Menyayat Hati, Perjuangan Joanna Alexandra Setia Temani Raditya hingga Ajal

Showbiz | Jumat, 7 Mei 2021 10:47
Menyayat Hati, Perjuangan Joanna Alexandra Setia Temani Raditya hingga Ajal

Reporter : Amrikh Palupi

Joanna dengan setia menemani suaminya sampai ajal menjemput Raditya Oloan pada Kamis 6 Mei 2021.

Dream - Joanna Alexandra sedang berduka usai suaminya Raditya Oloan pada Kamis 6 Mei 2021. Pria yang menikahi Joanna pada 16 Juni 2007 meninggal saat menjalani perawatan intensif di ruangan ICU karena terpapar virus Covid-19.

Raditya beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit, mulai dari Wisma Atlet sampai dirujuk ke Rumah Sakit Kemayoran. Joana dengan setia menemani suaminya yang saat itu kondisinya terus menurun.

Joanna bahkan sempat satu ruangan dengan Raditya karena ikut terpapar Covid-19. Tapi setelah menjalani isolasi dan perawatan, Joana yang positif dinyatakan sembuh dan hasil pemeriksaan menunjukan negatif.

Ibu empat anak itu terus memberikan informasi kepada publik kondisi dirinya dan suaminya Raditya yang masih menjalani perawatan. Ia juga meminta doa untuk kesembuhan sang suami yang sedang berjuang melawan virus corona.

Joanna mengungkapkan kondisi Radit sempat berangsur pulih, sehingga suaminya bisa keluar dari ruang ICU dan menjalani perawatan di kamar biasa. Ia terus memberikan semangat untuk sang suami agar cepat pulih dan kembali kepada keluarganya.

Berikut potret Joanna dengan setia menemani suaminya saat masih menjalani perawatan Itensif di rumah sakit.

2 dari 10 halaman

Satu Kamar dengan Raditya

 Joanna Alexandra setia temani suaminya
© Joanna Alexandra setia temani suaminya

Joanna sempat kembali dinyatakan positif Covid-19. Ia bahkan sempat satu kamar dengan suaminya Raditya Oloan. Joanna juga mengungkapkan kondisi suaminya yang saat itu sesak napasnya. Ia akhirnya bersama suami menjalani peratawan di wisma atlet, rumah sakit darurat khusus Covid-19.

" So we are now at Wisma Atlet Kemayoran, rumah sakit darurat covid. Bersyukuur bisa kesini dan dapet pengobatan dan pelayanan yang baguuus banget. Dapet semangat dan good energy vibes from aaaalll the doctors and nurses. Kalau isoman di rumah, kita harus ngumpet di kamar. Kalau disini, kita bebaaas jalan2... ada lapangan gedeee dan ada rooftop.. Bisa senam, jogging, main volleyball, ataupun duduk2 hirup udara segar..," tulis Joanna.

3 dari 10 halaman

Mengantar Raditya Dirujuk ke Rumah Sakit Persahabatan

 Joanna Alexandra setia temani suaminya
© Joanna Alexandra setia temani suaminya

Joanna terus setia memberikan semangat kepada suaminya yang dirujuk ke rumah sakit Persahabatan. Kondisi Raditya yang terus menurun menjadi alasan ayah empat anak itu harus menjalani perawatan intensif, rumah sakit yang lebih lengkap.

Joanna memperlihatkan potret Raditya Oloan bersama petugas rumah sakit menuju ke rumah sakit persahabatan.

" Kemarin siang, Radit dirujuk ke RSUP Persahabatan, disana masuk ICU, supaya lebih baik ya daddyy... Terima kasih RSDC-WA yang udah kasih yg terbaik untuk Radit. Di Persahabatan kondisi Radit pasti akan ditangani dengan lebih mantap lagi karena dokter2 dan peralatan dan obat juga lebih lengkap... amiiiin... thank youuuuu semua dokter suster bruder yg ngurusin radit secara intensif selama di IMCU dan HCU... may God bless youuuu... #pejuangnegatif," tulis Joanna.

4 dari 10 halaman

Dipindahkan ke Ruang HCU (High Care Unit)

 Joanna Alexandra setia temani suaminya
© Joanna Alexandra setia temani suaminya



Setelah beberapa menjelani perawatan itensif, ruangan IGD dan IMCU, Joanna mendampingi Radit untuk dipindahkan ke ruang HCU (High Care Unit). Ia juga menunjukan foto-foto suaminya itu.

5 dari 10 halaman

Lakukan Video Call

 Joanna Alexandra setia temani suaminya
© Joanna Alexandra setia temani suaminya

Joanna sempat melakukan video call dengan suaminya sbelum kembali kritis dan dipindahkan lagi ke ruangan ICU. Dari foto itu, Joanna masih melihat Raditya tersenyum meski Radit memakai alat bantu pernapasan.

" Please stand with me in prayer..Ini foto semalem sebelum mau masuk ICU dan hp-nya mau diambil. Sekarang Radit di ICU, kondisi sangat kritis mau pake vent.. Please prayyy.. declare healing, strength, peace, and whatever else comes into your mind," kata Joanna.

6 dari 10 halaman

Kronologi

Dream - Suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan, meninggal dunia. Kabar duka ini diungkapkan Revy Christanto Halim di akun Instagramnya, Kamis 6 Mei 2021. Lewat unggahan itu, Revy memberikan salam perpisahan dan penghormatan terakhirnya untuk Raditya Oloan.

