Bisikan-bisikan Saipul Jamil di Telinga DS

Showbiz | Jumat, 26 Februari 2016 11:32
Bisikan-bisikan Saipul Jamil di Telinga DS

Reporter : Nur Ulfa

DS mengalami trauma. Dia sering mimpi buruk, tak bisa melupakan perbuatan Saipul.

Dream - Korban pelecehan seksual Saipul Jamil, DS, akan menjalani konseling di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Proses konseling dijalani untuk menghilangkan trauma remaja 16 tahun itu.

" DS masih mengalami trauma. Dan trauma yang dialami identik dengan kejadian yang menimpa selama di rumah Saipul Jamil," kata Ketua KPAI, Asrorun Niam, di kantornya, kemarin.

" Hingga semalam, trauma itu masih ada, DS masih sering mengigau dan mimpi buruk. Bahkan pada saat sendiri, DS masih sering semacam mendengar bisikan suara dari tersangka SJ," tambah dia.

Setidaknya ada tiga proses yang akan dijalani DS. Pertama, proses rehab. Proses ini adalah proses keberlanjutan pendidikan dan pemenuhan dasar anak. " Pada tahap awal KPAI melakukan assessment (proses) terhadap korban ditangani tenaga ahli kami ibu Nur Hidayah untuk konseling," ujar Asrorun.

Proses ke dua adalah soal pendidikan. DS sudah berada di kelas akhir SMA. Akan tetapi proses pemulihan membutuhkan waktu, sehingga tak bisa segera meneruskan proses belajar di sekolahnya.

" KPAI beri dispensasi nggak ikut belajar secara langsung. Dan jalin kontak dengan pendidikan wilayah Jakarta Utara untuk beri izin dan bantuan proses pendidikan. Khususnya selama anak tersebut hadir langsung di bangku sekolah," tambah dia.

Asrorun berharap, proses ini dapat berlangsung cepat dan DS bisa cepat pulih. Sehingga bisa bergabung kembali bisa sekolah dan menjalani Ujian Akhir Semester dan Ujian Nasional (UAN).

Sementara, proses ke tiga adalah pemenuhan hak rasa aman dan juga kehidupan sosial dan bebas dari stigma dan labeling. " KPAI mengimbau media untuk tidak terus megejar identitas DS yang kemudian bisa berakibat kepada proses rehab yang lebih lama sehingga bisa berdampak stigma healing," tutur Asrorun.

2 dari 5 halaman

"Suara Bang Ipul Terus Terngiang: Dek, Sini Dong Pijit Abang"

Dream - Korban pencabulan Saipul Jamil masih trauma. Remaja berinisial DS itu terus teringat apa yang dilakukan oleh pedangdut itu. Bahkan, saat tidur pun kejadian itu terus menghantui.

" Kondisinya belum bisa pulih seperti dulu," kata pengacara DS, Osner Jhonson Sianipar, saat mendatangi kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 25 Februari 2016.

" Karena kemarin pagi-pagi menjelang Subuh itu dia suka teringat dengan apa yang dilakukan di rumah Bang Ipul terdengar suara 'dek dek sini dong pijet abang," tambah dia.

Osner menambahkan, dirinya datang ke kantor KPAI karena diundang. Dia menyebut, DS harus mendapat perlindungan dari lembaga perlindungan anak.

" Kami datangi KPAI sesuai dengan undangan dari KPAI karena yang jelas beliau ini korban pelecehan seksual di bawah umur," ujar Osner.

Dan KPAI menjadi salah satu lembaga yang bisa melindungi DS. " KPAI selaku aparat bantuan pemerintah ikut terlibat diminta atau tidak diminta," tambah Johnson.

3 dari 5 halaman

Keluarga: Saipul Jamil Seneng Sama Perempuan

Dream - Sudah sepekan pedangdut Saipul Jamil menjadi tahanan di Polsek Kelapa Gading. Selama ditahan, Bang Ipul, banyak dikunjungi sejumlah rekan artis. Ipul juga mendapat kunjungan dari keluarganya.

Teh Ela, salah seorang keluarga Ipul dari Serang juga menyempatkan diri untuk menjenguk kerabatnya itu. Dia mengaku kaget mendengar kabar yang menuding Ipul telah mencabuli anak dibawah umur.

" Kaget. Dia enggak mungkin sih gitu. Ini ujian aja buat dia," ujar Teh Ela saat ditemui di Polsek Kelapa Gading, 24 Februari 2016.

Menurut Teh Ela, kondisi Ipul selama di tahanan senantiasa sehat. Bahkan Ipul masih bisa tertawa selama menjalani proses penahanan.

" Dia tadi sehat. Dia salat, Dia ketawa, dia seger aja badannya. Enggak stres," tambah Ela.

Dia menegaskan jika Ipul tidak memiliki perilaku menyimpang apalagi sampai menyukai lelaki. Tuduhan yang selama ini dialamatkan pada Ipul dianggapnya salah. 

" Dia seneng sama perempuan, dia suka banget sama perempuan. Wah gila kalau dibilang orientasi gitu," paparnya.

4 dari 5 halaman

Saipul Jamil dan Soimah Tutupi Masalah

Dream - Meskipun berteman baik, rupanya pedangdut Saipul Jamil dan Soimah bisa dikatakan saling menutupi masalah pribadi masing-masing.

Hal ini dikatakan langsung Soimah usai mengunjungi pria yang akrab disapa Ipul itu di tahanan Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, kemarin. 

" Kita walaupun ketemu setiap hari, masalah pribadi bukan hal yang untuk dibicarain," ujar Soimah.

Ivan Gunawan pun mengatakan hal yang serupa. Bagi Ivan, setiap orang punya hal privasi masing-masing. 

" Syuting durasi setiap hari, kalau cerita hal pribadi malah berantem. Kalau sampai lokasi, langsung duduk sekali-kali baru ke ruangan," tambah Ivan.

Tak hanya Soimah dan Ivan, Nassar pun berpendapat sama. " Namanya punya program bareng, tapi jarang ngobrol. Banyak kerja, enggak gosip dan ngomongin orang," timpal Nassar. (Ism) 

5 dari 5 halaman

Nassar Kangen Saipul Jamil

Dream - Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Kamis 18 Februari 2016, pedangdut Saipul Jamil mendekam di Polsek Kelapa Gading. Saipul tersandung kasus dugaan pencabulan di bawah umur.

Setelah enam hari di tahanan, para sahabat mulai membesuk. Antara lain Nassar, Ivan Gunawan dan Soimah yang datang berkunjung memberikan dukungan semangat.

Sebelumnya, pedangdut Inul Daratista telah lebih dahulu menjenguk pria yang akrab disapa Ipul itu.

Kedekatan Ipul dan semua sahabatnya itu semakin erat hubungannya setelah mereka bersama menjadi pengisi acara kontes dangdut di salah satu stasiun televisi swasta.

Kini giliran juara kompetisi dangdut Nassar. Nassar mengaku rindu dengan mantan suami Dewi Perssik itu. 

" Kita semua sahabat, kangen nangis. Bagaimana pun mau jelek bagus seperti sodara. Kita enggak bisa ingat yang jelek," ujar Nassar dengan nada haru dan hidung kemerahan saat ditemui di Polsek Kelapa Gading, Selasa, 23 Februari 2016.

Mantan suami Musdalifah ini pun menambahkan kalau ia dan Ipul tidak terlalu sering berbagi cerita.

" Punya program bareng tapi jarang ngobrol. Banyak kerja, enggak ngegosip dan ngomongin orang," paparnya. (Ism) 

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id