Aufa Anak Panji Petualang Digigit Ular Kobra, Begini Kondisinya

Showbiz | Selasa, 7 Desember 2021 09:50

Reporter : Amrikh Palupi

Begini penjelasan dari Panji Petualang!

Dream - Panji Petualang baru saja mendapatkan musibah. Putranya, Aufa, digigit ular kobra. Panji menceritakan detik-detik kejadian menegangkan yang hampir merenggut nyawa putranya tersebut.

Menurut Panji, ular itu menggigit dua kali pada bagian kelilingking tangan Aufar. Lewat kanal YouTube, panju menunjukkan luka bekas gigitan tersebut.

" Nih ada bekas taring dua. Nah ini satu taring sebenarnya. Andai kena dua taring gue enggak ngerti gimana. Digigit sekali tuh kobra ngunyah lagi untuk memastikan taringnya masuk atau tidak si kobra gigit dua kali," kata Panji dalam video di kanal YouTube PANJI PETUALANG.

 Anak Panji Petualang Digigit Kobra© Anak Panji Petualang Digigit Kobra

" Gigitan pertama di sini enggak tembus, terus dia nguyah lagi di sini," imbuh Panji.

Aufa Anak Panji Petualang Digigit Ular Kobra, Begini Kondisinya
Panji Petualang (Foto : @panjipetualang_real)
2 dari 9 halaman

Detak Jantung Turun dan Tangan Melepuh

Panji mengatakan, putranya sempat lemas, detak jantungnya rendah. Tangannya saat ini bengkak dan ada bagian kulit di lengan seperti terbakar.

" Kemarin Aufa sampai 80 (detak jantung). Kalau kemarin pertama kali digigit enggak kayak gini. Ini buka sayang (nyuruh istri buka perban tangan anaknya) lihatin bagian yang melepuhnya," kata Panji.

 Anak Panji Petualang Digigit Kobra© Anak Panji Petualang Digigit Kobra

Panji mengaku kecolongan karena dua jam setelah gigitan, bisa sudah menjalar ke bagian atas lengan. Padahal gigitan ular di bagian kelilingking jari.

" Dua jam setelah gigitan, ini anak bengkaknya di sini (tunjuk bagian atas lengan). Jadi kenapa bisa melepuh, sel getah beningnya kalah sama bisa ular. Kebakar karena panas," ucap Panji.

3 dari 9 halaman

Sesak Napas

Setelah itu, putra Panji merasakan sesak dan lemas. Melihat kondisi putranya yang drop, Panji langsung memasang nebulizer untuk membantu napas.

Beruntung penanganan yang dilakukan Panji dengan alat medis dan tradisional dengan dibakar, dicuci pakai air dan didoakan kondisi sang putra membaik.

 Anak Panji Petualang Digigit Kobra© Anak Panji Petualang Digigit Kobra

" Gue langsung nebulizer kebetulan kan alat medis di sini banyak. Cuma serum anti bisa jujur gue enggak punya," kata Panji.

Sumber : youtube.com

4 dari 9 halaman

Panji Petualang Temukan Ular Besar di Lereng Gunung Kareumbi: 'Ini Gede Banget'

Dream - Mulai dari ular tak berbisa hingga yang paling ganas sekali pun, Panji mampu menghadapinya dengan tenang dan sabar.

Dalam menjinakkan ular yang paling berbisa seperti kobra dan king kobra, Panji selalu menyelipkan pesan dan edukasi tentang dunia reptil.

Teror Makhluk Seram di Black House Panji Petualang: Lebih Menakutkan dari King Kobra

Seperti aksinya dalam video yang tayang di kanal YouTube PANJI PETUALANG pada 1 Desember 2021. Saat itu, Panji menjelajahi lereng Gunung Kareumbi yang masuk wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

 

 

5 dari 9 halaman

Penelusuran Panji Petualang di Lereng Gunung Kareumbi

Dalam pembukaanya, Panji mengatakan dalam petualangannya kali ini dia ditemani Kang Opi. Saat menyusuri lereng Kareumbi, Panji mengaku melihat vegetasi yang cukup lebat.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

Penampakan Ular King Kobra Hitam yang Hadang Panji Petualang di Hutan, Hampir Menyamai Panjang Garaga

" Di sana merupakan habitat yang luar biasa dan ideal bagi berbagai jenis satwa liar. Kami menyusuri aliran sungai kecil, di mana Panji sempat menemukan beberapa satwa liar yang memang hidup di sana," kata Panji.

