Cerita Pertemuan Terakhir Aming dan Ade Irawan Bikin Menangis

Showbiz | Jumat, 17 Januari 2020 16:40
Cerita Pertemuan Terakhir Aming dan Ade Irawan Bikin Menangis

Reporter : Amrikh Palupi

Aming tak menyangka jika pertemuan 8 hari setelah meninggalnya Ria Irawan akan menjadi yang terakhir.

Dream - Aming turut berduka dengan meninggalnya, Ade Irawan. Sebelum berpulang, artis dan komedian tersebut sempat bertemu dengan ibunda dari sahabatnya, almarhum Ria Irawan. 

Pria bernama lengkap Aming Supriatna Sugandhi tak menyangka jika pertemuannya dengan Ade Irawan akan menjadi momen terakhir.

Kesedihan Aming tersebut ditumpahkan di akun Instagramnya. Aming menuliskan kisah pertemuan terakhirnya lewat sebuah foto saat almarhum Ade Irawan duduk di kursi roda dan mengenakan mukena.

Mantan suami Evelyn Nada Anjani ini mengatakan pertemuan dengan almarhumah Ade dilakukan delapan hari sejak berpulangnya Ria Irawan.

" Akhirnya membulatkan tekad pas hari ke 8 ktemu oma...cape letih seharian g tidur ...mata kering...tp ttp pas ktmu oma Ade...liat denger ngobrol ttg kondisi kesehatannya dan betapa kuat dan ikhlasnya dia," tulis Aming dikutip Dream dri akun instagramnya, Jumat 17 Januari 2020.

 

2 dari 8 halaman

Tak Terasa Air Mata Menetes

Tak terasa pertemuan dengan artis senior kala itu membuat Aming meneteskan air mata. Pada pertemuan terakhir itu, Aming sempat mencium tangan dan kening dari almarhum Ade.

 Aming SugandhiAming Sugandhi © Aming Sugandhi

" Tidak kerasa airmata netes...Msh betah sebenernya ...tp oma harus istirahat dan mau solat isya...sy cium tangannya pipinya keningnya...sebelum sy pulang...ternyata itu pertemuan terkahir kt ya oma,"  ucapnya.

Pada akhir kalimat, pria asal Bandung ini menuliskan salam perpisahan terakhir. Dia juga berdoa almahum wanita yang disapa Oma itu bisa bertemu dengan putrinya Ria Irawan di Surga.

" Umur...bnr2 g ada yg tau... Alloh lbh syang oma Ade ama ibu @riairawan. Perempuan2 kuat kaya kalian pantas menghuni surga. Selamat jalan oma dan titip salam bt bu Ria Alfatihah," tuturnya.(Sah)

3 dari 8 halaman

Innalillahi, Ade Irawan Meninggal Dunia

Dream - Kabar duka kembali menyelimuti dunia perfilman Tanah Air. Setelah Ria Irawan meninggal dunia, kini sang ibunda, Ade Irawan ikut berpulang pada Jumat siang, 17 Januari 2020.

Kabar tersebut diketahui lewat unggahan Instagram Melly Goeslaw. " Innalilahiwainailahi rojiun, selamat jalan tante Ade Irawan," tulis Melly Goeslaw disertai foto Ade.

Meninggalnya Ade, Melly berharap ibu dan sang anak bisa berkumpul di surga.

" Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di surga Allah SWT, Alfatiha buat tante dan Ria," katanya lagi.

Melly juga memberikan dukungan untuk Dewi Irawan, kakak dari almaruhmah Ria Irawan. Agar tabah menghadapi cobaan ini.

" Dewi Irawan yang tabah ya kak," imbuh Melly.

 

4 dari 8 halaman

Masih Terlihat Segar

Ade Irawan berpulang pada usia 82 tahun. Perempuan kelahiran Jakarta, 5 April 1937 masih tampak sehat dan bugar ketika Ria Irawan meninggal dunia pada 6 Januari 2020 lalu.

