Maia Estianty: Teman-temanku yang Dokter Menangis karena Virus Corona

Showbiz | Jumat, 27 Maret 2020 12:22
Maia Estianty: Teman-temanku yang Dokter Menangis karena Virus Corona

Reporter : Nur Ulfa

Maia Estianty mengaku sampai tak bisa tidur untuk memikirkan penggalangan dana untuk membantu penanganan Covid-19.

Dream - Maia Estianty dan sejumlah teman artisnya yang tergabung dalam Geng Tempe menggalang dana untuk membantu penanganan pandemi virus corona di Indonesia. Dia mengaku sampai tak bisa tidur untuk memikirkan penggalangan dana tersebut.

" Awalnya iseng minggu lalu tuh, kan Cathy Sharon bilang di grup tuh mau galang dana, enggak? Anak-anak bilang segala macam. Aku enggak bisa tidur tuh semalaman," ujar Maia Estianty saat dihubungi, Kamis 26 Maret 2020.

Tak hanya teman-teman di Grup Tempe, semacam Cathy Sharon dan Teuku Zaky, ternyata para pengikutnya di Instagram juga mendesaknya untuk menggalang dana. Akhirnya, ibunda Al, El, dan Dul, ini membulatkan tekad untuk menghimpun sumbangan.

" Tantangan juga dari followers, katanya, 'ayo dong artis-artis bikin galang dana kayak di Korea. Artis-artis di sana kan nyumbang miliaran.' Akhirnya aku sama Cathy ya sudah kami bikin galang dana umat saja deh," tambah istri Irwan Mussry tersebut.

Tak disangka, respons masyarakat sangat antusias. Belum genap seminggu, sudah lebih Rp1,4 miliar dana terkumpul. Maia dan teman-temannya sudah memberikan alat-alat kesehatan, seperti masker, baju alat pelindung diri (APD), dan sarung tangan ke 35 rumah sakit yang tersebar di Jakarta dan Bandung.

" Rasanya sekarang lagi darurat nasional ya. Aku punya teman-teman dokter yang mereka nangis, mereka harus pegang pasien Covid-19 tanpa APD. Itu makanya aku tergerak sampai enggak bisa tidur dan itu, mereka butuh banget gitu loh," katanya.

2 dari 7 halaman

Pulang dari London Tak Dipeluk, Maia Sambut El Rumi dengan Semprotan Antiseptik

Dream - Ahmad El Jalalluddin Rumi atau tenar disapa El Rumi memutuskan pulang ke Indonesia dan menjalani pendidikan secara online dari tempat kuliahnya di London, Inggris. Seperti diketahui, kasus wabah virus corona baru, Covid-19, saat ini juga mulai meresahkan warga negeri Ratu Elizabeth tersebut. 

Saat tiba di kediaman ibunya, Maia Estianty, El tak mendapat pelukan seperti biasa ia dapatkan setiap kali bertemu.

Maia yang mengetahui putranya pulang dari negara terpapar virus corona terlebih dahulu mengecek suhu tubuh El Rumi. Istri Irwan Mussry ini juga meminta El untuk memakai hand sanitizer sebelum masuk ke dalam rumahnya.

" Wah normal 33,1 (suhu tubuh El)," kata Maia dalam video di instagramnya.

" Normal dong," timpal El.

3 dari 7 halaman

Tetap Diisolasi

Meski kondisi tubuh El normal, Maia tidak mau bersentuhan dulu dengan El. Ia meminta anak tengahnya itu menjalani isolasi dulu karena baru tiba dari London.

" Alhamdulillah El dah sampai Indonesia, suhu tubuh normal. Biar gitu juga, aku nggak mau sentuhan ama anak dulu. Dan wajib isolasi diri dulu di rumah. Dan kebijakan sekolah El membolehkan sekolah online. Jadi dia boleh pulang, alhamdulillah," kata Maia.

Sejak wabah virus corona merebak di Indonesia, Maia sejak beberapa hari terakhir sengaja memutuskan tinggal bersama anak-anaknya. DIa terpaksa berpisah dari suaminya meski Maia memastikan tubuh mereka sehat.

" Beberapa hari ini tidur di rumah anak.berpisah dari suami tercinta, walaupun sama-sama nggak sakit. Lagi mau ngawasin anak-anak dulu," tutur dia.

(Sah, Instagram @maiaestiantyreal)

4 dari 7 halaman

El Rumi: Covid-19 Lebih Menggila di Inggris daripada Indonesia

Dream - El Rumi mengatakan bahwa penyebaran virus corona baru, Covid-19, di Inggris lebih parah daripada Indonesia. Menurut dia, pasien terinfeksi virus corona di Inggris melonjak.

" Satu hari naik 342 kasus?! Total per hari Senin 16 Maret mencapai 1.543 kasus?! COVID-19 LEBIH MENGGILA DI UK DARIPADA INDONESIA?! UPDATE TENTANG CORONAVIRUS DI UK!!,"  tulis El Rumi di Instagram.

