Kondisi Tukul Usai Operasi Pendarahan Otak: Sudah Sadar, Merespons `Ehem-Ehem`

Showbiz | Jumat, 24 September 2021 19:23

Reporter : Nur Ulfa

Tukul sudah bisa merespon

Dream - Usai menjalani operasi pendarahan otak, kondisi Tukul Arwana dikabarkan sudah berangsur membaik. Meski masih belum bisa diajak berkomunikasi, komedian senior ini sudah bisa merespon dan menggerakan anggota tubuhnya.

" Alhamdulillah sudah berangsur-angsur membaik. Sudah bisa merespons, sudah bisa merespons dari mata, gerakan tangan semua sudah bisa. Itu sih yang bisa kami update," kata Riski Kimon, manager Tukul di RS PON, Jakarta, Jumat, 24 September 2021.

Menurut Kimon, Tukul saat ini sudah dalam kondisi sadar meski masih belum bisa memberikan merespons sata berkomunikasi. 

" Beliau masih dalam kondisi sadar, masih 'ehem-ehem' seperti itu. Masih sadar," katanya.

Sayangnay Kimon tak bisa memberikan penjelasan lebih jauh terkait kondisi Tukul yang diketahui mengalami pendarahan di otak. Kimon beralasan hal-hal teknis terkait kondisi kesehatan Tukul lebih pas ditanyakan kepada pihak rumah sakit.

" Kalau itu kan secara teknis jadi kita, saya pribadi belum bisa menjelaskan, paling nanti pihak dokter, pihak rumah sakit PON yang akan menjelaskan. Saya hanya bisa meng-update," ungkap dia.

Sebelumnya manajemen RS Pusat Otak Nasional memastikan pendarahan di otak yang dialami Tukul Arwana tidak ada korelasinya dengan efek vaksinasi Covid-19. Pihak RS menegaskan tak ada bukti ilmiah yang menunjukan efek dari vaksin tersebut bisa memicu stroke. 

Namun pihak manajemen RS PON menegaskan tak bisa menjelaskan denga rinci kondisi kesehatan Tukul karena terikat dengan ketentuan rahasia medis dari pasien yang dirawat. (Sah) 

Kondisi Tukul Usai Operasi Pendarahan Otak: Sudah Sadar, Merespons `Ehem-Ehem`
© MEN
2 dari 6 halaman

2 Bulan Terakhir Tukul Sebelum Pendarahan Otak: Sering Minta Obat Pusing & Tidur

Dream - Maria Vania mengaku sedih dan terkejut mendengar Tukul Arwana, rekan presenter di program talkshow stasiun televisi, mengalami pendarahan otak. Dua hari sebelum dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Maria dan Tukul masih syuting di program tersebut.

" Aku terkahir ketemu 2 hari lalu, kita syuting dari siang sampai sore. Dia super sehat, nggak ada tanda-tanda beliau sakit," kata Maria Vania dalam tayangan Rumpi No Secret.

Mendengar Tukul dirawat karena pendarahan otak, Maria baru menyadari jika ada perubahan dari komedian senior itu dalam dua bulan belakangan ini. Tukul, ungkap Vania, sering mengeluh sakit kepala saat menjalani syuting.

" Cuma aku baru ngeh, aku flashback sebelumnya. Ada 2 kali mas Tukul pernah minta ke managernya 'Kimon minta dong obat sakit kepala',itu 2 kali," ucap dia lagi.

 

3 dari 6 halaman

Sering Tidur Saat Break Syuting

Tak hanya itu meminta obat pusing, Maria juga sering melihat Tukul lebih banyak tidur ketika break syuting.

" Awal bulan ini pernah minta yang aku dengar, bulan lalu minta juga obat pusing. Aku mikir cuma pusing biasa, tapi mas Tukul sering juga tiduran kalau kita lagi break," tuturnya.

Dengan kondisi Tukul yang harus menjalani perawatan, Maria mengungkapkan proses syuting program talkshow yang dipandunya harus ditunda. Penundaan paling tidak dilakukan sampai Tukul dinyatakan telah pulih.

" Karena ini dadakan banget. Kita harus break syuting, karena yang penting kesehatan mas Tukul," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Dirut RS PON Tegaskan Penyakit Tukul Tak Terkait Efek Vaksin Covid-19

Dream - Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) dr. Mursyid Bustami menegaskan penyakit pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana tidak ada kaitannya dengan efek vaksinasi Covid-19.   

" Berkaitan dengan beberapa berita yang beredar, ada hubungan kah antara stroke pendarahan dengan vaksin? Tidak ada," kata dr. Mursyid Bustami lewat webinar, Jumat, 24 September 2021.

Diketahui Tukul Arwana baru-baru ini dilarikan ke RS PON, Jakarta untuk menjalani operasi setelah mengalami pendarahan otak. 

Kabar sakitnya Tukul memicu beredarnya spekulasi penyakit Tukul Arwana diakibatkan efek dari vaksin Covid-19.

 

5 dari 6 halaman

Tak Ada Bukti Ilmiah Vaksin Covid-19 Picu Stroke

Mursyid menegaskan pemberian vaksin-19 sama sekai tidak ada kaitannya dengan stroke ataupun  pendarahan otak penerimanya. Bahkan dia bisa memastikan semua merek vaksin Covid-19 yang digunakan selama ini tak ada korelasinya dengan risiko terjadinya stroke.

" Ini perlu kami klarifikasi. Secara ilmiah pun tidak ada hubungannya," katanya.

Mengenai kondisi Tukul setelah menjalani operasi, Mursyid menegaskan pihak rumah sakit tidak bisa menjelaskannya secara detail karena terkait kerahasiaan medik dari pasien.

" Berita sudah banyak beredar itu dari keluarga. kami sesuai dengan aturan yang berlaku, kami tidak akan menyampaikan kondisi pasien," ucapnya.

6 dari 6 halaman

Begini Kondisi Tukul Arwana usai Jalani Operasi Pendarahan Otak

Dream - Tukul Arwana langsung menjalani operasi saat dibawa ke RS PON, Jakarta. Menurut Kimon manager Tukul, kalau ayah tiga anak ini sedang masa pemulihan.

" Alhamdulillah sudah dilakukan operasi dan sekarang masa pemulihan," kata Kimo dilansir dari kanal Youtube Star Story, Kamis 23 September 2021.

Disinggung seberapa parah pendarahan otak yang dialami Tukul, sampai harus menjalani operasi, Kimon tak bisa memberikan penjelasan secara luas.

" Saya gak bisa menjawab secara teknis kedokterannya apa, saya masih belum tahu," imbuhnya.

Kondisi Tukul diketahui sempat tak sadarkan diri sebelum dibawa ke rumah sakit.

Kimon mengatakan kalau saat ini pemilik nama asli Tukul Riyanto tersebut sudah bisa memberikan respon.

" Alhamdulillah sudah bisa respon. Saat ini beliau memerlukan istirahat sangat intens, kami mohon doanya," ujar dia.

Join Dream.co.id