Meski usianya sudah cukup tua, namun Ade terlihat segar ketika meladeni permintaan wawancara dari para wartawan. Ia pun juga menyapa para tamu dan kerabat yang kala itu datang menyampaikan duka cita atas kepergian Ria.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa penyebab kematian Ade Irawan. Namun pada pertengahan 2019 lalu, Ade sempat masuk rumah sakit lantaran serangan jantung. 

 

 

 

 

5 dari 8 halaman

Pilu! Rayakan Hari Jadi Pernikahan Jadi Postingan Terakhir Ria Irawan

Dream - Sebelum meninggal dunia pada Senin 6 Januari 2020, Ria Irawan sempat merayakan ulang tahun ke tiga pernikahannya bersama sang suami, Mayk Wongkar, 23 Desember silam.

Ria mengabadikan momen bahagia itu dengan sebuah foto yang diunggah ke Instagram. Dalam foto itu, Ria terlihat sangat bahagia.

Wanita kelahiran Jakarta 24 Juli 1969 itu terlihat sedang berada di Bandara Ngurah Rai, Bali, bersama sang suami. Ria dan Mayk Wongkar berpose di foto ilustrasi Jokowi yang sedang naik sepeda.

 Ria IrawanFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

" Happy Anniversary 2019," tulis Ria Irawan pada unggahan itu.

Unggahan pemain film Sopir Taksi itu langsung dibanjiri ucapan duka. "  Innalilahi wa innailaihi rojiun," tulis akun @derasiagian.

"  Inalillahi wa inaillaihi rojiun.... turut berdukacita atas berpulangnya mba @riairawan semoga diampuni segala dosanya dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT...," kata akun @teukuzacky.

"  Innalillahi wa innailaihi rojiun, smga husnul khotimah, aamiin," tulis akun @kurniaelok.

 

 

6 dari 8 halaman

Terisak di Pusara Ria Irawan

Dream - Suasana haru menyelimuti pemakaman Ria Irawan di Pemakaman Umum Tanah Kusir Jakarta Selatan. Jenazah Ria Irawan tiba di TPU Tanah Kusir sekitar pukul 12:45 WIB dengan diiringi para pelayat.

Diiringi hujan gerimis, tangisan para pelayat, suami dan keluarga pecah saat jenazah wanita 50 tahun ini dimasukan ke liang lahat.

Mayk Wongkar, suami dari Ria Irawan ikut turun ke liang lahat menguburkan sang istri tercinta. Sementara kakak Ria, Dewi Irawan dan juga Adhi Irawan berada di atas liang lahat melihat sang adik dikebumikan sambil menangis.

Dihadapan semua pelayat yang hadir, Adhi Irawan menyampaikan pesan terakhir sang adik.

 suasana pemakaman ria irawanFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

Foto :  Michelle Rachel/Dream

" Ini yang terbaik untuk Ria dari Tuhan," ujar Adhi terdesak-desak menahan tangisnya di TPU Tanah Kusir, Senin 6 Januari 2020.

Adhi Irawan juga sangat bahagia di detik-detik terakhir Ria sebelum meninggal, dia bisa mengimami Ria untuk terakhir kalinya saat sholat berjamaah.

" Saya sebagai kakak senang karena di hari-hari terakhirnya, kami sempat Shalat bersama dan saya menjadi imamnya," imbuhnya

Terlihat juga beberapa teman artis yang ikut mengantarkan Ria ke tempat peristirahatan terakhirnya serta ikut menaburi bunga mawar.

Mereka pun saling menguatkan satu sama lain untuk mengikhlaskan kepergian Ria Irawan.

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

7 dari 8 halaman

Drama Aming Sugandhi Meratapi Kepergian Ria Irawan

Dream Aming Sugandhi sangat kehilangan sahabatnya, Ria Irawan. Mantan suami Evelyn nada Anjani ini langsung menangis begitu mengetahui Ria Irawan meninggal dunia pada Senin 7 Januari 2020.