Terlihat dalam video Panji bersama dengan Kang Opi dan Mang Eka menyusuri sebuah sungai kecil di lereng Gunung Kareumbi.

6 dari 9 halaman

Melihat Pohon yang Kontras dengan Alam Sekitarnya

Setelah berjalan melintasi berbagai macam vegetasi di sekitar sungai, rombongan Panji melewati sebuah pohon yang daunnya berwarna hijau gelap.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

12 Potret Panji Petualang Dihadang Kobra Besar di Hutan, Ukurannya Bikin Bergidik!

Pohon tersebut terlihat sangat kontras dengan alam sekitarnya, yang didominasi warna coklat dan hijau muda.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

Tertarik dengan pohon tersebut, rombongan Panji mendekatinya dan mencoba mencari tahu keberadaan satwa liar di dalamnya.

7 dari 9 halaman

Ketemu Ular Berukuran Besar Lagi Santuy di Pohon

Benar saja. Tak menunggu lama, Panji melihat ada seekor ular yang cukup unik. Ular tersebut berwarna hijau terang.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

Usai Review Serangga Aneh di Hutan, Panji Petualang Dihadang Kobra Besar, Ukurannya Bikin Bergidik!

Ular yang berukuran cukup panjang itu tampak santuy meregangkan tubuhnya di antara daun dan ranting pohon tersebut.

Jika tidak waspada, mungkin orang atau binatang lainnya tak akan bisa tahu kalau di pohon tersebut ada seekor ular.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

" Uh bener, ini gede banget. Ada lagi gak ya, biasanya sepohon ada dua, tiga ya.

" Kita jumpa sama satu ekor ular Gonyosoma oxycephalum atau ular gadung, kadang kalau di daerah sini sebutnya ular boncleng," jelas Panji.

8 dari 9 halaman

Sisik Hijau Terang Berguna untuk Kamuflase

Sisik ular tersebut terlihat sangat indah. Warna hijau tubuhnya memang sangat berguna dalam melakukan kamuflase di antara dedaunan.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

Perubahan Tubuh King Kobra Garaga Panji Petualang Bikin Bergidik, Lihat Ukurannya!

Bagi Panji, ular gadung yang ditemukannya itu termasuk berukuran besar. Ular tersebut sepertinya betah tinggal di pohon tepi sungai itu.

Hal itu terlihat dari banyaknya lembaran-lembaran kulit ular sisa pergantian kulit yang berserakan di daun maupun tanah sekitar pohon itu.

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

" Mereka suka tinggal di pohon ini karena daunnya warnanya hijau pekat dan ini memudahkan mereka berkamuflase di sekitar sini," kata Panji.

9 dari 9 halaman

Pada Dasarnya Sifat Ular Itu Takut Sama Manusia

Panji menambahkan ular tersebut tampak sehat. Ia akan agresif dan menyerang jika memang dalam kondisi terancam.

Namun Panji mengingatkan bahwa ular merupakan binatang yang cenderung menghindar ketika bertemu manusia.

Bikin Bergidik! Lihat Kondisi Ular King Kobra ‘Goldi’ Milik Panji Petualang Usai Ganti Kulit

 Penelusuran Panji Petualang di lereng Gunung Kareumbi© Cuplikan Video YouTube

" Pada dasarnya sifat ular takut sama manusia, menghindar. Cuman memang ketika kita interaksi langsung, misal kesenggol atau keinjek, itu pasti mereka merasa terancam dan langsung menggigit," tambah Panji.

Meski ular gadung memiliki warna tubuh yang cerah, tapi menurut Panji, ular jenis ini tidak berbisa.

Untuk menjaga kelestarian alam di lereng Gunung Kareumbi, Panji dan Kang Opi kemudian melepaskan ular itu lagi ke habitanya.

Join Dream.co.id