Kisah Nabi Nikahkan Sahabat dengan Mahar Hafalan Quran

Showbiz | Selasa, 10 Maret 2015 12:16
Kisah Nabi Nikahkan Sahabat dengan Mahar Hafalan Quran

Reporter : Eko Huda S

Pernikahan putri Aa Gym banyak dibicarakan pengguna media sosial. Banyak yang kagum dengan mas kawin unik dalam pernikahan itu, yaitu hafalan 30 juz Alquran.

Dream - Kiai Haji Abdullah Gymnastiar baru saja menikahkan putri ke tiganya, Ghaitsa Zahira Shofa dengan pria bernama Maulana Yusuf. Uniknya, mahar dalam pernikahan itu adalah menghafal 30 juz Alquran, selain emas kawin berupa 10 gram emas dan uang satu dirham.

Kisah pernikahan ini ramai dibincangkan, terutama di media sosial. Pernikahan pasangan yang sama-sama menghafal Alquran ini mengundang decak kagum dari sebagian orang.

Soal emas kawin berupa hafalan Alquran, sebenarnya bukanlah hal baru dalam Islam. Emas kawin hafalan Alquran sudah ada sejak masa Nabi Muhammad. Kisah itu tercantum dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Diriwayatkan dari Sahal bin Saad bahwa ada seorang perempuan yang datang kepada Rasulullah dan berkata, “ Ya Rasulullah kuserahkan diriku untukmu.” Wanita itu berdiri lama, lalu berdirilah seorang sahabat laki-laki dan berkata, “ Ya Rasulallah, kawinkan dengan aku saja jika kamu tidak ingin menikahinya.

Rasul kemudian berkata, “ Punyakah kamu sesuatu untuk dijadikan mahar?”. Dan sahabat itu menjawab, “ Tidak, kecuali hanya sarungku ini.” Maka Nabi menjawab, “ Bila kamu berikan sarungku itu, maka kamu tidak akan punya sarung lagi, carilah sesuatu.

Sahabat itu mencari sesuatu lantas berkata, “ Aku tidak mendapat sesuatu pun.” Nabi kembali meminta, “ Carilah walau cincin yang terbuat dari besi.” Sahabat itu mencari lagi, namun kembali tak menemukan apapun.

Nabi kemudian bertanya lagi, “ Apakah kamu hafal Alquran?”. Sahabat itu menjawab, “ Ya, surat ini dan itu,” sambil menyebut surat dalam Alquran. Maka bersabdalah Nabi Muhammad, “ Aku telah menikahkan kalian berdua dengan mahar hafalan Alquranmu.

Hadis itu juga sesuai dengan hadis lain, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang sahih. Hadis itu berbunyi, “ Pergilah, sungguh aku telah menikahkan kamu dengannya, maka ajarilah dia dengan Alquran.

(Dari berbagai sumber Baca Juga Pernikahan Putri Cantik Aa Gym, Mahar 30 Juz AlquranHapalan 30 Juz Alquran, Mahar Pernikahan Putri Aa GymDude Herlino Berharap Putranya Jadi Penghafal AlquranMengapa Istri Caisar Bercadar?Transformasi Caisar 'YKS': Religius Setelah TerpurukBerubah, Caisar 'YKS' dan Istri Kena Cibiran

Join Dream.co.id