Cuma Nama yang Mirip, Hadi Pranoto di Konten Anji Beda dengan Alumni S3 IPB

Showbiz | Senin, 3 Agustus 2020 18:20
Cuma Nama yang Mirip, Hadi Pranoto di Konten Anji Beda dengan Alumni S3 IPB

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Hadi Pranoto yang merupakan narasumber di video YouTube Anji berbeda dengan Hadi Pranoto yang merupakan alumnus IPB.

Dream - Nama Hadi Pranoto mendadak menjadi buah bibir setelah menjadi narasumber dari konten Youtube Anji yang sudah dihapus pihak Youtube. Dalam wawancara itu Hadi Pranoto memperkenalkan diri sebagai professor dan pakar mikrobiologi yang mengklaim telah berhasil menemukan antibodi Covid-19.

Menjadi viral karena pengakuannya tersebut, sosok Hadi Pranoto banyak dicari di dunia maya. Banyak netizen yang meragukan klaim serta gelar akademik yang disandangnya. Obat herbal yang diklaim bisa menyembuhkan Covid-19 juga memicu kontroversi.

Salah satu alat penelusuran yang dilakukan adalah dengan mencari profil Hadi Pranoto sebagai dosen di website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Di laman tersebut muncul nama Hadi Pranoto dengan gelar akademik Doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Namun foto Hadi Pranoto do website Dikti tersebut berbeda dengan sosok pria yang menjadi narasumber di akun YouTube musisi Anji.

2 dari 7 halaman

Prof Hadi Pranoto Versi Anji dan IPB

Jurnalis Dream.co.id sendiri juga menanyakan ke pihak IPB University terkait sosok Hadi Pranoto yang dimaksud di website Dikti tersebut.

Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti, mengatakan sosok Hadi Pranoto yang menjadi narasumber di video YouTube Anji berbeda dengan dosen yang merupakan alumnus IPB.

" Sosok Hadi Pranoto yang dimaksud dalam berita ini adalah orang yang berbeda dengan Hadi Pranoto yang merupakan Alumnus IPB," jelas Yatri saat dikonfirmasi, Senin 8 Agustus 2020.

Mengaku memiliki nama yang sama, Yatri menegaskan Hadi Pranoto yang pernah menempuh pendidikan S3 di IPB saat ini berprofesi sebagai dosen di Universitas Mulawarman.

3 dari 7 halaman

Youtube Hapus Video Anji dan Hadi Pranoto, Ini Sosok Sang 'Profesor'

Dream - Video youtube yang menampilkan wawancara Anji bersama Hadi Pranoto yang disebut sebagai profesor pakar mikrologi telah dihapus Youtube. Video berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 sudah ditemukan!!! (PART1) membuat kontroversi netizen. 

Jika masuk ke dalam chanel Anji, memang video yang diunggah 2 hari lalu itu sudah tidak ada. Dan jika membuka link video tersebut, muncul tulisan berikut: 

" Video ini telah dihapus karena telah melanggar pedoman (aturan) youtube," seperti tulisan yang dilihat dalam video tersebut.

4 dari 7 halaman

Memang dalam video itu memunculkan pro dan kontra semenjak diunggah.

Salah satu yang ikut bereaksi atas video tersebut adalah Dr Tompi. Tompi tak menyalahkan atas video yang diunggah Anji tersebut.

" Lagi heboh banget sama berita @duniamanji wawancara profeseror penemu obat covid. Bukan gak mungkin loh, bisa aja bener," kata Tompi.

Menurut Tompi, sebuah obat ataupun vaksi itu tetap harus ada prosedurnya dan dijabarkan secara jelas seperti apa obat tersebut bisa berfungsi.

" Tapi begini Anji, sebuah penemuan apalagi medis ya, harus dipersentasikan dengan tata cara ilmiah. Supaya teruji terukur dan bisa diulang,"  kata Tompi lagi.

5 dari 7 halaman

Siapa Hadi Pranoto?

Sosok Hadi Pranoto mengundang kontroversi. Gelar profesornya dan kepakarannya pun dibicarakan banyak orang. Tapi penelusuran di Google menghasilkan temuan mengejutkan terkait sosok Hadi Pranoto. Berikut diantaranya: 

 

6 dari 7 halaman

Keluarga Pengundang Rhoma Irama di Bogor

Hadi Pranoto, anak angkat Surya Atmaja, yakni penyelenggara acara khitanan yang menghadirkan Pedangdut Rhoma Irama di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meminta maaf.

" Maaf yang sebesar-besarnya pada Pemda, Gugus Tugas Covid-19 tingkat daerah maupun nasional karena keluarga kami mengadakan acara khitanan di saat Covid-19 masih mewabah di Indonesia," kata Hadi Pranoto saat ditemui di rumah makan bilangan Dramaga Kabupaten Bogor, Rabu (1/7), seperti dilansir

Menurutnya, setelah disurati oleh Bupati Bogor Ade Yasin mengenai pelarangan melaksanakan acara, keluarga Surya Atmaja mendapatkan informasi bahwa ada pencabutan aturan mengenai larangan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

" Setelah kami mendapat informasi pencabutan pelarangan untuk kita berkumpul, bertemu, bersilaturahim oleh pihak kepolisian dicabut, maka acara kami laksanakan, walaupun dengan sangat sederhana," tuturnya. Dikutip Antara.

Meski begitu, pihaknya tetap akan mengikuti proses hukum yang tengah digarap oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mengenai pentas yang menghadirkan beberapa artis tanah air.

" Kalau masalah proses hukum kita akan mengikuti semuanya, koridor dan aturan hukum yang ada," terang Hadi.

Sebelumnya, Surya Atmaja menjalani pemeriksaan di Kantor Bupati Bogor, Selasa (30/6), dengan didampingi beberapa orang menemui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Pria yang merupakan mantan kru dari Soneta Group itu diduga melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 Tahun 2020, karena menyebabkan kerumunan massa dengan menggelar konser acara khitanan anaknya.

7 dari 7 halaman

Hadi Pranoto Keluarga Pahlawan Nasional M Natsir?

Dalam sejumlah artikel menyebut, Hadi Pranoto merupakan salah satu keluarga dari pahlawan nasional M Natsir. Dalam artikel disebut, Hadi Pranoto mewakili keluarga yang sedang tersangkut masalah hukum. 

" Kami sebagai bagian dari keluarga pendiri bangsa ini dan pahlawan negara yang kita cintai bersama, keluarga besar pahlawan nasional Mohammad Natsir ingin menyampaikan secara terbuka permohonan keadilan kepada Presiden RI dan semua lembaga terkait atas peristiwa hukum yang terjadi di keluarga kami," ujar Hadi Pranoto di Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019 lalu, seperti dilansir KabarToday.   

 

 

Join Dream.co.id