Arti Kata ‘Pansos’, Istilah yang Populer di Kalangan Selebritis Tanah Air

Showbiz | Selasa, 4 Agustus 2020 16:23
Arti Kata ‘Pansos’, Istilah yang Populer di Kalangan Selebritis Tanah Air

Reporter : Reni Novita Sari

Apa makna sebenarnya istilah 'pansos' itu?

Dream - Banyak orang yang menginginkan ketenaran secara instan. Tak hanya orang biasa, bahkan tak sedikit figur publik yang memilih jalan instan untuk menjadi semakin terkenal dan menaikkan namanya. Salah satu dari usaha tersebut adalah panjat sosial (pansos).

Ada yang menjalin pertemanan dengan artis yang lebih terkenal, ada yang menjalin hubungan pacaran, ada yang sengaja membuat konflik, bahkan ada yang menyetting acara pernikahan mereka. Hal tersebut semata-mata untuk mencari panggung dan membuat nama mereka semakin dikenal oleh khalayak ramai.

Istilah pansos memang sudah lama terdengar di industri hiburan tanah air, namun akhir-akhir ini semakin sering dibicarakan setelah Rio Ramadhan diduga pansos terhadap Rahmawati Kekeyi  yang merupakan youtuber yang sedang naik daun. Kini nama Rio Ramadhan pun semakin dikenal masyarakat setelah hubungannya dengan Kekeyi.

Lantas apa sebenarnya arti pansos itu?

2 dari 8 halaman

Arti kata ‘Pansos’

Pansos adalah salah satu internet slang yang merupakan singkatan dari panjat sosial. Kata ‘pansos’ ini telah resmi menjadi bagian dari kosa kata dalam Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan telah masuknya kata ‘pansos’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut KBBI, yang dimaksud pansos adalah usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

Lalu apa arti pansos di Instagram? Kata pansos atau bahasa kerennya social climber ini dipopulerkan oleh para selebritis tanah air yang aktif di media sosial. Masyarakat menggunakan kata pansos yang ditujukan kepada siapa pun yang suka caper atau mencari perhatian di media sosial. Terkadang kata ini juga digunakan selebritis untuk menyerang selebritis lainnya.

Tujuan mereka yang gemar melakukan pansos di media sosial adalah menjadi terkenal, mencapai kepopuleran di media sosial, mendulang followers, meraih jutaan penonton atau viewers di media sosial, dan tentunya: endorsement.

pansos© Ilustrasi foto : shutterstock

3 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Pansos

  1. Show Off, selalu menunjukkan sisi kelebihan dari orang Pansos, seperti rumah, perhiasan, kendaraan, atau yang lain.
  2. Status kontroversial dan sensasional, karena ingin tenar, maka orang Pansos selalu membuat status di media sosial secara kontroversial atau sensasional.
  3. Merasa terpintar, orang Pansos selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling pintar dari orang lain.
  4. Tampil modis, penampilannya selalu modis dan kekinian banget, dandanannya pun sangat menor.
  5. Sombong!
  6. Sering komentar di luar topik yang sedang dibicarakan.
  7. Tidak bisa membaca suasana, membuat candaan yang berlebihan padahal sedang serius.
  8. Sering membuat postingan dengan niat bercanda, namun berlebihan.
  9. Alay di grup.
  10. Bertingkah seperti anak- anak, meskipun di sekitarnya banyak orang dewasa.
  11. Postingan yang dibuat kebanyakan mendapat respon yang tidak baik, namun tetap dilanjut terus dan terus.
4 dari 8 halaman

Pansos yang Positif

Pansos bermakna negatif karena mereka biasanya memiliki sifat suka pamer demi mendapatkan reaksi sosial. Namun yang mereka pamerkan biasanya gaya hidup yang glamor dengan menggunakan barang-barang bermerek mahal, meski kenyataannya sebagian dari mereka tidak benar-benar mampu untuk membelinya.

Namun pansos tidak selalu bermakna negatif, ada juga kegiatan pansos yang bernilai positif. Pansos yang bernilai positif tentu akan bermanfaat bagi banyak orang.

5 dari 8 halaman

Melakukan Bakti Sosial

Jangan melulu update kemewahan untuk menaikkan status sosial, sesekali lakukan kegiatan bakti sosial seperti membersihkan sampah yang berserakan di jalanan.

Mengunggah kegiatan ini ke media sosial dapat membantu menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan lingkungan demi menjaga alam dari kerusakan.

6 dari 8 halaman

Sebarkan Kalimat Kebaikan

Maraknya kasus bullying di media sosial memuat banyak orang menjadi kehilangan percaya diri. Dalam hal ini kamu juga bisa pansos, loh. Contohnya adalah sebar kalimat kebaikan di media sosial mengenai self-love terkait kasus ini.

Ajak mereka yang kehilangan percaya diri untuk tetap mencintai diri sendiri apapun kondisinya. Tapi jangan hanya di media sosial, di dunia nyata kamu juga harus menebar kebaikan ya! Dengan ini, kamu akan dikenal banyak orang karena kebaikanmu.

pansos© Ilustrasi foto : shutterstock

7 dari 8 halaman

Tunjukkan Potensi Diri

Setiap orang tentunya memiliki potensi dalam diri. Contohnya, jika kamu memiliki kemampuan dalam menulis puisi atau lagu maka unggahlah karya-karya indahmu di media sosial. Kamu akan dikenal karena karya-karyamu.

pansos© Ilustrasi foto : pixabay.com

8 dari 8 halaman

Berbagi Tips

Kamu tentu memiliki hobi, mungkin salah satunya memasak. Kamu bisa bagikan tips serta resep makanan di media sosial. Itu akan berguna bagi orang-orang yang hobinya sama denganmu. Hal itu tentu mampu menaikkan jumlah pengikut di akun media sosialmu. 

Join Dream.co.id