Roro Fitria Tobat, Ingin Lebih Religius dan Jauhi Klenik

Showbiz | Jumat, 3 April 2020 12:16
Roro Fitria Tobat, Ingin Lebih Religius dan Jauhi Klenik

Reporter : Nur Ulfa

Ia akan meninggalkan berbagai ritual yang rutin sering dijalaninya di masa lalu

Dream - Bebas dari penjara, Roro Fitria berjanji untuk menjalani menjalani kehidupan lebih baik dan menjadi pribadi yang berbeda. Tekad itu dibuatnya setelah banyak mendapat pengalaman berharga selama menjalani masa tahanan di Rutan Pondok Bambu.

Roro mengatakan kegiatannya selama berada di tahanan lebih banyak dihabiskan untuk memperdalam ilmu agama. Roro juga berjanji tidak akan lagi menjalankan ritual klenik yang selama ini rutin dilakukan bahkan melekat dalam sosok dirinya.

" Itu pasti dan berangsur-angsur saya akan tinggalkan. Mengapa saya selalu menyampaikan karena saya baru belajar," ujar Roro Fitria di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis, 2 April 2020.


2 dari 7 halaman

Tinggalkan Ritual Buang Sial

 Fakta Gelar Bangsawan Roro Fitria, Ternyata...© Dream

Tekad itu dibuktikan Roro diantaranya dengan tidak melakukan ritusl membuang baju ke luar usai menghirup udara kebebasannya. Ritual ini banyak dipercayai masyarakat sebagai cara untuk membuang sial.

" Jadi entah sial atau apapun itu sudah takdir dari Allah. Jadi mungkin saya tidak akan melakukan hal itu. Tetap terus berdoa dan saya yakin Allah akan memberikan kebaikan-kebaikan atas doa saya," ungkap Roro.


 

3 dari 7 halaman

Ingin Cara Ustazah untuk Berguru Ilmu Agama

 Ibunda Roro Fitria Meninggal Secara Mendadak© Dream

(Roro Fitria dan mendiang ibunya)

Setelah bebas, wanita asal Yogyakarta ini juga berjanji untuk terus memperdalam ilmu agama. Ingin melanjutkan aktivitas rutinnya selama di dalam Rutan, Roro berharap bisa menemukan para guru agama yang bisa membantunya memperdalam ilmu agama.

" Jadi saya ingin terus belajar sama ustazah-ustazah untuk memperdalam ilmu agama saya, mencari lingkungan yang jauh lebih positif," tutur Roro.

4 dari 7 halaman

Curhat Pilu Roro Fitria: Saya Sudah Tak Kuat Hidup di Penjara

Dream - Roro Fitria telah mendekam di dalam penjara selama satu tahun delapan bulan. Wanita yang akrab disapa Nyai itu mengaku merasa sakit saat tinggal di hotel prodeo.

" Begitu sakitnya saya di penjara dan tempo hari mendapatkan musibah mama saya meninggal, amat sangat berat dan saya sudah tidak kuat hidup di penjara," kata Roro di Jakarta, Kamis 5 September 2019.

Roro divonis hukuman empat tahun penjara karena terjerat kasus narkoba. Baru-baru ini, Roro mengajukan Peninjauan Kembali (PK) kepada pengadilan agar hukumannya diringankan.

" Jadinya saya meminta kebijaksanaan yang mulia pihak MA untuk bisa meninjau kembali kasus hukum saya. Saya sudah sangat berat hidup di penjara, satu tahun delapan bulan. Hidup di penjara bukan waktu yang sebentar bagi saya, jadi sakit-sakit sekali," ucap dia.

Selama dipenjara, Roro mengikuti aturan yang berlaku. Mulai dari aktivitas olah raga, sosial, hingga keagamaan pun dilakukannya tanpa banyak protes.

Dia mengaku telah banyak berubah. " Tingkat kedewasaan, kredibilitas diri saya (berubah) dan saya menganggap ini adalah takdir Allah yang telah ditetapkan kepada saya. Saya hanya bisa sabar dan berikhtiar dengan bersama kuasa hukum, saya mengajukan PK," kata dia.

5 dari 7 halaman

Roro Fitria Kerap Gelar Ritual, Begini Isi Rumahnya

Dream - Selama ini Roro Fitria dikenal sebagai selebritis yang bergelimang harta. Beragam mobil mewah pernah dia tunjukkan. Barang-barang branded pun selalu melekat di badannya.

Lantas, seperti apa rumah perempuan asal Yogyakarta itu, apakah juga dipenuhi marang-barang luks?

Bagi kalian yang penasaran, lihatlah unggahan Roro di Instagram dengan akun @roro.fitria89. Pada Senin kemarin, dia mengunggah foto yang memperlihatkan suasana di dalam rumahnya.

Dalam foto itu terlihat Roro tengah diwawancara. Baju hijau tua dengan motif bunga-bunga dia sandang. Kerudung dengan warna dan motif senada menjadi setelan pada bagian kepala.

Foto itu juga menunjukkan suasana ruangan di rumah Roro. Dinding ruangan itu berkelir emas. Atapnya putih, berhias ukiran gypsum gold. Ubin keramik putih, lebar-lebar.

Sofa yang didominasi warna emas juga teronggok di sana. Di bawah tembok, menghadap meja dengan kelir yang sama. Perabot di ruangan itu benar-benar didominasi warna emas, dengan kombinasi putih.

6 dari 7 halaman

Sosok Nyi Roro Kidul

Kembalilah melihat ke dinding. Maka Anda akan melihat empat lukisan. Sebelah paling kanan adalah gambar Nyi Roro Kidul. Sosok yang diyakini banyak orang sebagai penguasa Laut Selatan Jawa.

Dalam lukisan itu, Sang Nyai mengenakan busana biru dengan mahkota emas. Kelir biru muda hingga tua menjadi latas lukisan tersebut.

Sosok Roro Fitria memang dikenal sering melakukan ritual. Saat malam 1 Suro yang lalu, dia juga melakukan ritual dengan menggunakan sesaji dan api dalam tungku. Dalam rapalan yang dibaca, dia juga menyebut nama Nyi Roro Kidul.

Unggahan foto ini menarik para perhatian warganet. Banyak di antara mereka yang memperingatkan Roro agar tidak terjerembab ke dalam kemusyrikan karena berbagai ritual yang dia lakukan. " Iya itu jatuhnya syirik," tulis akun @yasmin.

Sementara, akun @merlionnn berkomentar, " Koq serem ya!"

Akun @youri_nabila berkomentar, " Kebudayaan d indonesia menang bragam dn hrs dlestrikan tp jgn smpai qta,mndekati musryik dg " memuja2" hrs bs bedain yg mn budaya yg mna ritual musyrik."

Soal tudingan itu, sebelumnya Roro pernah memberikan tanggapan. Menurut dia, ritual-ritual itu bukan bentuk kemusrrikan.

" Saya enggak suka dibilang musyrik, saya masih sholat lima waktu," kata Roro di Jakarta, beberapa waktu lalu. Lihat videonya di halaman berikut ini.

7 dari 7 halaman

Lihat Isi Rumahnya

 

A post shared by KanjengRadenAyuNyaiRoroFitria (@roro.fitria1989) on

Join Dream.co.id