Menurut pemuda bernama lengkap Ahmad El Jallaludin Rumi itu, pandemi corona membuat aktivitas belajarnya di Universitas London libur. Dia bahkan harus kembali ke Indonesia.

 el rumi di london© el rumi di london

Foto : @elelrumi

" Minggu ini, semua kebiasaan gua berubah gara2 Coronavirus!! Mulai dari ditiadain kuliah sampe harus pulang ke Indonesia!!," tambah pemuda 20 tahun itu.

El mengatakan bahwa Inggris termasuk sepuluh negara terparah yang terpapar Covid-19. London menjadi kota terparah di Inggris yang terpapar wabah virus corona.

" Kingdom masuk ke dalam 10 negara terparah yang terkena COVID-19 dan London adalah KOTA TERPARAH yang terkena COVID-19. Per 15 Maret, ada 407 kasus ditemukan HANYA DI KOTA LONDON SAJA," tulis El Rumi.

5 dari 7 halaman

Kebutuhan Pokok Makanan Langka

 El rumi© El rumi

Selain itu, dampak lain akibat corona, kebutuhan hand-sanitizer masker, tissu dan bahan makanan mulai langka dan sulit untuk didapatkan saat ini.

Meski demikian, El tetap menyrankan untuk semua masyarakat mematuhi pemerintah atau WHO tentang pencegahan virus covid-19 ini. Caranya lakukan social distancing dan menjaga stamina tubuh serta minum vitamin agar imuntas tubuh tetap terjaga.

" Sampai kapan kah Coronavirus akan menghantui kita?? Well, we will never know..Yang pasti selalu ikuti arahan dari pemerintah/WHO untuk cara pencegahan COVID-19 dan selalu jaga agar badan tetap sehat dengan minum vitamin!!,"  tuturnya.

" Stay safe guys and if possible do your ‘Social Distancing’.. Nih untuk nemenin kalian #DirumahAja#ELVLOG26 tentang COVID-19 di Inggris Raya,"  imbuhnya.

6 dari 7 halaman

Maia Estianty Khawatir Virus Corona: Indonesia kok Santai Aja?

Dream - Maia Estianty menyayangkan sikap pasien terinveksi virus corona jenis baru, Covid-19, yang kabur dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan. Menurut dia, pasien tersebut berpotensi besar menularkan virus tersebut kepada orang lain.

"  Guys, gw ga ngerti mau komen apa ya di kasus ini. Apa dia gak tau kalo dia bisa nularin ke banyak orang pas dia pulang? walopun sekarang udah di isolasi kembali," tulis Maia di Instagram.

Maya mengunggah sejumlah judul berita tentang kasus kaburnya pasien virus corona, yang sekarang sudah diisolasi kembali itu.

Ibu tiga anak itu mempertanyakan kesadaran masyarakat yang seolah biasa-biasa saja menghadapi virus corona jenis baru etrsebut. Padahal, virus corona jenis baru itu, tambah dia, tidak sama dengan kasus flu biasa.

"  Flu tapi mati buat sebagian orang yang udah punya penyakit sebelumnya.!!!!! plus bisa ngerusak paru2 lebih parah....gimana tuh?" tambah istri Irwan Mussry tersebut.

 Satu Panggung Bareng, Begini Komentar Maia Estianty dan Ahmad Dhani© MEN

Maia Estianty(Kapanlagi.com)

7 dari 7 halaman

Indonesia Terlalu Santai

Menurut dia, sejumlah negara di Eropa telah memberlakukan kebijakan lockdown atau menutup diri. Di Inggris, kata dia, sebentar lagi juga bakal menerapkan kebijakan serupa.

"  Anak gw lagi di UK, mau gw suruh pulang aja, karena bentar lagi di lockdown. Trus Indonesia kok santai aja gitu?"

Maia mengatakan, virus corona jenis baru itu tidak sama dengan penyakit mematikan lain, seperti demam berdarah alias DBD. Menurut dia, penyakit-penyakit itu tidak menular. Kecepatan penyebarannya pun tidak secepat virus corona. "  So, jangan anggap enteng ini virus."

"  Mungkin juga rakyat kita belum siap di lockdown, yang mungkin otomatis semua perekonomian akan drop gila2an.... Siap gak tuh?"

Meski demikian, Maia berharap masyarakat tidak panik. Dia berharap semua orang membaca semua informasi yang benar tentang pencegahan Covid-19.

"  Jangan lupa sering cuci tangan 20 detik pake sabun dan air bersih, jangan sentuh mata, hidung, dan mulut kalau belum cuci tangan."

Dia berpesan agar masyarakat mengonsumsi vitamin C dosis tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah bila tidak untuk urusan yang snagat penting.

"  Kalo ada orang gak mau salaman ama dirimu, jangan sewot, itu lebih baik . (semakin bersentuhan, semakin cepet tertular)."

Apabila terkena gejala flu, kata dia, harus sadar mengisolasi diri selama 14 hari. "  Kalo perlu ke RS yg ditunjuk pemerintah (toh gratis ini kan). Jangan lupa juga kalo lagi flu biasakan pake masker. Tidir yang cukup."

 maia estianty© maia estianty

Join Dream.co.id