, atau membayar untuk menjadi pegawai negeri. Polisi juga bisa menindak ratusan orang yang mengaku menjadi korban karena telah melakukan penyogokan. 

" Jadi sebenarnya kasus yang sangat memalukan menurut saya," kata Farhat Abbas 

" Diproses baik yang jadi calonya maupun yang ingin menjadi pegawai negeri itu karena ini adalah contoh yang tidak baik."

Mengaku prihatin, Farhat berharap kasus dugaan penipuan berkedok penerimaan CPNS lewat jalur prestasi yang diduga dilakukan Olivia Nathania bisa segera selesai.

(Sah, Sumber : youtube.com/Cumicumi)

Join Dream.co.id