Kisah Christine Hakim Alami Intoleransi

Showbiz | Selasa, 12 Maret 2019 12:29

Reporter : Ahmad Baiquni

Potret intoleransi belakangan semakin merebak.

Dream - Kasus intoleransi di Indonesia belakangan kerap muncul. Kebanyakan kasus terjadi didasari perbedaan pandangan politik.

Intoleransi tidak hanya terjadi antarpemeluk agama. Kasus ini rupanya juga terjadi di antara sesama Muslim, seperti yang dialami oleh aktris senior Christine Hakim.

Pengalaman tidak menyenangkan itu dia dapat ketika menghadiri debat Capres 2019 putaran pertama yang berlangsung pada Kamis, 17 Januari 2019.

Christine mengaku saat itu sedang menjalankan ibadah puasa sunah. Ketika azan Maghrib berkumandang, Christine membatalkan puasa sunahnya dengan air putih dan kurma yang dibawanya.

" Saat itu mushola ramai dan ada ibu-ibu yang berbicara bahwa ia lupa membawa makanan untuk buka puasa," ujar Christine saat talkshow film Bumi Itu Datar di Kemang, Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Kisah Christine Hakim Alami Intoleransi
Christine Hakim (Kapanlagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono)
2 dari 2 halaman

Mudahnya Mengatakan Haram

Christine lalu menawarkan kurma takjil kepada ibu tersebut. Begitu terkejutnya Christine mendapat jawaban yang kurang mengenakkan.

" Aduh haram tidak ya makanan dari paslon 01," kata Christine menirukan ucapan ibu tersebut.

Christine pun memberikan jawaban spontan. Dia mengingatkan kepada wanita tersebut untuk tidak sembarangan mengubah status kehalalan makanan. 

" Aduh ibu jangan yang halal diharamkan, yang haram dihalalkan. Nanti yang sunah diwajibkan yang wajib disunahkan," kata Christine.

 Film Bumi Itu Bulat© dream.co.id

Para pemain film Bumi Itu Bulat (Dream/ Tri Yuniwati Lestari)

Dia pun tidak habis pikir dengan cara pandang wanita tersebut. Dari peristiwa yang dialaminya, Christine mengingatkan konflik bisa terjadi bahkan di sesama Muslim hanya karena berbeda pandangan politik.

" Jangankan antar lintas agama, sesama Islam saja bisa menjadi konflik hanya karena perbedaan pilihan," kata Christine.

Padahal, kata dia, umat Islam sudah mengerti betul mana makanan yang halal dan haram. Dia pun menyitir kisah Rasulullah Muhammad SAW yang memberi makan perempuan buta Yahudi.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Join Dream.co.id