Irwansyah Blak-blakan Soal Tuduhan Penggelapan Uang Rp2 Miliar

Showbiz | Sabtu, 19 Oktober 2019 20:34
Irwansyah Blak-blakan Soal Tuduhan Penggelapan Uang Rp2 Miliar

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Irwansyah dilaporka ke polisi oleh Medina Zeon karena dituduh menggelapkan dana Rp2 miliar.

Dream Irwansyah menyatakan tidak pernah menggelapkan uang Rp2 miliar milik PT Bandung Berkah Bersama. Uang itu memang ditransfer ke rekening perusahaannya, JCorp, tapi untuk keperluan gerai kue Makuta di Jakarta, anak usaha PT Bandung Berkah Bersama.

Suami Zaskia Sungkar tersebut mengatakan, transfer dana itu dilakukan berdasarkan kesepakatan dalam rapat pemegang saham mayoritas PT Bandung Berkah Bersama. “ Bulan Desember 2017 ada rapat dewan komisaris di Jakarta, di Radio Dalam,” kata Irwansyah saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu 19 Oktober 2019.

Rapat dewan komisaris itu diikuti oleh Irwansyah, Zaskia Sungkar, Laudya Cynthia Bella, dan pemegang saham lainnya. Total saham peserta yang hadir dalam rapat Desember 2017 itu sebesar 80 persen. Sementara, Medina Zein, yang memiliki saham 20 persen, berhalangan hadir. “ Karena sedang ada masalah di travel umrohnya,” tutur Irwansyah.

Dalam rapat yang tidak dihadiri oleh Medina Zein itu, pemegang saham mayoritas membahas gerai Makuta di Jakarta. Mereka merasa perlu merekrut karyawan untuk mengurus gerai tersebut. Sehingga, rapat itu menyepakati penambahan karyawan di Jakarta, termasuk gaji karyawan yang ditransfer dari PT Bandung Berkah Bersama ke rekening JCorp.

Irwansyah mengaku siap menjelaskan masalah ini secara rinci di hadapan penyidik. Meski demikian dia menyanyangkan langkah Media Zein yang membawa perkara tersebut ke jalur hukum sebelum membahasnya di internal perusahaan.

“ Kami awalnya tunggu rapat, tapi alasan baru melahirkan enggak bisa rapat di Jakarta. Karena dia di Bandung. Tapi malah konferensi pers,” ucap Irwansyah.

2 dari 5 halaman

Soal Rp40 Juta Masuk ke Irwansyah

Pada kesempatan yang sama, Zaskia Sungkar menjelaskan aliran dana Rp40 juta ke rekening pribadi Irwansyah. Menurut dia, aliran uang tersebut bukanlah penggelapan, karena merupakan gaji Irwansyah sebagai komisaris PT Bandung Berkah Bersama.

“ Aliran masuk di duga ke Irwansyah Rp10 juta sebanyak empat kali, Rp40 juta. Itu bukan permintaan Irwansyah sebagai komisaris,” ujar Zaskia.

Kakak Shireen Sungkar itu menjelaskan, uang yang dikirim ke rekening Irwansyah itu mulanya diperintahkan oleh komisaris lain di perusahaan tersebut sebagai gaji. “ Yang saya bingung, yang memerintahkan itu enggak dilaporin,” ucap dia.

3 dari 5 halaman

Medina Zein Laporkan Irwansyah Karena Dugaan Penggelapan Uang Rp1,9 M

Dream - Pengusaha dan selebgram Medina Zein melaporkan Irwansyah atas dugaan penggelapan uang milik perusahaan, PT Bandung Berkah Bersama. Laporan dibuat Medina di Polrestabes Bandung pada Jumat, 18 Oktober 2019.

Selain suami Zaskia Sungkar, Medina juga melaporkan Fitra Olid yang menjadi direktur dari perusahaan tersebut. Irwansyah diketahui menjabat sebagai komisaris di PT Bandung Berkah Bersama.

" Kami selaku kuasa hukum mendampingi pelapor Medina Zein membuat laporan polisi atas tindakan pidana penggelapan Pasal 372 dam 374 KUHP," kata Lukman Ashari kuasa hukum Medina Zein di Senopati, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Oktoner 2019.

