Cerita 5 Artis yang Putuskan Pindah Agama

Showbiz | Selasa, 22 Juni 2021 19:19

Reporter : Amrikh Palupi

Cerita mereka pun beragam, ada yang mendapatkan suatu kejadian sampai mimpi yang akhirnya mereka memutuskan pindah agama.

Dream - Kisah perjalanan artis memang menarik dikulik. Mulai dari kisah karir, percintaan sampai soal keyakinan. Dari semua kisah, tak sedikit yang mengalami perjalanan spiritual keyakinan mereka seperti berpindah agama.

Dari sekian banyak artis tanah air, ada beberapa selebritis yang terbuka dan menceritakan detail bagaimana perjalanan spiritual mereka. Salah satunya adalah pindah keyakinan.

Mereka menceritakan keputusannya berpindah agama sesuai keinginan dan hidayah yang mereka alami misalnya dari muslim menjadi non muslim.

Cerita mereka pun beragam, ada yang mendapatkan suatu kejadian sampai mimpi yang akhirnya mereka memutuskan pindah agama. Berikut lima artis yang memutuskan pindah agama dari muslim ke Kristen, siapa saja?

Cerita 5 Artis yang Putuskan Pindah Agama
Ari Wibowo (Foto : Kapanlagi.com)
2 dari 6 halaman

1. El Ibnu

 el Ibnu
© el Ibnu

Vokalis band Elkasih, El Ibnu memutuskan indah agama muslim ke Kristen sejak Desember 2016. Keputusan itu tak lama setelah ia digugat cerai sang istri dan tubuhnya yang kena stroke sulit digerakkan.

Pelantun Kau Tigakan Cintaku ini mengaku titik terendah dalam hidupnya adalah saat digugat cerai oleh istrinya.

" Bener kata guruku. IMAN itu NAIK TURUN, kembang kempis di saat susah or senang. Yang paling sering kala senang. Tapi saya? Kalau balon, imanku meledak karena apa yang terjadi. Teurtama setelah terima surat gugatan September 2016 itu. Itu KIAMAT KUBRO buatku. Aku marah nggak bisa, bunuh diri nggak bisa, gerak nangis nggak bisa," kata El Ibnu.

Di saat hidupnya sudah berantakan, El Ibnu sempat kepikiran untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang buruk. Alih-alih bunuh diri, Ia memilih untuk murtad alias keluar dari Islam karena cobaan hidupnya yang terlampau berat.

" Lalu aku diam, mikir, gimana ya cara ancurin hidup dunia akhirat? Lalu ingat majalah Hidayah, azab orang Murtad. Lalu clinggg. Murtad ahh. Tanpa mikir, tanpa katekisasi, saya langsung daftar baptis selam di GBI, diantar kakak angkatku. Tanggal 4 Desember 2016," kata El Ibnu.

3 dari 6 halaman

2. Manohara

 Manohara
© Manohara

Manohara membuat publik terkejut dengan kabar dirinya telah pindah keyakinan. Banyak kabar miring soal dirinya pindah agama ramai menjadi perbincangan.

Tak sedikit yang bertanya-tanya soal agama sebenarnya yang dianut oleh Manohara. Akhirnya Manohara memberikan pengakuan telah berpindah agama dari Islam menjadi Kristen di Instagram.

" Saya Kristen dan (kepercayaan) ini telah berlangsung beberapa tahun lalu,” tulis Manohara pada Februari 2020.

Mantan istri Pangeran Kelantan Malaysia ini tak mengungkap secara detail alasannya pindah keyakinan.

" Saat menulis ini, aku bahkan masih bergumul. Apakah perlu aku membagikannya. Karena aku menilai, keyakinanku bukan urusan siapapun. Pun aku tak menilai, pernyataan ini akan mengubah sesuatu," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

3. Kiki Fatmala

 Kiki Fatmala
© Kiki Fatmala

Kiki Fatmala jug salah satu arti yang memilih pindah agama dari muslim ke Kristen. Kiki menceritakan awal mula ia mendapatkan petunjuk setelah berkunjung ke rumah temannya.

Kiki mengaku menangis mendengarkan lagu rohani saat berkunjung ke salah satu temannya yang beragama Kristen.

" Tahun 2014 saya main ke rumah teman, pada saat itu saya lagi banyak masalah keluarga. Saya dengerin lagu rohani yang bikin saya bisa nangis, air mata saya keluar sampai nggak bisa stop. Saya dengerin pujian-pujian penyembahan lagu-lagu rohani," kata Kiki Fatmala.

Setelah beberapa kali mendengarkan lagu rohani, Kiki mendapatkan ketanangan jiwa. Wanita kelahiran Jakarta 1969 itu akhirnya meminta kepada temannya untuk diperbolehkan ikut ke geraja. Pertama kalinya Kiki Fatmala pergi ke geraja bersama temannya.

" Pertama kali saya ke gereja sama teman saja diajak duduk paling depan, waktu itu saya lihat kamera saya ketakutan kalau orang tahu saya di agama yang lain, saya takut masuk gereja, tapi saya mau dengar, jadi akhirnya aku minta duduk di belakang," kat Kiki.

Dari keyakinan tersebut Kiki akhirnya memutuskan untuk berindah keyakinan menjadi Kristen.

5 dari 6 halaman

4. Salmafina Sunan

 Salmafina sunan  (Foto : @salmafinasunan)
© Salmafina sunan (Foto : @salmafinasunan)

Selebgram Salmafina Sunan menjelaskan alasan berpindah keyakinan dari muslim ke Kristen. Menurutnya, keputusannya tersebut murni keinginannya sendiri.

Keputusannya tersebut tidak disebabkan oleh orang lain, pergaulan, teman, pacar atau bahkan mantan kekasih dan suami. Semuanya murni dari dirinya sendiri.

" Gue pindah bukan karena mantan-mantan gue. Maksud gue, itu urusan pribadi. Dan bukan karena orangtua gue. Gue selalu bilang, bukan karena siapa-siapa. Cuma kan, banyak orang yang nggak mau mengerti saja," tuturnya.

6 dari 6 halaman

5. Ari Wibowo

 Ari Wibowo
© Ari Wibowo

Terakhir ada Ari Wibowo yang memutuskan pindah agama. Ia mengaku mendapatkan bisikan Tuhan saat usianya sekitar 9 tahun. Dia mengatakan, bisikan itu diterima saat berdoa di geraja.

Pria 50 tahun ini mengaku mendapat petunjuk. Bisikan itu memintanya berlutut dan memejamkan mata untuk ikut berdoa.

" Entah kenapa ada suara di hati saya, di otak saya. Dia bilang, 'Ikut sujud menyembah, ikut berdoa. Jadi berlutut dan berdoa ikutin.' Ya udah suara gitu ya kita ikutin saja," kata Ari.

Setelah berlutut dan membuka mata selesai berdoa, Ari mengaku mendapatkan ketenangan luar biasa.

" Kemudian selesai berdoa, gue buka mata, itu rasanya kayak damai banget, rasanya indah banget dan gue merasa disayang. Di situ gue sadar, kalau Tuhan itu ada dan dia sayang sama aku," kata Ari.

Terkait
Join Dream.co.id