Kisah Penuh Ketegangan Mira Lesmana Garap Film Baru PARANOIA

Showbiz | Jumat, 5 November 2021 19:30

Reporter :

Film PARANOIA siap ditonton di bioskop kesayangan 11 November mendatang.

Dream - Produser film yang sering melahirkan karya terbaik, Mira Lesma, menyambut kembali dibukanya operasional bioskop di masa PPKM dengan menghadirkan tontonan terbaru. Digarap dari pengalamannya dihinggapi kecemasan, Mira memperkenalkan film berjudul Paranoia yang bisa ditonton publik mulai pekan depan. 

Film terbaru dari Miles Films yang bisa ditonton di bioskop seluruh Indonesia mulai 11 November itu menggandeng sutradara Riri Riza. Meski baru akan tayang, Paranoia telah meraih nominasi Piala Citra untuk Kategori Film Panjang Terbaik FFI 2021. 

Mira Lesmana dalam Press Screening Paranoia, di Epicentrum, Jakarta, Kamis, 4 November 2021 mengungkapkan ide pembuatan film ini salah satunya lahir akibat dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Mira, sekitar April 2020 atau dua bulan masa PSBB, masyarakay berada dalam situasi sangat menegangkan dengan informasi yang simpang siur. Dia juga mengaku tak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kehidupan Indonesia kala itu. 

" Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Tingkat paranoia kami saat itu sangat tinggi, kami rutin zoom 2 minggu sekali, kami memikirkan what can we do?” ungkap Mira. 

 

Kisah Penuh Ketegangan Mira Lesmana Garap Film Baru PARANOIA
Foto: Shania Suha Marwan
2 dari 3 halaman

Banyak yang Menunggu Film Ini!

Titik terang terlihat ketika pemerintah akhirnya melonggarkan ketentuan PSBB. Tanpa mau membuang waktu, Mira langsung memutuskan beraktivitas di kantor. Mengundang Riri Riza, mereka memutuskan mencari ide untuk membuat sebuah film. 

“ Nomor satu yang utamakan semua perasaan was-was, takut, khawatir, itu yang kita tumpahkan, dan itu menjadi inspirasi untuk membuat cerita seperti ini,” ungkap Mira Lesmana.

Dibintangi artis senior seperti Nirina Zubir, Nicholas Saputra, Lukman Sardi, dan Caitlin North-Lewis, Paranoia terlebih dahulu tayang di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021, Korea Selatan. Film ini juga terplih untuk berkompetisi di Spanyol untuk Asian Film Festival Barcelona 2021.

Sebelum ditayangkan serentak, film Paranoia sudah lebih dulu menjalani pemutaran khusus di empat kota yaitu Jakarta dan Bekasi pada Oktober lalu. Menyusul Bandung pada 6 November dan terakhir di Yogyakarta 8 November 2021.

3 dari 3 halaman

Dipicu Karena Kecemasan dalam Momen Pandemi

Selama masa pemutaran khusus tersebut, Mira mengungkapkan antusiasme masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk bisa menonton filmnya. Ini dibuktikan dengan tiket yang terjual habis pada hari pertama pembukaan ticket box.

Tiket untuk pemutaran khusus film di Jakarta bahkan habis dalam waktu 20 menit sejak penjualan dibuka.   

Paranoia yang digarap dengan tujuan membuat film berkualitas ini menyajikan ketegangan yang mencekam. Seluruh elemen mulai dari penyutradaraan yang terampil dan dukungan akting yang mumpuni, bercampur dengan apik lewat scoring musik yang membawa penonton terbawa dalam ketegangan cerita sampal akhir.   

Lewat film PARANOIA hal tersebut terbukti, karena film Tersebut telah meraih 4 nominasi Piala Citra pada Festival Film Indonesia 2021, yaitu Film Terbaik, sutradara Terbaik untuk Riri Riza, Pemeran Utama Perempuan Terbaik untuk Nirina Zubir, dan Penata suara Terbalk untuk Aria Prayogi dan Arief Budi Santoso.(Sah)

Join Dream.co.id