" RIP Pastor radityaoloan. You're one of my greatest inspiration in ministry. Selama ini banyak banget video sharing ka Radit yang udah menginspirasi gw. Ka Radit juga selalu supportif dan ramah sama gw. Bersyukur banget sebelum ka Radit pulang ke sisi Tuhan, ka Radit kasi kalimat buat buku terbaru gw. It's such a great honor for me," tulis Revy.

Buat Revy, suami Joanna Alexandra selama ini telah menjadi sosok yang baik dan menginspirasi kehidupannya. Ia pun merasa sangat kehilangan.

 joan
© instagram

7 dari 10 halaman

" Jujur masih kepengen banget bisa ketemu ka Radit dan denger sharing-sharing ka Radit yang sangat memberkati.Tapi apapun yang terjadi, Tuhan pasti punya rancangan terbaik yang mungkin kita belom bisa lihat. Love you ka @radityaoloan," kata Revy.

Sedangkan menurut sahabat Joanna, Westny Dj, Raditya Oloan meninggal pada kamis malam ini. " Iya betul (meninggal) di jam 18.13 WIB," kata aktris Westny Dj saat dihubungi.

Sebelumnya Jonna memebrikan kabar kalau kondisi suaminya tengah kritis, bahkan dia meminta masyarakat untuk mendoakan suaminya agar cepat sembuh.

8 dari 10 halaman

Pilu, Postingan Terakhir Joanna Alexandra Sebelum Raditya Oloan Meninggal Dunia

Dream - Duka mendalam dirasakan Joanna Alexandra. Suaminya Raditya Oloan, meninggal dunia pada Kamis 6 Mei 2021. Kabar itu pertama kali mencuat leat unggahan Revy Christanto Halim di akun Instagramnya.

Sebelum meninggal, Joanna sempat mengunggah potret bersama sang suami Raditya di feed akun instagram. Dalam postingannya, Joana berjanji akan mengajak jalan-jalan suaminya usai sembuh dari Covid-19.

"  Nanti kalau udah pulihhh 100% kita jalan-jalan berdua aja yuk daddyyyy,"  tulis Joanna Alexandra dikutip Dream dari akun instagramnya, Kamis 6 Mei 2021.

Pemain film Catatan Akhir Sekolah ini juga menuliskan ucapan terimakasih kepada orang-orang yang telah mendoakan kesembuhan untuk suaminya.

 Joanna Alexandra
© Joanna Alexandra

" To my dearest friends and family, near and far. Yang kukenal ataupun tidak, gak ada lagi yg bisa aku ucapin selain thank youuuuuu so muchhh!!! Untuk semua panjatan doa, semua harapan yg disampaikan, semua support yang dikirimkan... pleaseeee jangan berhenti yah. We need all the prayers, bahkan #PrayLikeNeverBefore,"  tuturnya.

9 dari 10 halaman

Joana juga sempat mengabarkan kondisi terakhir suaminya sebelum meninggal. Ia mengatakan Radit berada di ruangan ICU dan dibantu dengan alat pernapasan.

" Biasanya aku #updateZiona kalau sekarang #updateRadit yah ???? Jadi sekarang suamiku posisinya masih di ICU, dibuat tidur karena memakai ventilator. Kondisinya post-covid dengan komorbid asma, and he is going through a cytokine storm yang menyebabkan hyper-inflamation in his whole body..., kata Joana.

"  Ditambah lagi ada infeksi bakteri yang lumayan kuat (but not as strong as my Father tentunya!!!!). Oia dan sementara ini Radit lagi CVVH karena ginjalnya lagi kurang berfungsi dengan baik... So if you would so kindly join me in prayer, please, here are some prayer points,"   imbuhnya.

10 dari 10 halaman

Curhatan Anak Joanna Alexandra Bikin Banjir Air Mata

Dream - Duka mendalam dirasakan anak-anak Raditya Oloan. Sang ayah pergi untuk selama-lamanya. Suami Joanna Alexandra itu menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 18.13 WIB, Kamis 6 Mei 2021.

Raditya meninggalkan seorang istri dan empat anak yang masih kecil. Putra kedua Joanna dan Radit, Zeraiah menuliskan ucapan haru terkait kepergian sang ayah.

Lewat Instagramnya @zeraiahmoria, ia mengungkapkan isi hatinya.

"  Dady has gone through enough pain, he is now in peace with God. Things to be mad about: my dad is not there to encourage me, I can't watch movies and anime with him, and I won't be able to stay up at night watching movies with him," tulis Zeraiah.

Jika diterjemahkan bebas; "  Ayah sudah cukup menderita, dia sekarang damai bersama Tuhan. Hal-hal yang membuat marah: Ayah tak ada lagi di sana untuk menyemangatiku, aku tidak bisa menonton film dan anime bersamanya, dan aku tidak bisa begadang di malam hari untuk menonton film bersamanya" .

 Raditya Oloan dan Zeraiah
© Instagram @zeraiahmoria

Kata Zeraiah, banyak hal-hal yang membuatnya bahagia bersama sang ayah.

"  My dad is in peace and no more pain, God is still in my side forever and ever. (Ayahku tenang dalam damai dan tidak sakit lagi, Tuhan tetap disampingku dan selamanya" .

Unggahan bocah 10 tahun itu membuat haru warganet. Banyak dari mereka berikan semangat, doa dan ucapan belasungkawa di kolom komentar.

Join Dream.co.id