Bukan Muslim, Aksi Bertrand Antolin Wakaf Ribuan Alquran Tuai Pujian

Showbiz | Rabu, 23 September 2020 18:33
Bukan Muslim, Aksi Bertrand Antolin Wakaf Ribuan Alquran Tuai Pujian

Reporter : Amrikh Palupi

Ini kata Bertrand Antolin.

Dream - Bertrand Antolin melakukan aksi sosial bersama sahabatnya Dewi Sandra. Dua selebriti yang sudah lama bersahabat ini telah mewakafkan 3.400 Alquran.

" Saya bersyukur yg sangat luar biasa, kita sudah melaksanakan wakaf 3400 Al-Quran," tulis Bertrand Antolin dikutip Dream, Rabu 23 September 2020.

Aksi sosial yang dilakukan Bertrand dan Dewi Sandra ini mendapatkan dukungan dari sebuah pabrik kertas ternama. Bertrand tidak hanya memberikan Alquran, artis yang beragama nonmuslim namun lama tinggal di lingkungan penganut Islam ini juga memberikan Juz Amma dan Alquran braille bagi tuna netra.

" It all started with an idea while talking with my best friend @dewisandra dan sy sangat beruntung bisa kenal @asiapulppaper yg sejak 2008 telah mendonasikan 900 ribu mushaf Al-Quran, 150 rb buku panduan membaca Al-Quran atau Juz Amma, juga 300 set Al-Quran Braille bagi tuna netra di berbagai daerah. Tahun ini, APP Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150 ribu Al Qur-an dan 25 ribu Juz Amma," ucapnya.

Bertrand Antolin© Bertrand Antolin

Pria berusia 40 tahun ini juga menjelaskan jika kertas Alquran yang diwakafkan menggunakan kertas premium khusus. Ddengan tekstur halus, kertas yang dipakai mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

" Kertas Al-Quran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech, yang memiliki tekstur yang sangat halus, hasil cetakannya sangat baik dan detil, serta mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal," kata Bertrand Antolin.

Unggahan Bertrand mendapat reaksi beragam dari netizen. Namun semuanya memiliki benang merah yang sama yaitu ajakan untuk mendahulukan kemanusiaan. 

" Ini Artis yang menjauhi konflik dan ketenaran sesaat lewat sensasi; hidupnya hanya untuk kemanusiaan, kalau saja semua artis punya mindset yang sama atau paling tidak dewasa sejak dalam kandungan, maka akan indah Indonesia kita. Salam hangat Koko Semoga senantiasa diberikan kesehatan oleh Tuhan yang mahakuasa," komentar akun @mohhamidkhotib.

Aksi sosial Bertrand juga mengundang netizen lain yang mendoakan agar aktor tersebut mendapatkan hidayah untuk menjadi seorang muslim. Seperti diketahui Bertrand pernah menyampaikan beragama nonmuslim namun dia berharap faktor keyakinan itu tak membatasi seseorang untuk membantu sesama.   

" Alhamdulillah, Masya Allah tabarakallah begitu berhati mulia semoga ka bertand mendapatkan hidayah dan syafa'at dari Allah SWT...masuk muslim yang baik," harap @r.hendrayani.

Doa yang sama juga disampaikan @fitria8695, " Ya allah semoga kokoh bisa mendpatkn hidayah melihat kontribusi nya bukan hanya untuk muslim melainkan semua agama...saluuut kokooh."

(Sah)

2 dari 6 halaman

Unggah Foto Jadul Masa SMA, Wajah Bertrand Antolin Jadi Sorotan

Dream - Bertrand Antolin mengunggah foto jadulnya ke akun Instagram. Pria yang masih setia melajang itu memperlihatkan foto saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Mengenakan pakaian khas anak SMA, putih dan abu-abu, Bertrand berpose dengan beberapa teman lamanya. Dilihat dari fotonya, Bertand yang mengenakan seragam dengan penuh coretan itu sepertinya baru merayakan kelulusan.

" Foto SMA," tulis Bertrand Antolin, Dikutip Dream, Jumat 21 Desember 2018.

Foto yang diunggah pria 38 tahun ini langsung menyedot perhatia warganet. Mereka langsung menyoroti wajah Bertrand yang dianggap tidak berubah. Netizen menilai Bertrand sudah memilih wajah rupawan sejak di bangku sekolah.

Bertrand Antolin© Bertrand Antolin

" Dri dlu sampai skrg ttp ganteng abadi hehehe,"  tulis akun @yonesalvino.

" Gantengnya doeloe smpai sekarang ttp maksimal ko @bertrand1407,"  kata akun @nienachuby.

" Gantengnya doeloe smpai sekarang ttp maksimal ko @bertrand1407,"  tulis akun @nienachuby.

3 dari 6 halaman

Indahnya Persahabatan Dewi Sandra dan Bertrand Antolin

Dream - Bertrand Antolin dan Dewi Sandra sudah menjalin persahabatan selama 16 tahun. Persahabatan itu dimulai sejak keduanya sama-sama mengisi program acara musik di salah satu stasiun televisi.