Menurut Lukman, Medina selaku anggota Dewan Komisaris PT Bandung Berkah Bersama menilai Irwansyah telah melakukan transfer dana perusahaan ke rekening pribadi. Dia juga menuding uang ditransfer ke rekening milik perusahaan Irwansyah, Jannah Corps.

Tudingan itu dibuat setelah Medina melakukan penelusuran aliran dana perusahaan dari rekening koran selama tahun 2017-2019. 

" Setelah dilihat seksama ditemukan aliran dana ke rekening pribadi yang tidak ada hubungan dengan perusahaan. Itu tanpa sepengetahuan Medina Zein," ujarnya.

Karena tindakan Irwan, PT Bandung Berkah Bersama mengalami kerugian mencapai Rp 2 miliar. Dan menurutnya masih bisa lebih kerugian yang dialami perusahan.

" Sejauh ini kerugian 1.985.534.367, nanti bukti-bukti akan kami lampirkan setelah dipanggil BAP," ujar Medina Zein.

Dream masih berusaha meminta keterangan dari Irwansyah terkait tudingan penggelapan dana perusahaan yang dilaporkan Medina ke kepolisian. (Sah)

4 dari 5 halaman

Kubu Irwansyah Siap Tuntut Balik Medina Zein?

Dream - Fanny Bauty, ibunda Zaskia Sungkar menyayangkan sikap selebgram Medina Zein yang melaporkan Irwansyah atas dugaan penggelapan uang hampir Rp 2 miliar.

Padahal, menurut Fanny, selama ini uang perusahaan yang masuk ke dalam rekening Irwansyah sudah dilakukan secara terbuka.

" Kalau transferan Rp40 juta hak nya sebagai komisaris kenapa? Itu terbuka kok. Direkturnya juga dapat. Itu hak mereka ya nggak ada masalah, trus kenapa gitu loh?" ujar Fanny Bauty saat dihubungi, Jumat, 18 Oktober 2019.

Karena sikap Medina yang dianggap tidak mau menyelesaikan permasalahan ini baik-baik dan dianggap menyebar fitnah, kemungkinan kubu Irwansyah bakal melaporkan balik Medina.

" Dia bisa tuntut balik, tapi belum tahu kapan," ungkapnya.

Fanny percaya menantu dan anaknya tidak mungkin melakukan penggelapan uang seperti yang dituduhkan Medina.

" Satu hal lagi, anak saya, mantu saya ada didikan orang tua. Ngga pernah makan hak orang, Allah ngga tidur, yang fitnah siapa, dia akan kena fitnahnya," tuturnya. (ism)

5 dari 5 halaman

Irwansyah Dilaporkan Medina, Zaskia Sebut 'Bahan Bakar Fitnah'

Dream Zaskia Sungkar menanggapi laporan rekan bisnisnya Medina Zein kepada sang suami, Irwansyah, atas tuduhan dugaan penggelapan uang. Irwansyah dituding menggelapkan uang mencapai hampir Rp2 miliar milik perusahaan patungan mereka, PT Bandung Berkah Bersama.

"  Astaghfirullah al adzim. Alhamdulillah sudah lihat tadi videonya masyallah. Sudahlah Biarkan waktu yang menjawab. Alhamdulilah kita tinggal di negara hukum. Semuanya malah lebih baik diselesaikan secara hukum," ucap Zaskia Sungkar dikutip Dream dari instagram stories-nya, Jumat 18 Oktober 2019.

 irwansyah dan Shireen Sungkar

Foto : zaskiasungkar15

Putri Fanny Bauty ini mengatakan tidak bisa memberikan penjelasan resmi laporan rekan bisnisnya itu dalam waktu dekat. Sebab, Zaskia dan Irwansyah akan melakukan traveling.

 zaskia sungkar

" Untuk klarifikasi saja, Insya Allah aku besok berangkat liburan, dan suamiku juga tidak mungkin memberikan statement apapun," kata Zaskia.

Wanita kelahiran Jakarta 22 Desember 1990 ini juga mengutip kalimat bijak dari Ali bin Abi Thalib.

" Barang siapa menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya. Ali Bin Abi Thalib," tulis Zaskia Sungkar. (ism)

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal
Join Dream.co.id