Awal Mula Kanker Usus Ibunda Kiki Farrel Muncul Lagi

Showbiz | Jumat, 6 September 2019 06:26
Awal Mula Kanker Usus Ibunda Kiki Farrel Muncul Lagi

Reporter : Nur Ulfa

Kiki Farrel mencerikan kondisi ibunya.

Dream - Mama Dahlia, ibunda Kiki Farrel sempat dinyatakan sembuh dari kanker usus pada 2018 setelah menjalani operasi. Namun tahun ini penyakit Mama Dahlia kembali muncul. Kiki tak menaruh curiga jika ibunya kembali mengidap kanker usus.

" Dikira sakit biasa tiba-tiba berdarah. Awalnya dikasih obat biasa, tapi nggak sembuh-sembuh. Akhirnya dicek lagi ternyata penyakit lamanya muncul lagi," kata Kiki Farrel di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Kiki tidak menyadari hal itu. Karena, kata dia, Mama Dahlia masih bisa beraktivitas seperti biasa. Walau memang tanda-tana kanker usus kembali menyerang tubuh Mama Dahlia sudah terlihat.

" Jadi tiap hari tuh BAB-nya (Buang Air Besar) sakit, bisa dua hari nggak BAB karena sakit. Tapi Mama masih bisa aktivitas," kata Kiki.

Tak mau penyakit ibunya semakin parah, Kiki langsung bertindak. Dan Mama Dahlia langsung menjalani kemoterapi lagi seperti yang pernah dilakukan 2017 lalu.

" Juli kemarin Mama dirawat, operasi yang kedua dan sekarang menjalani kemoterapi," tuturnya. (ism) 

2 dari 4 halaman

Kondisi Mama Dahlia Usai Menjalani Operasi dan Kemoterapi

Dream - Kiki Farel bersyukur kondisi ibunya Mama Dahlia jauh membaik dari sebelumnya. Terlebih setelah Mama Dahlia menjalani operasi dan kemoterapi yang baru dijalani belum lama ini.

" Mama sudah bisa aktivitas di rumah, tapi untuk jalan-jalan keluar belum bisa," ujar Kiki Farel di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2019.

Selagi masa pemulihan, kata Kiki, sang bunda juga berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Mama Dahlia pun dilarang makan-makanan yang mengandung lemak.

" Kalau dokter bilang makan sayuran dan buah. Jangan makan daging merah dan makan makanan yqng dibakar, karena ini penyakitnya berhubungan sama usus," tutur Kiki.

Sejak sang ibu sakit, Kiki mengurangi pekerjaannya demi membuat merawat mama nya.

" Iya paling pekerjaan dikurangi karena seminggu ini Mama di rumah sakit, setelah itu baru bisa kerja lagi," imbuhnya. (ism) 

3 dari 4 halaman

Setelah Operasi Tumor Ganas, Begini Kondisi Ibunda Kiki Farrel

Dream - Kodisi ibunda Kiki Farrel, Dahlia, sudah membaik usai menjalani operasipengangkatan tumor ganas yang bersarang di usus. Dahlia bahkan sudah menemani Kiki Farrel syuting di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu 6 Desember 2017.

Meski sudah membaik, Dahlia harus menjaga asupan makanan, seperti yang dianjurkan oleh dokter. " Sudah membaik, tapi diperhatiin makanannya saja," ujar Dahlia.

Dia mengaku, pada awalnya dilarang mengonsumi buah secara langsung. Semua buah harus dilembutkan alias dibuat jus. Namun sekarang dia sudah diperbolehkan mengonsumsi buah secara langsung. " Harus makan yang sehat-sehat," imbuh dia.

Kiki Farrel dan Mama Dahlia© Kapanlagi.com

Dahlia juga dilarang konsumsi nasi. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, sekarang dia harus mengonsumsi bubur yang teksturnya lebih lunak.

" Makan nasi sudah enggak boleh, sekarang makan bubur dan enggak yang banyak rasa rempah-rempahnya," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Kondisi Ibunda Membaik, Kiki Farrel Sampai Ucap Janji Ini

Dream - Kondisi ibunda Kiki Farel, mama Dahlia, usai menjalani operasi tumor di bagian ususnya berangsur membaik. Mama Dahlia menjalani operasi itu di di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Kamis, 16 November lalu.

" Kalau kondisi mama sekarang masih pengaruh obat bius, tapi sudah lebih baik dari kemarin," ujar Kiki Farrel saat di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa 21 November 2017.

Kiki Farrel dan Mama Dahlia© Kapanlagi.com

Melihat kondisi yang mulai membaik, tim dokter telah mengizinkan Mama Dahlia untuk pulang pada Jumat atau Sabtu mendatang. 

Kiki mengaku akan menjaga ibundanya untuk hidup lebih sehat dan selalu membuatnya bahagia setelah operasi yang dilakukan mama Dahlia.

" Ya perhatian harus wajib, kemarin sempat (berjanji) pokoknya Kiki bakal bikin mama jauh lebih peduli lagi, bikin mama senang lagi. Jangan sampai kayak begini lagi," tuturnya.

(Sah)

Join Dream.co.id