Selama persahabatan itu, mereka sudah kenyang dengan suka duka. Keduanya juga kerap melakukan kegiatan sosial, seperti menyantuni anak yatim. Perbedaan agama tak menjadi penghalang Bertrand dan Dewi melakukan kegiatan sosial bersama.

" Kami saling bantu dan Bertrand tuh jiwa sosialnya luar biasa. Dan aku salut sama dia. Dia juga membuka rumahnya untuk mengundang anak-anak yatim piatu, dia sendiri yang masak. Dia yang ngundang ustaz dan ustazahnya," kata Dewi saat ditemui di Kawasan Tendean Jakarta Selatan, Rabu 2 November 2016.

Dewi Sandra dan Bertrand© Dream/Amrikh Endah Palupi

Dewi pun tak sungkan memuji sikap Bertrand itu. Dia menilai Bertrand adalah sosok yang sangat dewasa. "  And i'm like, 'Ber, you are so funny because you're not even Moslem.For me ya, aku bertanya-tanya. 'Wi, agama kan nggak harus melihat itunya.' Dan aku melihat dia sangat dewasa di situ, " imbuh Dewi.

4 dari 6 halaman

Sedih Jika Terpecah Belah

Sementara, Bertrand mengaku tak keberatan bila Dewi mengajak melakukan kegiatan sosial. Dia juga tak pernah mempermasalahkan perbedaan agama. " Kalau aku sih kadang bikin acara bagi anak yatim piatu. Agama apapun kita berdua siap, " kata Bertrand.

Menurut pria kelahiran Jakarta, 14 Juli 1980 itu, agama tidak membatasinya untuk berbuat baik kepada orang lain. Sebab, kata dia, Tuhan tak pernah memilih-milih dalam memberi nafas kepada manusia.

" Gini saya pernah diajarin Tuhan nggak pernah milih kasih nafas ke siapa. Ngasih rejeki kepada siapa, ngasih umur kepada siapa. Meskipun saya Kristen, memiliki sahabat yang Muslim, memiliki guru besar yang juga Muslim, " kata Bertran.

Justru Bertrand mengaku sedih saat perbedaan agama membuat orang bertengkar. Tak seharusnya agama yang menyiarkan kebaikan dijadikan alat untuk memecah-belah bangsa.

" Miris jadinya, kita berteman bertahun-tahun. Dan sama-sama kita pada saat hari raya saling ngucapin," pungkas dia.

5 dari 6 halaman

Adik Bertrand Antolin Diduga Alami Pelecehan Saat Les Mengemudi

Dream - Bertrand Antolin menceritakan kejadian kurang menyenangkan menimpa keluarganya. Sang adik mengalami dugaan pelecehan saat di tempat kursus mengemudi mobil.

Betrand memberikan peringatakan kepada orangtua yang mendaftarkan anak-anak perempuannya untuk kursus mengemudi mobil.

Pasalnya, Bertrand baru tahu mengenai kondisi sang adik yang menjadi korban pelecehan oleh salah satu pengajarnya di sana. Bertrand tak menyangka bila hal ini akan terjadi pada adik perempuannya.

"  Buat para orangtua yang anak gadisnya mau belajar mobil di tempat les private, Hati2 adik kandung saya baru sy ketahui dapat pelecehan oleh sang 'guru' tsb,"  tulis Bertrand Antolin.

Betrand Antolin© Betrand Antolin

Pria berusia 39 tahun ini tak memberikan penjelasan secara gamblang mengenai dugaan pelecehan yang dialami sang adik. Namun, ia begitu murka dengan kejadian itu dan memberikan peringatan keras.

Ia meminta para orangtua harus lebih berhati-hati agar kejadian yang menimpa keluarganya tidak terjadi pada keluarga lain.

"  Di mobil belajar jangan hanya berdua dengan pengajar. Nomor telepon adik saya di chat tidak sopan, padahal nomor itu katanya buat menyesuaikan jadwal," ucapnya.

6 dari 6 halaman

Bertrand Antolin Belajar Sabar dari Dewi Sandra

Dream - Artis Bertrand Antolin telah bersahabat selama 16 tahun dengan Dewi Sandra. Bagi Bertrand, Dewi merupakan sosok sahabat yang selalu ada saat susah dan senang.

" Pertama kali kenal karena membawakan sebuah acara musik. Kita selalu ada untuk satu sama lain, each other. Mau senang, mau susah, bahagia, mau apa, kita selalu ada, " kata Bertrand, Kamis 10 November 2016.

Meski keduanya jarang bertemu, tapi menurut pria kelahiran Jakarta 14 Juli 1980 ini, Dewi selalu menjadi penenang di saat hatinya marah.

" Kalau saya udah mau marah dia yang tenangin. Selalu dia mengajarkan aku agar jangan sampai meledak. Kelihatan yang sabar siapa ya," ucapnya.

Bertrand pun mengatakan tak hanya kesabaran, Dewi mengajarkannya keikhlasan.

" Yang sabar mah dia, kalau saya kan kelihatan. Dan topik yang paling sering kita bahas adalah kata ikhlas. Dia selalu mengajarkan ikhlas itu enggak cuma di mulut," tutur Bertrand. (Ism) 

Join Dream.co.id