Kesedihan Aming semakin memuncak karena dia merasa tak hadir di detik-detik terakhir kepergian Ria. Saat Ria meninggal Aming diketahui tengah berada di Pulau Dewata, Bali.

Dengan pemandangan pantai Bali, Aming mengatakan mengungkapkan janji yang sempat tak terlaksana dengan sahabatnya tersebut.

 unggahan aming untuk ria irawan © Dream

"  Kita kan janjian ketemu di Bali. Gue udah disini..eh lo malahan pergi @riairawan @mayk_wongkar. Sekali lagi aku kalah oleh waktu,"  tulis Aming Sugandhi dikutip Dream dari instagram storynya, Selasa 7 Januari 2020.

 unggahan aming untuk ria irawan © Dream

Komedian berusia 39 tahun itu memperlihatkan pesan percakapan dengan suami Ria, Mayk melalui pesan whattsapp. Dalam pesannya, Ria sebelumnya telah berjanji untuk bertemu dengan Aming di Bali.

" Ini gimna sik @riairawan kalau gue udah janji (terlepas daro skip)pasti gue tepati @riairawan @mayk_wongkar,"  kata Aming.

 Aming Sugandhi © Dream

Dengan mata berkaca-kaca pria berusia 39 tahun ini mempersembahkan momen matahari tenggelam (sunset) untuk almarhum sahabatnya itu. Dia mengaku rela drama hanya untuk kenang sosok Ria Irawan.

" Sunset ini buat elu @riairawan @mayk_wongkar. Sorry not sorry gue drama dikit padahal kita squad anti drama2an @riairawan @mayk_wongkar,"  kata Aming.

 Aming Sugandhi © Dream

"  Sumpah seumur umur maen sosmed ga pernah drama2an ini seperti yang elu bilang..perjalanan hidup gue aja udah melodramatis ahh ure gonan be missed @riairawan,"  imbuh Aming.

Sementara di feed instatramnya Aming mengunggah foto-foto kebersamaan dengan Ria Irawan. Pada keterangan foto, pria asal Bandung ini meminta maaf karena tidak ada di saat almarhum menghebuskan napas terakhirnya.

 aming dan ria irawan © Dream

" Im lost for words...Sorry ibu @riairawan and @mayk_wongkar for not being there while u were always be with me trough my happiest times even my worst And beyond thx u for everythings I do really appreciated it...tx u,"  kata Aming.

 

 

8 dari 8 halaman

Tangis Mayk Wongkar Pecah Saat Jenazah Ria Irawan Tiba di Rumah

Dream - Raut kesedihan terlihat jelas pada wajah suami Ria Irawan, Mayk Wongkar. Saat jenazah tiba di rumah duka, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tangis Mayk pecah.

Dari pantauan Dream,  Mayk terus mamandang wajah istri tercinta yang tertutup dengan kain kafan. 

Mayk menangis tersedu-sedu di samping jenazah Ria Irawan. Dia ditenangkan oleh sahabat-sahabat Ria yang hadir untuk melayat.

 Foto : Deki Prayoga/Dream © Dream

Foto : Deki Prayoga/Dream

Salah satunya, Irfan Hakim yang terlihat menenangkan Mayk dengan memegang pundak pria yang telah mualaf itu.  Tak hanya itu, Mayk juga mencium kening istrinya sebagai tanda perpisahan terakhir kalinya.

 ria irawan dan suami © Dream

Foto : Budy Santoso/KLY

Bersama puluhan pelayat yang hadir, Mayk Wongkar ikut menyolatkan sang istri. Dia berdiri di deretan paling depan di samping Irfan Hakim.

Sesaat sebelum jenazah di sholatkan di masjid Attaqwa Lebak Bulus yang tak jauh dari rumah duka, Mayk terus menangis. Air matanya mengalir deras dan sesekali mengusap air matanya yang mengalir ke pipinya.

 Ria Irawan sholatkan jenazah ria © Dream

Foto : Deki Prayoga/Dream

(Laporan : Deki Prayoga/Dream)

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id